Sukses

Cucu Presiden Amerika Serikat Joe Biden Menikah di Gedung Putih, Pakai Dana Pribadi

Pernikahan Naomi itu digelar sehari sebelum ulang tahun ke-80 Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Liputan6.com, Jakarta - Cucu tertua Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Naomi Biden, akhirnya terlaksana pada Sabtu, 19 November 2022, pukul 11.00, waktu setempat. Pernikahannya dengan Peter Neal itu dihadiri setidaknya 250 undangan.

"Ini merupakan sebuah kegembiraan melihat Naomi tumbuh, menemukan siapa dirinya, dan mengukir kehidupan yang luar biasa untuk dirinya sendiri," kata Presiden dan Ibu Negara AS itu, dikutip dari laman Vogue, Senin (21/11/2022).

"Sekarang, kami sangat bangga melihatnya memilih Peter sebagai suaminya dan kami merasa terhormat untuk menyambutnya di keluarga kami. Kami berharap hari-hari mereka penuh tawa dan cinta yang tumbuh lebih dalam setiap tahun."

Naomi Biden berjalan menyusuri lorong mengenakan gaun pengantin rancangan Ralph Lauren yang terinspirasi dari penampilan Grace Kelly saat menikah. Merek klasik Amerika itu sudah lama dikenalnya, termasuk saat ia mengenakan busana dari Ralph Lauren pada Hari Inagurasi Presiden AS dan menghadiri peragaan busana musim gugur 2022 Ralph Lauren di New York, Maret 2022, bersama saudara perempuannya, Finnegan.

Persiapan penikahan dan seluruh acara itu disebut menggunakan dana pribadi. Naomi menggunakan jasa event organizer (EO) Rafanelli Events yang diakui sebagai salah satu perencana pesta pernikahan terbaik di dunia. EO yang sama juga menangani pernikahan Chelsea Clinton di Rhineback, New York, pada 2010, hingga makan malam kenegaraan dan dekorasi liburan untuk keluarga Obama di Gedung Putih.

Seluruh detail dirahasiakan sepenuhnya hingga momen upacara pernikahan dimulai. Pernikahan Naomi dan Peter merupakan yang pertama bagi keluarga Presiden AS menikah di Gedung Putih sejak abad ke-19. Pernikahan terakhir yang digelar di area Gedung Putih adalah kepala fotografer Presiden Obama, Peter Souza, yang diizinkan menikah di Rose Garden pada 2013.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ultah Joe Biden

Pernikahan Naomi Biden dinilai paling mirip dengan pernikahan Tricia Nixon, putri sulung Presiden Richard Nixon, dengan Edward Finch Cox pada 1971 yang digadang-gadang sebagai pernikahan termegah sepanjang sejarah Gedung Putih. Saat itu, ia menikah di bawah gazebo putih di Rose Garden, mirip dengan yang dilakukan Naomi. 

Gedung Putih juga sempat menjadi tempat resepsi kedua Jenna Bush, putri Presiden George W. Bush, dengan mengundang 600 tamu. Tapi, ia mengadakan upacara pernikahan dan perayaan utamanya di peternakan keluarganya di Crawford, Texas pada 2008.

Pernikahan Naomi digelar sehari sebelum Joe Biden berulang tahun ke-80. Ia dan isrinya, Jill Biden, ikut berpartisipasi dalam pernikahan tersebut, termasuk mengundang para tamu dengan undangan berstempel lambang kepresidenan. Undangan itu berbunyi, "Presiden dan Dr. kehadiranmu di pernikahan cucu mereka…"

Naomi adalah putri dari Kathleen Buhle, seorang rekan pengacara di firma hukum Arnold & Porter dengan Hunter Biden, putra kedua Joe Biden dari istri pertamanya Neila. Orangtua Naomi bertemu saat mereka bekerja untuk Jesuit Volunteer Corps di Portland, Oregon. Nama Naomi diambil untuk mengenang mendiang putri Biden yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1972 bersama sang ibu, Neila.

 

 

3 dari 4 halaman

Pengaruh Besar

Berdasarkan laporan, Naomi telah berperan penting dalam karir politik kakeknya. Pada 2019, dia menggelar pertemuan keluarga di mana ia, dua saudara perempuannya, dan sepupunya mendesak Biden untuk mencalonkan diri sebagai presiden melawan Donald Trump.

Peter yang bekerja sebagai rekanan di Georgetown Law Center on National Security, juga aktif secara politik. Dia belajar komunikasi politik saat di Universitas George Washington dan menjabat sebagai pekerja magang Gedung Putih selama pemerintahan Presiden Obama serta bekerja pada kampanye Hilary Clinton.

Dia dibesarkan di Jackson Hole, Wyoming. Kedua orangtuanya, William Neal dan Mary C. Neal, berprofesi sebagai dokter. Seperti keluarga Biden, keluarga Neal juga mengalami tragedi kehilangan salah satu dari dua saudara laki-laki Peter, yakni Willie. Ia tewas ditabrak mobil saat bermain sepatu roda.

Pengantin baru ini pertama kali dijodohkan oleh seorang teman bersama pada tahun 2018. Naomi sedang belajar hukum di Universitas Columbia pada saat itu, dan New York City menjadi lokasi kencan pertama dan pacaran berikutnya. Peter lalu melamar Naomi di Wyoming pada September 2021 dengan cincin berlian bermata zamrud dari Shah & Shah Distinctive Jewellers.

4 dari 4 halaman

Lamaran

Sebelum itu, ia mengajak dua saudara perempuan Naomi dari kampus untuk melihat desain cincin tersebut. "Dia benar-benar manis. Dia ingin memastikan dia mendapatkan batu yang indah dan berkualitas tinggi. Dia ingin memastikan itu adalah sesuatu yang dia sukai," kata pembuat perhiasan Colin Shah kepada The Post.

Peter juga memasukkan cincin kawin neneknya ke dalam perhiasan hari pernikahan pengantin wanita. Cincin itu dilebur dan ditambahkan ke cincin kawin Naomi, menurut Shah. "Dia ingin sebagian dari keluarganya dibawa ke dalam keluarga mereka."

Acara dimulai dengan latihan makan malam pada Jumat malam. Pengantin wanita saat itu mengenakan apa yang oleh desainer Danielle Frankel disebut sebagai "tampilan transisi". Ada atasan bustier, jaket dan celana panjang yang dibuat khusus, berbahan satin yang sama, dan jubah tulle berlipit yang dilapisi renda bunga. Set empat potong memungkinkan pengantin wanita untuk bergonta-ganti penampilan sepanjang malam dan mengatur nada visual untuk akhir pekan.

Usai upacara di South Lawn, makan siang yang intim untuk keluarga dan pesta pernikahan digelar di State Dining Room Gedung Putih. Pukul 19.30 malam, para tamu akan berkumpul lagi untuk resepsi dengan kue dan tarian untuk merayakan pasangan yang berbahagia. Saat ini, pasangan Naomi dan Peter tinggal bersama di lantai 3 Gedung Putih bersama anjing mereka, Charlie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.