Sukses

Menparekraf Ajak Delegasi KTT G20 Liburan di 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia

Lima destinasi prioritas yang dipromosikan untuk disambangi para delegasi KTT G20 adalah Candi Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang, dan Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) dan B20 tengah berlangsung di Bali. Dengan delegasi dari berbagai negara berdatangan, Menteri Pariwisataa dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak mereka memperpanjang masa tinggal dengan mengunjungi salah satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia.

"Lima destinasi prioritas, yaitu Candi Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang, dan Mandalika ini sudah kami siapkan untuk menyambut kunjungan wisatawan yang hadir pada B20 dan usai acara (KTT) G20," kata Sandi saat menghadiri sesi Ministerial Talk B20 Summit Indonesia bertajuk "Aligning the Role of Business with G20 Priorities to Recover Together, Recover Stronger" di Bali Nusa Dua Convention Center dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (14/11/2022).

Di kesempatan yang sama, Sandi juga mengungkap bahwa digitalisasi merupakan kunci utama pemulihan sektor parekraf di Indonesia pascapandemi COVID-19. Periode krisis kesehatan global telah membuat sektor parekraf mencatat penurunan hingga 80 persen pada 2020 dan 75 persen pada 2021.

"Dengan dukungan UMKM, kita bisa menghadirkan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas dibandingkan sebelum pandemi COVID-19," kata Sandiaga.

Ia mengatakan, melalui digitalisasi di sektor parekraf, berbagai jenis lapangan kerja baru ikut bermunculan, seperti kehadiran berbagai kreator konten yang menjamur di masa pandemi. "Saya yakin, melalui digitalisasi kita bisa recover stronger, dan melalui penyesuaian dengan arsitektur kesehatan global, kita bisa recover better," ia menuturkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Investasi

Sandi juga optimistis dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun mendatang, sektor parekraf mampu mendatangkan angka investasi sekitar 6--8 miliar dolar AS. Karena itu, ia mengajak para investor asing untuk segera berinvestasi di sektor parekraf di Indonesia.

"Menurut saya, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini memiliki peluang (investasi) yang besar dan sektor ini berdampak besar bagi masyarakat," katanya.

Sebelumnya, masih dalam rangkaian KTT G20, Sandi telah ditugaskan menyambut kedatangan Presiden AS Joe Biden oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Biden tiba di Bali pada Minggu malam, 13 November 2022, sekitar pukul 21.45 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One," kata Sandi dalam keterangannya.

Sesaat mendarat, Biden langsung disambut tari pendet. Sembari berjalan kaki, ia mengaku kagum dengan tarian penyambutan tersebut. "Ia sangat kagum dan ia ucapkan amazing, splendid, wonderful. Sebagai rasa terima kasih, ia mengucapkan thank you pada para penari," kata Sandi.

3 dari 4 halaman

Berdatangan ke Bali

Sembari menikmati tarian, Sandi memanfaatkan momen dengan menyelipkan harapan Indonesia terhadap kunjungan Biden ke Bali. Salah satunya keinginan agar lebih banyak warga AS yang mengunjungi Indonesia, serta kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf menyebut, kunjungan wisatawan dari AS yang sempat menurun karena pandemi kini kembali meningkat. Ia juga mempromosikan sejumlah produk-produk ekonomi kreatif Indonesia, terutama fesyen, kuliner, dan produk kerajinan tangan.

Selain Biden, sejumlah tamu negara lain juga mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sejak kemain, Minggu, 13 November 2022, pukul 18.25 WITA. Berdasarkan pantauan Tim Komunikasi dan Media G20, beberapa tamu negara dan kepala lembaga dunia yang hadir di antaranya Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Dr. Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga tiba di Bali pada Minggu malam, 13 November 2022. Sehari sebelumnya, Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, tiba pada Sabtu, 12 November 2022, pukul 23.45 WITA.

4 dari 4 halaman

GWK Tutup Sementara

Sementara itu, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan jadi lokasi jamuan makan malam Jokowi dan kepala delegasi G20. Untuk itu, salah satu atraksi wisata utama di Bali tersebut akan ditutup untuk umum selama empat hari, mulai 12--15 November 2021.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu, 13 November 2022, GWK meliburkan sebagian karyawannya selama penyelenggaraan puncak KTT G20. Direktur Operasional GWK Stefanus Yonathan Astayasa menyatakan pihaknya telah siap 100 persen menerima kunjungan tersebut.

"Kami mulai melakukan perbaikan venue dan akses. Prioritas kami adalah akses, sebab akses untuk G20 harus bisa bebas antrean. Kami menyiapkan kelayakan, keindahan, kerapian untuk menjadikan welcoming dinner ini sempurna," katanya, akhir pekan lalu.

Ia menyebut, pengerjaan akses yang akan dilalui para kepala negara anggota G20 telah dilakukan sejak Juni 2022. Pihaknya pun membuat beberapa akses sehingga memerlukan waktu. GWK terpilih dari beberapa destinasi wisata lain di Bali yang diajukan.

Sementara, jamuan makan malam akan berlangsung di Lotus Pond. Tempat itu merupakan tengara (landmark) terbesar di GWK yang dikenal sebagai alun-alun utama. Area outdoor tersebut dapat menampung hingga 7.500 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.