Sukses

Piala Dunia Qatar 2022, Di Balik Kemeja Putih Keberuntungan Pelatih Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta - Kemenangan mengejutkan 2-1 Arab Saudi atas Argentina di Piala Dunia Qatar 2022 telah membangkitkan kenangan tentang kemeja putih "keberuntungan" pelatih Arab Saudi, Herve Renard. Pelatih asal Prancis itu tercatat mengenakan kemeja putih desainernya selama membela Zambia dan Pantai Gading, yang memenangkan gelar AFCON 2012 dan 2015.

Melansir FAR Post, Minggu (27/11/2022). pada Selasa, 22 November 2022, Renard juga memilih kemeja khasnya yang tidak diselipkan ke dalam celana selama pertandingan pembuka Grup C Piala Dunia 2022 di Qatar. Pelatih itu terlihat di pinggir lapangan dengan kemeja yang sebagian tidak dikancing, memperlihatkan six-pack-nya.

Tidak heran, presenter olahraga TV BBC Afrika, Mimi Fawaz, kemudian fokus pada kaus Herve yang sepertinya membawa keberuntungan. "Kaus putih keberuntungan Herve Renard kembali mencetak gol sehingga menjadikan Arab Saudi 2-1 Argentina," cuit Fawaz di akun Twitter-nya.

Ia menyambung, "Penggemar sepak bola Afrika mengenalnya terlalu baik. Ia selalu memakai (kemeja itu) untuk keberuntungan. Memenangkannya bersama Zambia dan Pantai Gading ketika mereka kampiun AFCON bersama."

Mantan tangan kanan Renard, Honor Janza, menjelaskan mengapa pria Prancis itu menyukai kemeja putih khasnya. Ia berkata, "Saya tidak berpikir itu ada hubungannya dengan masalah pesona. Saya pikir itu hanya kebetulan. Ia menyukai warna putih dan itu hanya kebetulan baginya."

Janza bersikeras bahwa Renard telah mengubah kemeja putih sebagai bagian dari citra publiknya. "Ia mempertahankannya karena itu adalah salah satu warna yang memberinya hasrat dalam kariernya," kata pelatih Namungo FC Tanzania itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hari Libur Nasional

Setelah timnas Arab Saudi berhasil menundukkan Argentina di Piala Dunia 2022, Raja Salman mengumumkan hari libur nasional bagi pekerja dan pelajar di negara itu, lapor kanal Regional Liputan6.com. Atas kemenangan itu, Renard berkata, seperti dilansir dari Al Jazeera, "Ini sepak bola. Terkadang benar-benar gila. Semua bintang mendukung kami."

Sementara, apa yang dilakukan Raja Salman ini ternyata pernah ada sebelumnya di negara lain. Di Piala Dunia Italia 1990, kala itu, timnas Kamerun berhasil mengalahkan Argentina hingga pemerintah negara tersebut mengumumkan hari libur nasional demi kemenangan yang dimaksud.

Keputusan Raja Salman menetapkan hari libur nasional disinyalir karena Arab Saudi hanya pernah memenangkan tiga pertandingan selama ajang empat tahunan tersebut mereka ikuti. Sayang, perayaan kemenangan ini tidak berlangsung lama

Polandia memetik kemenangan perdana di Piala Dunia Qatar 2022 dengan membungkam Arab Saudi dua gol tanpa balas dalam laga kedua Grup C, Sabtu malam, 26 November 2022.

3 dari 4 halaman

Dihentikan Polandia

Melansir kanal Bola Liputan6.com, Piotr Zielinski dan Robert Lewandowski tampil sebagai sosok penting yang mengantar timnas Polandia berjaya atas The Green Falcons. Kedua pemain berkontribusi membobol gawang Arab Saudi pada menit ke-39 dan 82.

Kendati, tidak hanya Zielinski dan Lewandowski yang layak diganjar pujian. Kiper Timnas Polandia Wojciech Szczesny juga memainkan peran krusial dengan menjaga jaring The Eagles tetap bersih hingga akhir laga.

Seperti diketahui, Arab Saudi sempat memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan di pengujung babak pertama. Wasit menghadiahi tendangan penalti pada menit 44 lantaran Krystian Bielik dinilai melakukan pelanggaran.

Szczesny mampu menampilkan penyelamatan epik. Eksekusi dari Salem Aladawsari sanggup digagalkannya. Bola rebound yang tercipta selepas aksi itu juga tak bisa dikonversi jadi gol oleh pasukan Green Falcons.

Capaian ini membuat Szczesny memiliki rekor mentereng di bawah namanya. Daily Mail mencatat penjaga gawang The Eagles telah berhasil mengantisipasi tiga dari lima penalti terakhir mereka di Piala Dunia.

 

4 dari 4 halaman

Padahal Tampil Agresif

Timnas Arab Saudi tercatat tampil agresif sejak awal pertandingan. Dengan modal kemenangan atas Argentina di laga perdana, The Green Falcons mampu menciptakan dorongan yang membuat Polandia berada di bawah tekanan.

Skuad asuhan Herve Renard juga tampak lebih dominan dalam hal penguasaan bola. Kendati demikian, tidak ada satu gol pun yang dapat diciptakan para penggawa Arab Saudi hingga pertandingan memasuki menit ke-10.

Justru Polandia yang lebih dulu sukses memecah kebuntuan. Assist Robert Lewandowski dituntaskan dengan apik oleh Piotr Zielinski di menit ke-39. Kedudukan pun berubah menjadi 1–0 untuk keunggulan The Eagles.

Lalu, pada menit ke-82, Lewandowski sukses memanfaatkan kekosongan di sekitar gawang Arab Saudi. Bola yang dilesakkan dengan kaki kirinya lolos dari adangan kiper. Skor 2–0 pun tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil pertandingan kali ini jadi bayaran setimpal bagi Polandia yang gagal tampil maksimal di laga perdana. Seperti diketahui, Robert Lewandowski dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan Meksiko.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS