Sukses

5 Tips Bikin Suasana Mandi Jadi Rileks dan Nyaman, Bye Stressed Out!

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas kerja yang padat dan melelahkan dapat membuat pikiran gampang stres. Stres yang muncul dapat membuat tubuh jadi mudah gerah dan berkeringat, suasana hati pun menjadi ikut tidak karuan. 

Untuk mengembalikan mood dan bisa melanjutkan aktivitas kembali dengan enjoy, kamu perlu memberi tubuh istirahat dengan momen me time. Salah satunya dengan mandi.

Mandi nggak hanya membuat tubuh jadi bersih, tapi juga membuat otot-otot menjadi lebih rileks, menurunkan suhu tubuh, dan membuat pikiran jauh lebih fresh sekaligus membangkitkan semangat dan mood.

Nah, ini dia beberapa tips bikin suasana mandi menjadi rileks dan nyaman seperti dilansir dari byrdie.com.

1. Gunakan Aromaterapi

Menghirup aromaterapi dapat meredakan stres, kecemasan, dan depresi serta menenangkan suasana hati dan membuat tubuh menjadi relax. Wewangian yang tepat bisa membantu kamu mengusir stres. Kamu bisa menggunakan berbagai aromaterapi mulai dari reed diffuser, essential oil diffuser, atau scented candle.

Letakkan aromaterapi tersebut di sudut kamar mandi. Dengan menghirup aromanya, kamu jadi lebih dapat menikmati momen mandi dengan lebih tenang. Untuk aromanya, pilihlah yang memberikan efek menenangkan, seperti lavender yang dipercaya mampu memberikan efek relaksasi.

2. Playlist Song and Chill

Nggak hanya shopping saja, mendengarkan musik juga dapat memiliki efek yang sangat menenangkan buat pikiran dan tubuh. Keampuhan musik dalam hal ini bahkan sudah terbukti secara sains, terutama musik yang berirama lambat dan menenangkan. Jenis musik seperti ini memiliki efek positif pada fungsi fisiologis yang bisa menyeimbangkan tingkat hormon stres.

Kamu bisa memulai dengan membuat playlist lagu yang menenangkan, seperti lagu Strawberry Swing milik Coldplay masuk ke dalam 10 lagu yang dinilai efektif membuat relax menurut Dr. David Lewis-Hodgson. Coba buktikan, yuk!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tips Rileks dan Nyaman

3. Ambil Cemilan

Luangkan waktu ini untuk perawatan diri secara maksimal dengan camilan sehat untuk disantap saat berendam. Dengan semangkuk buah-buahan seperti anggur segar, apel, buah ceri atau makanan ringan lainnya yang bisa membantu.

Jangan lupa minuman untuk menemani cemilan dan berendam di bathup, seperti secangkir teh hingga juice yang dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan rileks. 

4. Massage Diri Sendiri

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stres adalah dengan massage tubuh. Teknik pijatan dipercaya membuat tubuh jadi bugar dan suasana hati menjadi rileks. Nggak perlu jauh-jauh ke spa klinik, kamu bisa melakukannya pijatan sendiri, lho!

Mulailah pijatan dari kedua alis serta bagian batang hidung. Setelahnya, pijat pergelangan tangan, atas telinga hingga kanan kiri, dan bahu. Jangan lupa bagian kaki antara ibu jari dan telunjuk juga diberi pijatan, ya! Dengan melakukan ritual ini, mampu mengurangi ketegangan tubuh. Bisa dipastikan, suasana mandi akan membawa mood yang lebih bagus!

5. Segarkan dengan Body Wash

Last but not least, segarkan tubuh kamu dengan body wash terbaik yang cocok dengan kulit kamu. Selain menambah kesegaran dan membuat kamu lebih bersemangat, menggunakan sabun mandi yang tepat dapat membuat kulit menjadi sehat dan glowing, lho!

Belum lagi, aroma lembutnya yang bisa membuat pikiran jadi lebih rileks dan tenang. Untuk mendapatkan seluruh manfaat dari sabun mandi ini, kamu bisa membelinya di beberapa marketplace di Indonesia.

Itu dia 5 cara untuk bikin suasana mandi jadi rileks dan nyaman. Cukup luangkan waktu sekitar 30 menit, dijamin stres dan penat akan hilang dan terhempas. Selamat mencoba!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS