Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Korea Selatan, Negara K-Pop dengan 160 Jenis Kimchi

Top 3 Berita Hari Ini, fakta menarik Korea Selatan, abdi dalem Keraton Yogyakarta bikin konten dan isu kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Korea Selatan atau secara resmi disebut Republik Korea. Negara. Ibukota Korea Selatan adalah Seoul yang berusia lebih dari 600 tahun, bahkan sebelum merdeka pada 1945.

Negara dengan mata uang won ini hampir sebagian besar penduduknya beretnis Korea. Bahasa Korea merupakan bahasa resminya, mereka memiliki kepercayaan agama Kristen Protestan, Kristen lainnya, dan Katolik Roma.

Namun, kepercayaan tradisional Korea Selatan adalah Buddha, agama baru, dan Konfusianisme.  Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Yogyakarta.

Seorang pria yang berprofesi sebagai abdi dalem pun membagikan kesehariannya saat bekerja di dalam keraton. Ia memulai tugasnya sejak pagi hari dengan sudah datang ke Keraton dengan melewati Alun-Alun Kidul.

"Yang sudah pernah ke sini pasti kangen sama pohon beringin kembarnya yang asri. Begitu masuk ke halaman keraton, suasananya terasa makin asri apalagi dengan kicauan burung yang sangat merdu," ucap pria bernama Satyabilal.  Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang Ahli Madya Epidemiologi Kesehatan Direktorat Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, dr. Edduwar Idul Riyadi, menyampaikan bahwa telah lama sejak isu kesehatan mental diselimuti stigma negatif.

Sayang, Indonesia bukan pengecualian dalam fenomena ini. dr. Edduwar menambahkan, stigma negatif pada isu kesehatan mental muncul akibat pernyataan maupun istilah yang dikemukakan masyarakat secara awam.  Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

6 Fakta Menarik Korea Selatan, Negara K-Pop dengan 160 Jenis Kimchi

Korea Selatan yang secara resmi disebut Republik Korea merupakan negara kawasan Asia Timur, yang menempati bagian selatan semenanjung Korea. Korea Selatan terletak di barat Jepang sekitar 60 mil (97 km) di selatan semenanjung serta Laut Kuning, sementara di utara berbatasan langsung dengan Korea Utara.

Mengutip dari Britannica, Kamis 13 Oktober 2022, negara Korea Selatan memiliki luas 38.696 mil persegi (100.222 km persegi) dengan total populasi menurut sensus tahun 2021 yaitu 51.582.000. Ibukota Korea Selatan adalah Seoul yang berusia lebih dari 600 tahun, bahkan sebelum merdeka pada 1945.

Selanjutnya…

Bikin Konten, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Bongkar Kegiatannya Saat Bertugas

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu hal yang cukup menarik perhatian adalah keberadaan abdi dalem yang ada di lingkungan Keraton Yogyakarta.

Seorang pria yang berprofesi sebagai abdi dalem pun membagikan kesehariannya saat bekerja melalui akun TikTok @satyabilal. Ia memulai tugasnya sejak pagi hari dengan sudah datang ke Keraton dengan melewati Alun-Alun Kidul.

Selanjutnya… 

Mengapa Stigma Negatif Melekat pada Isu Kesehatan Mental di Indonesia?

Ahli Madya Epidemiologi Kesehatan Direktorat Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, dr. Edduwar Idul Riyadi, menyampaikan bahwa telah lama sejak isu kesehatan mental diselimuti stigma negatif. Sayang, Indonesia bukan pengecualian dalam fenomena ini.

"Stigma itu lebih pada bagaimana kesehatan mental dianggap sebagai sesuatu yang negatif," kata dr. Edduwar dalam jumpa pers "Peluncuran Survei Kesejahteraan Mental dan Pusat Kesehatan Digital TikTok," Rabu, 12 Oktober 2022.

Selanjutnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.