Sukses

Dibikin Bete Sama Atasan? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mood Booster

Liputan6.com, Jakarta Ketika menjalani pekerjaan di kantor, seringkali muncul sesuatu yang membuat suasana hati menjadi berantakan, alias bad mood. Entah karena banyaknya tugas, teman kantor yang tidak bisa diajak kerja sama, sampai dimarahi atasan karena hasil kerjaan yang kurang memuaskan. 

Jika sudah begini, kamu harus segera mencari cara untuk mengembalikan mood kamu. Agar suasana hati tidak malah memperburuk dan bisa menyelesaikan tugas sesuai deadline. Salah satu cara yang paling ampuh untuk menemukan mood booster adalah makan. 

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ada beberapa makanan yang dapat mengembalikan suasana hati atau mood. Penasaran apa saja? Berikut lima makanan yang ampuh buat jadi mood booster kamu seperti dilansir dari everydayhealth.com, simak dan buruan konsumsi:

1. Coklat Hitam 

Tidak usah diragukan, coklat memang benar bisa menjadi makanan mood booster. Sebuah penelitian pada Journal of Psychopharmacology menjelaskan, coklat mengandung sejenis antioksidan yang disebut polifenol, yang dianggap dapat meningkatkan mood

Mengkonsumsi coklat hitam dengan kadar kokoa tertinggi juga memiliki peluang 57 persen lebih rendah untuk gejala depresi daripada mereka yang tidak mengkonsumsi coklat hitam. 

Walaupun bisa untuk dijadikan makanan, tapi coklat hitam lebih banyak masuk kedalam kandungan minuman di coffee shop. Seperti milkshake, chocolate tea, sampai chocolate latte.

2. Yogurt

Selain baik untuk kesehatan usus, makanan fermentasi yogurt ini dapat berdampak positif pada suasana hati. Karena makanan ini mengandung probiotik, yang dapat meningkatkan kadar serotonin. Serotonin ini kadang disebut juga hormon bahagia, karena dapat mengangkat suasana hati kamu.

3. Kopi

Buat pecinta kopi berbahagialah, ternyata kopi juga ampuh buat meningkatkan mood kamu, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam jangka pendek, kafein dapat memberikan peningkatan langsung pada suasana hati seseorang, dan memberikan dorongan suasana sosial. 

Menurut hasil jurnal Molecular Nutrition & Food Research pada Januari 2016, terdapat 12 studi yang menunjukan bahwa kopi dapat membantu melindungi seseorang dari masalah depresi. 

4. Kacang

Menurut penelitian pada jurnal The Journal Nutrition, Health & Aging. Kacang-kacangan, termasuk lentil, buncis, kacang polong adalah makanan yang memiliki peran guna mencegah dan mengelola depresi seseorang. 

Selain itu, kacang-kacangan juga ada yang memiliki serat tinggi dan baik untuk mendukung kesehatan usus (contohnya oatmeal) dan dapat menyediakan probiotik, yang berguna untuk memberi makan bakteri sehat pada usus.

5. Salmon

Salmon merupakan ikan laut dengan banyak asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung dan pikiran. Casey Means, seorang dokter lulusan Stanford juga menjelaskan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin dapat berkontribusi dalam meningkatkan suasana hati. 

Nah, itulah 5 makanan yang dijamin ampuh buat mengembalikan mood kamu. Apakah salah satu jenis makanan di atas ada yang jadi menu favorit kamu?

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS