Sukses

Kisah di Balik Cincin Safir Warisan Putri Diana yang Dipakai Kate Middleton

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Pangeran William mengumumkan pertunangan dengan Kate Middleton pada 16 November 2010, dunia dilanda demam pernikahan kerajaan. Satu detail yang tidak bisa berhenti dibicarakan semua orang adalah cincin pertunangannya yang bermakna mendalam.

Melansir PageSix, Kamis (17/11/2022), kala itu, keduanya sempat melangkah keluar untuk pemotretan resmi. Kala itu, Kate mengenakan gaun biru elegan dari Issa, memamerkan cincin pertunangan safir yang pernah dipakai mendiang ibu mertuanya, Putri Diana.

"Ini cincin pertunangan ibu saya," kata William dalam wawancara, menambahkan ia "berpikir itu cukup bagus karena jelas, ia tidak akan ada untuk berbagi kesenangan dan kegembiraan perjalanan cinta mereka." "Saya yakin semua orang mengenalinya dari waktu sebelumnya," imbuhnya.

Sementara, Kate saat itu berbagi, "Saya hanya berharap saya bisa menjaganya."

Menariknya, Pangeran Harry sebenarnya mewarisi cincin itu ketika ibu mereka meninggal. Tapi, dikatakan ia menawarkan cincin berharga itu pada saudaranya, Pangeran William, sehingga ia bisa melamar Kate dengan perhiasan berharga tersebut, menurut Maxwell Stone dari toko perhiasan terkemuka Inggris Steven Stone.

Sementara, banyak penggemar kerajaan saat ini mengasosiasikan perhiasan itu lebih dekat dengan Kate, kisah di balik permata yang menakjubkan itu sebenarnya kembali ke musim dingin tahun 1981. Pada 24 Februari 1981, Lady Diana Spencer dan Pangeran Charles secara resmi mengumumkan pertunangan mereka setelah pacaran enam bulan.

Cincin ikonis yang akan meluncurkan ribuan eksemplar itu pun memulai debutnya. "Ya, itu adalah safir dan berlian yang indah," kata Diana dalam wawancara pertunangan bersejarah mereka, memamerkan cincin berpermata besar di jarinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berlian dari Sri Lanka

Meski tidak banyak yang dikatakan tentang cincin itu selama percakapan Pangeran Charles dan Putri Diana dengan BBC, perhiasan itu memiliki sejarah yang menarik karena sebenarnya "menerima banyak reaksi," menurut Stone.

Pemikat 12 karat yang dikelilingi 14 berlian "disebut sebagai 'cincin biasa,'" katanya, "karena saat jadi ciptaan dari mantan perhiasan Mahkota Garrard, itu bukan desain yang unik." Lady Diana disebut memilih cincin yang dibawa merek perhiasan kelas atas ke istana, dan itu bukan perhiasan khusus seperti yang diterima pengantin kerajaan sebelumnya.

Pangeran Charles dikatakan telah memasukkan cincin itu dalam pilihannya karena itu mengingatkannya pada bros yang dikenakan Ratu Victoria yang telah diturunkan pada ibunya, Ratu Elizabeth II. Stone mengatakan permata itu, yang merupakan safir Ceylon yang dikelilingi berlian, "berasal dari Sri Lanka dan berkualitas AAAA, menjadikannya salah satu yang paling berharga dari jenisnya."

"Saya memperkirakan nilai cincin itu sekitar 390 ribu pound sterling hari ini (sekitar Rp7,3 miliar)," kata pakar perhiasan itu, seraya menambahkan, "Namun, dalam waktu 10 tahun, kemungkinan nilainya akan lebih dari 500 ribu pound sterling (sekitar Rp9,3 miliar) berkat sejarah, keindahan, dan warisannya yang tidak ternilai."

3 dari 4 halaman

Replikanya

Sebelumnya, publik dibuat heboh ketika Kristen Stewart memakai replika cincin safir biru Putri Diana tersebut saat memarankan karakter Lady Di di film Spencer. Melansir People, potret yang dibagikan pada Maret 2021 itu menunjukkan Stewart menatap ke arah kamera dengan kepala bertumpu pada tangannya.

Sementara, jari manisnya dihiasi replika cincin pertunangan safir Putri Diana. Sebelumnya, NEON merilis potret perdana Stewart sebagai Putri Diana pada Januari 2021. Kala itu, aktris Amerika Serikat tersebut tampil dalam balutan mantel merah, rambut pirang berpotongan pendek, dan topi hitam dengan jaring halus yang menutupi wajahnya.

"Spencer menyelam ke dalam imajinasi emosional tentang siapa Diana pada titik balik penting dalam hidupnya," kata Stewart. "Ini adalah penegasan fisik dari bagian-bagiannya, yang dimulai dengan nama yang diberikan, Spencer."

"Ini adalah upaya yang mengerikan baginya untuk kembali ke dirinya sendiri, karena Diana berusaha mempertahankan apa arti nama Spencer baginya," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Tidak Hanya Kate Middleton

Di sisi lain, tidak hanya Kate Middleton yang mewarisi koleksi perhiasan mendiang Putri Diana. Istri Pangeran Harry, Meghan Markle, juga menerima warisan serupa. Dari waktu ke waktu, Duchess of Sussex sudah terlihat memakai perhiasan warisan diana, dari cincin sampai gelang.

Salah satu momen ikonisnya adalah saat Meghan mengenakan gelang Putri Diana saat diwawancarai Oprah Winfrey, Maret tahun lalu. Gelang tersebut adalah gelang yang sama yang digunakan untuk membuat cincin pertunangan Meghan.

saat mendesain cincin untuk Meghan, Harry mengambil dua batu dari gelang mendiang sang ibunda. Batu mulia itu lalu dimasukkan ke dalam cincin tiga batu milik Meghan.

Tampaknya, lewat pemakaian gelang itu, Meghan dan Harry ingin Putri Diana ada bersama mereka. Cincin pertunangan Meghan terdiri atas tiga berlian, dengan satu batu besar di tengah dan diapit dua batu kecil di sisinya.

Kedua batu samping berasal dari koleksi pribadi mendiang Putri Diana. Sementara, batu tengahnya berasal dari Botswana, negara yang dekat dengan hati Harry. Berlian itu sangat populer sehingga pada September 2018, The Royal Collection merilis replika yang terinspirasi cincin tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS