Sukses

Produk Skincare Lokal Mendominasi, Tren Kecantikan 2023 Makin Glowing tapi Simpel

Liputan6.com, Jakarta - Kesadaran orang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan makin tinggi sejak melewati tiga tahun masa pandemi COVID-19. Selain itu banyak produk skincare lokal yang bertumbuh tak kalah dengan produk dari luar.

"Awareness orang untuk perawatan tubuh, termasuk wajah meningkat pesat, melonjak sekali. Dengan lebih banyak di rumah orang makin lebih banyak melihat dirinya sendiri banyak memiliki kekurangan makanya melakukan perawatan," ujar dr. Kardiana Dewi, dokter kulit dan kecantikan yang hadir saat talkshow di Tokopedia Beauty Awards, Kamis 2 Desember 2022. 

Berangsur pandemi mereda, banyak kaum hawa yang sebelumnya memiliki waktu untuk mengikuti berbagai langkah menggunakan skincare kini lebih memilih kepraktisan. Berbagai produk lokal juga ikut mengakomodir permintaan tersebut dan membawanya ke tren berikutnya.

"Tren kecantikan 2023 orang ingin kulit glowing tapi lebih simpel," sebut dr. Kardiana.

Pada prinsipnya yang mendasar dalam merawat kulit adalah rajin melakukan cleansing dan double cleansing. Lalu menggunakan pelembab yang waterbase, lalu sunscreen untuk menghalau sinar UV A dan UV B.

Ia melanjutkan tren kedepan akan lebih simpel namun terjangkau dan hal yang pasti harus dilakukan menggunakan sunscreen. Selain itu, tahun 2023 yang sudah mulai dijangkau para pemilik brand lokal adalah produk yang memberi hidrasi untuk kulit.

Ada banyak produk skincare yang sudah menawarkan kandungan ceramide berkali lipat untuk menghidrasi kulit. Selain ceramide yang sebenarnya sudah ada dalam sel kulit manusia, bahan ini akan melindungi lapisan skin barrier. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Diimbangi Gaya Hidup

Lebih jauh dr. Kardiana mengatakan kesadaran merawat kulit harus diimbangi juga dengan gaya hidup sehat. "Bukan faktor skincare aja, tapi lifestyle misalnya asupan air dan efek paparan sinar matahari," ia menyambung.

Pola hidup seperti kecukupan tidur di malam hari salah satu yang turut memengaruhi skincare bekerja. Hal ini lantaran saat tidur malam yang cukup antara 6--7 jam maka tubuh melakukan regenerasi sel yang tidak bisa diganti dengan tidur siang.

Tambahan dengan olahraga teratur akan membuat sirkulasi darah lancar dan makanan sehat sebagai pendukung kulit yang sehat. "Gula untuk perempuan kalau menjelang PMS itu agak sulit dihindari dan lemak," sebutnya lagi.

Adapun dari berbagai jurnal disebutkan bahwa penyebab utama dari penuaan pada kulit adalah paparan sinar matahari. Efek sinar UV A dan UV B tersebut jangka panjang baru akan terlihat, namun sejak dini kulit harus dilindungi dengan penggunaan sunscreen dan sunblock untuk aktivitas di dalam dan luar ruangan. 

3 dari 4 halaman

Tokopedia Beauty Awards 2022

Sementara itu, ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2022 mengumumkan 25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri versi pilihan masyarakat. Hasil tersebut ditentukan berdasarkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia sepanjang 1--20 November 2022 lalu.

"Tokopedia sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada merek lokal kecantikan dan perawatan diri pilihannya lewat TBA 2022. Hasil votes menunjukkan produk dari pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri makin menjadi pilihan utama masyarakat,” ungkap AVP of FMCG-Long Tail Tokopedia, Marina Anggraini.

Adapun pemenang juga dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream hingga perkembangan produk mereka di Tokopedia. Seperti seberapa sering dicari masyarakat dan peningkatan penjualan yang signifikan. Para pemenang akan mendapat berbagai benefit untuk menunjang usaha, antara lain modal pemasaran berupa saldo beriklan ‘TopAds’, badge TBA 2022 yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri.

4 dari 4 halaman

Ruang untuk Produk Lokal

Selain TBA, Tokopedia telah menghadirkan banyak inisiatif lain untuk membantu tumbuh-kembang para pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri, khususnya UMKM, sekaligus mempermudah masyarakat mengakses produk mereka. Mulai dari Tokopedia Beauty Dealight, Beauty Flash Friday, Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lagi.

Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien. UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar.

"Salah satu manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli,” papar Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.

Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM kecantikan dan perawatan diri. Layanan ini untuk menitipkan produk di gudang pintar pada wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, agar masyarakat bisa mendapatkan produk dari para penjual ini dengan lebih cepat dan efisien. 

Berkat kehadiran deretan inisiatif tersebut, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik khususnya di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri pada kuartal III 2022, antara lain subkategori paling laris yaitu produk masker kecantikan, perawatan wajah dan makeup wajah. Wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi: Pandeglang (Banten), Ciamis (Jawa Barat), Magelang (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur) dan Manado (Sulawesi Utara).

Adapun wilayah dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi: Bandar Lampung (Lampung), Garut (Jawa Barat), Magelang (Jawa Tengah), Denpasar (Bali) dan Balikpapan (Kalimantan Timur) Sementara wilayah dengan kenaikan jumlah pembeli tertinggi: Muaro Jambi (Jambi), Demak (Jawa Tengah), Alor (Nusa Tenggara Timur), Bantaeng (Sulawesi Selatan) dan Halmahera Tengah (Maluku Utara) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS