Sukses

5 Makanan Sehat ala Jepang Bantu Diet Seimbang, Natto hingga Tahu Dingin

Beberapa makanan sehat ala Jepang ini dapat membantu upaya diet Anda tetap seimbang.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang berdiet dan ingin mencoba diet tradisional Jepang? Kelima hidangan ini pasti tidak hanya memuaskan rasa lapar, tetapi juga membuat Anda merasa cukup baik setelahnya.

Menambahkan alternatif yang sehat untuk makanan sehari-hari dapat membuat beberapa perbedaan dalam diet Anda. Seperti lauk tradisonal Jepang terbaik berikut yang dirangkum dari laman savvytokyo, Rabu (19/10/2022).

Jika ditambahkan ke dalam diet, menu makanan sehat ini tidak hanya meningkatkan nutrisi tetapi juga berpotensi memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh terlalu banyak makanan modern yang memanjakan. Bagian terbaiknya semua hidangan ini dapat ditemukan sudah jadi di sebagian besar supermarket atau toserba juga dan harganya tidak mahal sama sekali. 

1. Bayam Ohitashi

Pada dasarnya Ohitashi adalah salad bayam pucat yang disajikan dengan serpihan bonito dan biji wijen dengan sedikit kecap atau saus biji wijen atau tanpa saus sama sekali. Mudah dan cepat dibuat, bayam ohitashi dapat dibuat dengan bayam segar atau beku, dan dapat dimakan sebagai lauk, ditambahkan ke campuran salad, atau ditambahkan dengan nasi sisa untuk membuat onigiri campuran Anda sendiri.

Bayam adalah sumber Vitamin K, Vitamin A, dan asam folat yang sangat penting untuk kesehatan tulang, kulit, dan energi. Lewati kecap dan tambahkan sedikit saus salad favorit Anda atau jus lemon saja jika Anda menginginkan pilihan yang mengurangi natrium. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Natto

Berlendir namun memuaskan, natto adalah makanan yang harus Anda biasakan sama seperti ketika tidak ada orang yang terlahir menyukai paprika hijau atau makanan beraroma kuat lainnya. Natto adalah kedelai fermentasi yang disajikan dengan kecap, mustard karashi, dan irisan daun bawang, meskipun banyak juga yang suka menambahkan telur mentah ke dalam hidangan ini.

Jika Anda membutuhkan alasan lain untuk membiasakan makan kacang lengket ini, natto bebas kolesterol, dan kaya akan vitamin B (terutama B2 dan B6), vitamin E dan K, ditambah potasium, kalsium, zat besi, magnesium, protein, diet serat, dan lainnya. Natto memiliki bau dan tidak terlihat bagus, tetapi akan memiliki efek positif pada kesehatan Anda sehingga patut dicoba.

3. Sashimi

Dibanding sushi yang memiliki banyak kalori, sashimi adalah pilihan yang jauh lebih sehat. Tergantung pada jenis ikan yang Anda pilih, sashimi adalah sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung dan kaya akan vitamin B6 dan B12, serta niasin, selenium, magnesium, fosfor, dan tentu saja, protein.

Salmon, cod, tuna, bass, mackerel, dan yellowtail adalah ikan utama jika Anda menginginkan nilai gizi paling banyak. Tetapi cobalah untuk tidak makan sashimi paling banyak sekali atau dua kali seminggu jika khawatir akan menelan merkuri dari ikan. Risiko keracunan merkuri di Jepang setidaknya cukup rendah karena sebagian besar ikan yang biasa dimakan di sini adalah ikan rendah merkuri, tetapi lebih baik berhati-hati.

Wanita hamil harus menghindari sushi dan sashimi untuk sebagian besar, terutama di musim panas jadi harap ingat hal ini. Jika Anda ingin membuat sashimi sendiri di rumah, belilah paket ikan yang sudah dipotong-potong, ikan kelas sushi, dan cobalah memakannya dengan jahe parut, saus ponzu, atau daun shiso segar sebagai ganti kecap dan wasabi. 

 

3 dari 4 halaman

4.Tsukemono (Acar)

Kebanyakan orang cenderung memikirkan cuka ketika berbicara tentang acar, tetapi ada banyak jenis acar yang tersedia di Jepang, yang sebagian besar tidak memerlukan cuka sama sekali. Nukazuke adalah sejenis acar Jepang yang dibuat dengan memfermentasi berbagai sayuran dalam dedak padi.

Varietas yang paling umum dari acar ini adalah terong, mentimun, daikon, dan kubis, tetapi ada juga nukazuke ikan di luar sana. Kandungan nutrisi acar tergantung pada jenis sayuran yang dibuatnya, tetapi secara umum, nukazuke kaya akan vitamin B1, dan mengandung lactobacillus, yang dikatakan membantu pencernaan dan membantu menjaga kesehatan usus.

Ini adalah pilihan yang baik untuk ditambahkan ke makanan berat, atau jika Anda menemukan bahwa metabolisme atau pencernaan Anda tampak sedikit terganggu. Harap diingat meskipun ini tidak dimaksudkan untuk menjadi lauk, tetapi semacam bumbu jadi hanya beberapa potong nukazuke pilihan Anda yang bisa. Jika tidak, Anda mungkin menemukan acar dapat membantu pencernaan Anda.

4 dari 4 halaman

5. Hiyayakko (tahu dingin)

 

Makanan ini mungkin hidangan paling sederhana dalam daftar, hiyayakko hanyalah tahu dingin dengan topping apa saja. Tahu tentu saja terbuat dari susu kedelai, tetapi tahukah Anda bahwa tahu adalah sumber protein rendah kalori dan tergantung pada produsennya, juga sumber kalsium atau magnesium yang kaya.

Hiyayakko dapat disajikan dengan kecap, saus biji wijen, ponzu, mustard, daun shiso, bonito flakes, parutan jahe, wasabi, parutan yuzu atau saus yuzu, umeboshi, irisan okra atau daun bawang, atau kombinasi dari semuanya. Anda bahkan dapat makan hiyayakko dengan irisan tomat, zaitun dan mentimun dan sedikit minyak zaitun jika Anda ingin menikmati hidangan Mediterania yang sedikit lebih banyak.

Hiyayakko juga merupakan pilihan yang bagus untuk bersantap di musim panas ketika Anda mungkin tidak memiliki banyak nafsu makan karena panasnya.Semua hidangan ini mudah ditemukan atau dibuat, mengandung banyak vitamin dan mineral, dan, tergantung pada persiapan Anda, sedikit natrium dan gula juga. Moderasi dan variasi adalah dua kunci diet tradisional Jepang, jadi ingatlah itu, dan pilihan yang disebutkan di setiap hidangan, ketika Anda merencanakan makanan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.