Sukses

Indonesia Art Festival 2022 Jadi Momentum Bangkitnya Seni Budaya Nusantara

Pameran lukisan dan seni ini mencoba untuk melanjutkan sukses In-Art pertama di tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat absen selama tiga tahun karena kendala pandemi, pameran lukisan dan seni instalasi, Indonesian Art Festival kembali berlangsung. 

Tahun ini, Indonesia Art Festival (In-Art) 2022 akan digelar di Grand ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan mulai 10 hingga 24 November 2022 mendatang, dengan melibatkan para pelukis dan seniman instalasi dari Jakarta, Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah.

Pameran yang diinisiasi oleh Perkumpulan Seniman Nasional Indonesia (PESONA) ini mencoba untuk melanjutkan sukses In-Art pertama di tahun 2019 yang berhasil menyedot hingga ribuan pengunjung.

"In-Art 2022 merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil kreatifitas seniman di Tanah Air. Ajang pertemuan pegiat dan pecinta seni ini juga bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif dan seni budaya di Indonesia," terang Karya Indah selaku pembina PESONA, Kamis (10/11/2022) saat pembukaan Pameran di Lantai 2 Grand ITC Permata Hijau Jakarta Selatan.

Pameran dihadiri dan dibuka oleh H. Ferdiansyah SE., MM (Anggota DPR RI Komisi X), para pelukis, penari dan seniman. Menurut Karya Indah, tahun ini menjadi momentum kebangkitan bagi Indonesia di seluruh sektor, termasuk bidang seni budaya yang sempat merasakan "mati suri" akibat dampak pandemi COVID-19 yang hadir pertama kali di tahun 2020 lalu.

"Kami sangat optimis akan pulihnya perekonomian, destinasi wisata dan hadirnya ide - ide kreatif yang akan membangkitkan kembali Seni Budaya Indonesia. Dan hal ini tentu saja harus didukung penuh oleh seluruh pihak, termasuk Pemerintah," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mewadahi Seniman

Ditambah lagi, Indonesia sendiri memiliki banyak sekali seniman lukis berbakat dengan hasil karya yang sangat mengagumkan. Sehingga pameran seperti In-Art ini mampu mewadahi para seniman tersebut dalam memamerkan karya-karyanya.

"Melalui In-Art 2022 kami juga ingin memberikan edukasi kepada para generasi penerus bangsa dan masyarakat pada umumnya, serta para pemerhati dan pencinta seni pada khususnya, tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia yang selalu menarik perhatian mata dunia," pungkasnya.

Pada kesempatan ini, berbagai karya lukis dan patung beraliran realis dan abstrak, serta hasil karya seni instalasi akan dipamerkan kepada pengunjung.  In-Art 2022 juga menyajikan beragam kegiatan menarik lainnya seperti Workshop Seni Lukis, Pelatihan Membatik, Karnaval Budaya dan Melukis On the Spot, serta ada hiburan live music.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.