Sukses

Penampakan Kartu Ucapan Suvenir Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang Bersegel Keemasan

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep tinggal beberapa hari lagi. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, mulai dari tempat pernikahan, dekorasi hingga suvenir yang diberikan untuk tamu undangan.

Vendor yang dipercaya membuat suvenir untuk pernikahan Erina dan Kaesang adalah Anaria Souvenir, perusahaan spesialis produk pengantin asal Surabaya. Hal iru diketahui dari unggahan di akun Instagram vendor tersebut.

"Dari ratusan vendor souvenir yang ada, terimakasih Kak Kaesang & Erina telah memilih Anaria sebagai vendor souvenir official untuk hari bahagianya 🥰," tulis akun Instagram @anaria_souvenir, Selasa, 6 Desember 2022.  Dilansir dari akun tersebut, suvenir pernikahan Erina dan Kaesang Pangarep nantinya akan menyesuaikan dengan tema pernikahan, yaitu kental dengan adat Jawa.

Untuk itu, mereka menambahkan seal wax untuk kartu ucapan suvenir pernikahan Kaesang dan Erina.  Dengan seal wax bernuansa emas membuat kartu ucapan itu terlihat elegan dan klasik.

"Menyesuaikan tema yang kental akan adat Jawa pada pernikahan @kaesangp & @erinagudono, kami memberikan sentuhan wax seal pada kartu ucapan souvenir," tulis akun tersebut dalam unggahan pada 4 Desember 2022.  Wax ini merupakan bagian dari dekorasi suvenir pernikahan Erina dan Kaesang.

Lilin atau wax ini akan dicetak menjadi segel ampolop.  Seal wax ini terlihat dibuat secara manual menggunakan stempel dengan ukiran.  Stempel tersebut punya beragam motif untuk mencetak segel. 

Segel berwarna emas pekat dan mirip tembaga itu terlihat unik tapi menarik.  Seal wax ini memiliki beragam bentuk sesuai dengan stempel yang mencetaknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tempat Akad Nikah

Kabarnya pernikahan Erina dan Kaesang menyiapkan suvenir untuk acara midodareni, akad nikah, dan resepsi sesuai dengan konsep impian kedua mempelai.  Selain itu, pihak panitia pernikahan makin sibuk menyiapkan segala sesuatu, termasuk manajemen Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang menangani persiapan lokasi akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan finalis Puteri Indonesia itu.

Pendopo Agung Ambarrukmo dipilih sebagai tempat prosesi akad nikah Kaesang dan Erina pada Sabtu, 10 Desember 2022.  Pihak manajemen menyatakan renovasi kecil-kecilan dilakukan jelang hari H.

"Kalian sendiri sudah lihat, (pendopo) sudah mulai cantik, sudah mulai bagus, yang pasti siaplah," ujar General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Herman Courbois dikutip dari Antara, Selasa (6/12/2022).  Sejumlah pekerja saat itu terlihat mengecat ulang sejumlah ornamen di beberapa sudut Pendopo Agung yang terletak di antara Hotel Royal Ambarrukmo dan Mal Plaza Ambarrukmo itu.

Sementara di sisi timur bangunan cagar budaya itu, beberapa pekerja mulai mendirikan tenda bernuansa serba putih.  Menurut Herman, program perbaikan atau renovasi berbagai sudut bangunan pendopo rutin dilakukan, bukan hanya untuk persiapan pernikahan Kaesang-Erina. "Renovasi tertentu tidak ada. Dari dulu memang renovasi jalan terus. Selama saya dua tahun di Yogyakarta memang renovasi jalan terus,," kata pria asal Belanda tersebut.

Sementara itu, undangan juga sudah disebar calon mempelai kepada tamu yang diharapkan hadir di hari pernikahan mereka. Tamu yang akan hadir pun berasal dari berbagai kalangan dari pejabat hingga selebritas. 

3 dari 4 halaman

Hotman Paris

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea menjadi salah satu yang diundang di pernikahan Kaesang dan Erina. Hal itu diketahui melalui unggahan Hotman di akun Instagramnya, @hotmanparisofficial, Senin (5/12/2022). 

Dalam unggahan Hotman, tampak undangan pernikahan Kaesang dan Erina didominasi warna putih dengan padanan tulisan tinta emas di atasnya.  Terdapat dua undangan yang diunggah Hotman. Satu untuk dirinya, dan satu lagi untuk putranya, Frank Hutapea.

Hotman memang tidak menyertai tulisan apa pun sebagai keterangan unggahannya. Namun unggahan tersebut menarik perhatian banyak warganet. Hingga berita ini tulis, postingan Hotman itu sudah mendapat 38 ribu like.

Banyak warganet yang kagum dengan undangan pernikahan Kaesang dan Erina. Kebanyakan mereka menilai, undangan tersebut mencerminkan kepribadian Kaesang yang sederhana. Padahal Kaesang merupakan anak orang nomor satu di negeri ini.

Salah satunya komentar dari akun @ferryandi01 yang menulis, "Sekelas acara putra presiden aja kartu undangannya masih nampak sederhana, benar2 panutan banget presidenku dan keluarganya ini."

 

4 dari 4 halaman

Mengundang SBY

Ada pula nama Inul Daratista yang diundang dalam resepsi pernikahan Erina dan Kaesang. Hal ini diungkap sendiri oleh sang pedangdut. "Matur Nuwun sanget, mas @kaesangp 🙏😘mba @erinagudono," tulis Inul Daratista sebagai keterangan di akun Instagram pribadinya pada Selasa (6/12/2022).

Bersama keterangan tersebut, Inul meggunggah foto undangan dari calon kedua mempelai yang ditujukan untuk dirinya. Dalam undangan itu tertulis nama "Ainur Rokhimah (Inul Daratista)"  Dalam kalimat selanjutnya, istri Adam Suseno ini juga mendoakan agar pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dapat berlangsung dengan lancar dan penuh kebahagiaan. "Doa Terbaik utk Kebahagiaan panjenengan berdua. Masyaa Allah saya di elingi semoga lancar prosesinya, amiin," ia mengakhiri pernyataan.

Sementara Kaesang Pangarep secara khusus mengantarkan undangan pernikahan kepada Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY, baru-baru ini, di kediaman mantan Presiden RI, di Cikeas, Bogor.  SBY menyambut hangat kedatangan putra bungsu Jokowi lalu mempersilakannya masuk. Ini disampaikan Sekretaris Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Andi Mallarangeng kepada Showbiz Liputan6.com.

"Jadi memang Pak SBY ketika dikabari bahwa Mas Kaesang akan datang memberi undangan, beliau menyambut hangat," ujarnya ketika dihubungi lewat telepon, Selasa (6/12/2022) petang.Andi Mallarangeng menyebut, pertemuan SBY dan calon suami Erina Gudono terjadi di ruang perpustakaan Cikeas. Suasana berlangsung hangat. SBY berjanji akan datang ke Solo.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS