Sukses

6 Fakta Menarik Australia, Benua Tertua dan Produsen Wol Ternama Dunia

Australia menjadi satu-satunya negara di dunia yang menempati satu benua sendirian.

Liputan6.com, Jakarta - Australia, benua terkecil sekaligus salah satu negara terbesar di bumi terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia di belahan Bumi selatan. Ibu kotanya di Canberra, terletak di tenggara benua, antara pusat ekonomi dan budaya yang lebih besar dan lebih penting, yaitu Sydney dan Melbourne.

Mengutip dari laman Britannica, Jumat, 14 Oktober 2022, benua Australia membentang dari barat ke timur sepanjang hampir 2.500 mil (4.000 km) dan dari Semenanjung Cape York di timur laut hingga Tanjung Wilsons di tenggara sepanjang hampir 2.000 mil (3.200 km). Di selatan, yurisdiksi Australia meluas lebih jauh 310 mil (500 km) ke ujung selatan pulau Tasmania dan di utara meluas ke pantai selatan Papua Nugini.

Negara berpenduduk 26.621.900 jiwa menurut perkiraan sensus 2022 ini disebut sebagai "Benua Tertua", "Negeri Terakhir", dan "Perbatasan Terakhir". Deskripsi tersebut melambangkan daya tarik dunia dengan Australia.

Sebagian besar batuan yang menjadi fondasi bentang alam Australia terbentuk selama masa Prakambrium dan Paleozoikum (sekitar 4,6 miliar hingga 252 juta tahun yang lalu), tetapi usia inti dari semua benua kira-kira sama. Sejarah lanskap wilayah yang luas di Eropa dan Amerika Utara sangat dipengaruhi oleh peristiwa dan proses yang terjadi sejak akhir Zaman Es terakhir—kira-kira 25 ribu tahun terakhir—di Australia. Para ilmuwan menggunakan skala waktu yang lebih luas yang memperhitungkan kekunoan besar lanskap benua itu.

Masih banyak hal-hal menarik tentang Australia. Berikut enam fakta menarik Australia yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Bentuk Pemerintahan

Australia memiliki bentuk pemerintahan federal, dengan pemerintahan nasional untuk Persemakmuran Australia dan masing-masing pemerintah negara bagian (New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Selatan, Australia Barat dan Tasmania). Setiap negara bagian memiliki konstitusi, dan pemerintahannya menjalankan tingkat kedaulatan yang terbatas.

Ada juga dua wilayah internal: Northern Territory , yang ditetapkan sebagai wilayah pemerintahan otonom pada 1978, dan Australian Capital Territory (termasuk kota Canberra), yang mencapai status pemerintahan sendiri pada 1988.

Otoritas federal mengatur wilayah eksternal Pulau Norfolk , Kepulauan Cocos (Keeling) , Pulau Christmas , pulau Ashmore dan Cartier , Kepulauan Laut Karang, dan Heard Pulau dan Kepulauan McDonald dan mengklaim Wilayah Antartika Australia, wilayah yang lebih besar dari Australia itu sendiri. Papua Nugini sebelumnya merupakan wilayah eksternal Australia, yang merdeka pada 1975. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah Penduduk

Kira-kira 40 ribu tahun sebelum pendudukan bangsa Eropa pada akhir abad ke-18, Australia telah dihuni oleh Aborigin, suku asli yang menggunakan salah satu dari 250 kelompok bahasa. Pada 1606, imigran Eropa yang datang ke Benua Australia adalah orang-orang Belanda yang tiba pada 1606.

Di akhir abad ke-18, Inggris menduduki benua ini dan menjadikannya sebagai tempat pembuangan para pelaku kriminal. Di pertengahan abad ke-19, ditemukan tambang emas di Australia sehingga benua itu pun ramai didatangi para imigran.

Separuh timur Australia diakui sebagai milik Britania pada 1770, dan mulai diduduki sejak penentuan koloni tahanan di New South Wales, yang secara resmi didirikan pada 7 Februari 1788. Populasi bertambah secara statis selama beberapa dasawarsa. Sampai pada 1850 sebagian besar benua sudah dijelajahi, dan setelah itu didirikanlah lima Koloni Mahkota lagi yang berpemerintahan mandiri.

Pada 1 Januari 1901, kelima koloni ini berubah menjadi federasi, dan didirikanlah Persemakmuran Australia. Sejak zaman federasi, Australia telah memelihara sistem politik demokrasi liberal yang stabil, dan menjadi bagian dari dunia persemakmuran.

Populasinya sebanyak 22 juta jiwa, yang hampir 60 persennya terpusat atau berada di dekat pusat-pusat pemerintahan negara-negara bagian di daratan utama; yakni Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth, dan Adelaide. Hampir 56 persen populasi Australia menetap di Victoria atau New South Wales, dan hampir 77 persen menetap di pantai timur daratan utama.

3 dari 4 halaman

3. Penghasil Domba dan Sapi

Total populasi Australia populasi domba mencapai puncaknya pada 1970, turun sekitar sepertiga pada awal abad ke-21. Meskipun demikian, Australia tetap menjadi produsen wol terkemuka di dunia yang secara teratur memasok hampir sepertiga dari total global — meskipun jatuhnya harga dunia yang menyebabkan produksi turun tajam selama 1990-an.

Secara bersamaan, ada penurunan tajam dalam proporsi peternakan domba dari total pendapatan pertanian. Australia juga memiliki reputasi sebagai salah satu penghasil daging sapi terbaik di dunia. Sapi Australia memiliki banyak ruang untuk merumput dan sering kali diberi pakan biji-bijian sesudahnya untuk memastikan daging yang paling empuk dan enak.

Carilah jenis yang spesial, seperti Black Angus: Wagyu Australia dengan marble lemak yang istimewa. Sedangkan untuk daging domba, banyak produsen terbaik berasal dari kawasan selatan yang lebih sejuk dan dagingnya terbaik di musim semi.

Daging kanguru yang ditangkap dari alam bebas dan berkelanjutan, adalah daging yang sehat, rendah lemak, dan rasa yang sangat ringan, selalu tersedia sepanjang tahun. Anda dapat membelinya dari supermarket dalam bentuk steak untuk dimasak di rumah, di kafe dalam bentuk burger gourmet, atau disajikan secara elegan di restoran mewah.

Sebaliknya, biji-bijian Australia dan gabungan biji-bijian dan produksi ternak tetap stabil pada sekitar dua perlima dari omset pertanian. Selama awal 1950-an, produksi pertanian menyumbang antara seperenam dan seperlima dari produk domestik bruto (PDB), tetapi pada awal abad ke-21 proporsi itu telah menurun menjadi kurang dari 5 persen.

Sebagian besar penurunan itu disebabkan untuk mengatur kembali prioritas ekonomi; beberapa di antaranya, bagaimanapun, adalah hasil dari meningkatnya persaingan dari produsen Eropa dan Amerika Utara yang mengambil keuntungan dari subsidi dan program peningkatan.

4. Kuliner

Masyarakat Australia tidak secara spesifik memiliki kuliner tertentu, tetapi saat ini yang sedang berkembang adalah budaya kafe dan brunch. Tanyakan kepada orang Australia bagaimana mereka menghabiskan akhir pekannya. Kemungkinan besar mereka menghabiskan setidaknya sebagiannya di kafe bersama jam selama beberapa jam atau bersama keluarga untuk menyantap brunch.

Kafe-kafe berkonsep di tempat terbuka menjamur, dari pusat kota hingga ke kota-kota terkecil, dan biasanya santai tentang aturan dan waktunya. Ingin burger buatan rumah untuk sarapan pukul 8 pagi? Boleh. Bubur lezat seperti bubur beras ala Tiongkok dengan semua pelengkapnya di pukul 10 pagi? Tidak masalah. Setumpuk tinggi panekuk dengan saus beri dan cokelat pukul 3 sore? Bisa juga.

"Penduduk asli Australia telah hidup dari makanan ala hutan semak selama beribu-ribu tahun dan chef masa kini menyoroti bahan asli setempat bukan hanya karena keunikannya tetapi karena rasanya yang sangat enak," kata Chef selebritas Australia, Curtis Stone dikutip dari website resmi Australia.com, Jumat 14 Oktober 2022.

 

4 dari 4 halaman

5. Satwa Khas

Australia terkenal dengan satwa khasnya, yaitu koala dan kanguru. Namun, ada satwa lain yang juga terbilang unik, yaitu quokka Rottnest Island yang menggemaskan sebagai hewan-hewan berbulu paling fotogenik di negara ini. Pengunjung akan senang memotret mamalia berkantung yang ramah ini, lantaran mereka sering terlihat seperti sedang tersenyum. Namun, pastikan untuk menjaga jarak dari quokka dan jangan pernah memberi makan dengan tangan.

Tak kalah lucu dari quokka, koala menjadi satwa Australia yang benar-benar menggemaskan. Anda dapat memergoki mereka ketiduran di puncak-puncak pohon di taman nasional sepanjang timur dan selatan Australia.

Tapi, tidak ada yang seperti di Raymond Island, surganya koala yang bisa ditempuh dalam empat jam perjalanan dari Melbourne. Pulau kecil sepanjang tidak lebih dari 6,5 km (4 mil), merupakan rumah dari lebih dari 250 ekor koala liar yang menempati pulau itu dengan hewan-hewan asli Australia lainnya, seperti kanguru, ekidna, dan wombat.

Australia juga memiliki tempat untuk melihat paus, seperti paus sikat selatan, minke kerdil, paus bungkuk, dan orca ketika mereka melakukan migrasi tahunan di sepanjang pesisir Australia. Para paus biasanya melakukan perjalanan panjang pada akhir musim panas ke wilayah utara menuju perairan hangat. 

Bulan Mei dan November adalah waktu terbaik untuk mengamati paus balin yang melakukan perjalanan menuju perairan bersuhu sedang dan berkembang biak di Australia Selatan dan Victoria. Sementara, paus bungkuk akan pergi ke utara menuju Great Barrier Reef yang terkenal dan Kimberley, sedangkan Orca berkumpul di pesisir selatan Australia Barat.

6.  Destinasi Wisata

Wisata terkenal Australia dengan berbagai objek merupakan pusat budaya ternama Australia yang mengisahkan betapa ragam geografis, suku, dan asal-usul budaya ini telah berpadu dan membentuk cara orang Australia memaknai bangsa. Dengan cakupan wilayah yang sangat luas salah satunya Anda harus pergi ke tempat-tempat ikonis.

Salah satunya jika melakukan perjalanan ke Sydney kunjungi bangunan terkenalnya, Sydney Opera House. habiskan waktu di sini dengan sekadar berfoto atau memesan pengalaman eksklusif Opera Australia: Star at the Sydney Opera House Anda. Keseruan diawali dengan mengepas kostum dua hari sebelum tampil, dan berpuncak pada saat memasuki pintu panggung Sydney Opera House dalam peran sekali seumur hidup bersama paduan suara Opera Australia.

Kemudian, kunjungi Port Arthur Historic Site yang terbilang unik sebagai pemukiman narapidana yang paling terjaga keasliannya di Australia, dan salah satu situs era narapidana terpenting di dunia. Jalani dan rasakan kehidupan beberapa orang ternama di Port Arthur dengan pengalaman The Wheel of Fate.

Anda bisa mendapatkan kesempatan eksklusif melihat tempat mereka bekerja, tidur, dan makan dengan berada di balik jeruji untuk menjelajahi kehidupan abad ke-19 dalam pemukiman penjara yang terkenal ini. Sesudahnya, Anda dapat mencicipi hasil bumi terbaik Tasman Peninsula dalam makan malam yang disiapkan oleh kepala chef Port Arthur Historic Site di situs warisan dunia ini.

Deretan museum di berbagai kota besarnya juga menarik, misalnya Australia National Maritime Museum yang terletak di Sydney. Untuk wisata sejarah, kunjungi juga Australian War Memorial di Canberra. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.