Sukses

Pangeran Philip Diceritakan Berselingkuh di Serial Netflix Terbaru, Publik Inggris Murka

Warga Inggris menuding Netflix mengabaikan perasaan orang-orang dengan tetap menayangkan kisah perselingkuhan Pangeran Philip dengan seorang sahabat keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Publik Inggris murka. Hal itu dipancing oleh cerita soal Pangeran Philip di serial terbaru The Crown yang tayang di Netflix. Diceritakan bahwa suami Ratu Elizabeth II itu terlihat perselingkuhan dengan Penny Knatchbull yang aslinya adalah sahabat keluarga Kerajaan Inggris.

Serial itu akan menampilkan adegan intim antara Pangeran Philip yang diperankan oleh Jonathan Pryce (75) dengan Knatchbull yang diperankan oleh Natascha McElhone. Adegan itu seolah menambah luka ke warga Inggris yang belum sepenuhnya pulih atas kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022.

"Itu sampah yang kejam," kata mantan sekretaris media Ratu Elizabeth, Dickie Arbiter, dikutip dari The Sun, Senin (10/10/2022).

Adegan intim itu akan memperlihatkan Pangeran Philip yang meninggal 18 bulan lalu berjabat tangan sembari berbincang tentang kondisi pernikahannya kepada Penny yang kini bergelar Countess Mounbatten of Burma.

"Ini muncul hanya beberapa minggu setelah negara ini membaringkan Yang Mulia di samping Pangeran Philip. Ini sangat tidak menyenangkan dan, sejujurnya, sampah yang kejam," kata Arbiter.

"Kenyataannya adalah Penny merupakan sahabat lama seluruh keluarga. Netflix sama sekali tak mempertimbangkan perasaan orang-orang," sambungnya.

Netflix sebelumnya disebut akan menunda perilisan seri kelima The Crown karena kematian Ratu Elizabeth II. Nyatanya, acara itu akan tetap ditayangkan pada 9 November 2022, seperti rencana semula. 

Pendapat yang sama juga dilontarkan editor majalah Magazine, Ingrid Seward. Ia menyebut serial itu benar-benar berselera buruk. "Ini fiksi. Tidak mungkin dia membahas pernikahannya dengan siapapun. Kerajaan mungkin tidak akan menontonnya untuk kewarasan mereka sendiri."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Penny

Dalam kehidupan asli, Pangeran Philip berteman akrab dengan Penny, terutama setelah 1991 ketika putri Penny, Leonora yang masih berusia 5 tahun meninggal akibat kanker ginjal. Keakraban keduanya sempat tertangkap kamera saat Pangeran Philip mengendarai kereta kuda, beberapa waktu lalu.

Penny sempat menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip. Dikutip dari Wikipedia, perempuan bernama asli Penelope Meredith Mary Eastwood itu merupakan putri satu-satunya dari Regunald Eastwood, pendiri restoran Angus Steakhous. Ia besar di Swiss, dan lulus dan London School of Economic pada 1976.

The Crown sejak awal menuai sensasi dengan menggambarkan sosok-sosok Kerajaan Inggris secara salah. Pangeran Philip salah satu korbannya. Ia digambarkan sebagai penggoda dalam episode The Crown sebelumnya. Serial itu sebelumnya sudah menyinggung soal keretakan perkawinan Charles dan Andrew, serta wawancara Panorama Diana.

Putri Diana akan tampil lagi dalam serial mega hit The Crown di musim kelima. Dilansir dari Variety, serial ini akan dirilis pada 9 November 2022, lima hari sebelum ulang tahun Raja Charles III.

3 dari 4 halaman

Bersatu di Windsor

Sebelumnya, prosesi pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin, 19 September 2022, menjadi pemakaman kenegaraan pertama yang berlangsung selama lebih dari setengah abad. Ini juga pemakaman kerajaan pertama yang diadakan di Westminster Abbey sejak Raja George II dibaringkan di sana pada 1760.

Setelah kebaktian, yang dimulai pada pukul 11.00 pagi waktu setempat, Yang Mulia Ratu melakukan perjalanan terakhirnya ke The King George VI Memorial Chapel, bagian dari Kapel St George di dalam pekarangan Kastil Windsor, di mana dia akan disemayamkan.

Mendiang Pangeran Philip, suami Ratu selama 73 tahun, juga akan dipindahkan ke sana dari tempat peristirahatannya saat ini di Royal Vault. Pangeran Philip untuk sementara waktu disemayamkan di Vault, yang terletak di bawah Kapel St George, selama pemakamannya pada 17 April 2021 - tetapi akan dipindahkan sehingga ia dan Ratu dapat dimakamkan bersama.

Royal Vault yang jarang dikunjungi dibangun antara 1804 dan 1810 untuk Raja George III, yang meninggal pada 1820 dan menjadi salah satu dari tiga Raja yang dimakamkan di sana. Selama bertahun-tahun, ruang pemakaman juga telah menampung jenazah anggota Keluarga Kerajaan lainnya, termasuk istri Raja George III, Ratu Charlotte dan putri mereka Putri Amelia; Putri Charlotte, putri Raja George I, dan Duke of Kent, ayah Ratu Victoria.

4 dari 4 halaman

Nisan Ratu Elizabeth II

Beberapa hari setelah dikebumikan, pihak Istana Buckingham mempublikasi sebuah foto makam Ratu Rlizabeth II di kapel Kerajaan, Windsdor untuk pertama kalinya pada Sabtu, 24 September 2022. Di batu nisan Ratu, tertulis nama Ratu Elizabeth II berikut nama orangtuanya dan nama suaminya, Pangeran Philip. 

Melansir Page Six, 24 September 2022, batu nisan itu terbuat dari marmer hitam Belgia. Kuburan Ratu Elizabeth berlokasi di King George VI Memorial Chapel, tempat ayah sang ratu yaitu Raja George VI, dikebumikan. Tempat itu disahkan sendiri oleh Ratu Elizabeth II pada 1962 sebagai tempat pemakaman ayahnya.

Tulisan di batu nisan atau makam Ratu Elizabeth II dibuat dari kuningan. Tulisannya di atasnya berbunyi ‘George VI 1895-1952/Elizabeth 1900-2002, lalu diikuti tulisan Elizabeth II 1926 – 2022/Philip 1921-2021’ Adik Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, juga dimakamkan di kapel yang sama, yang persisnya berada di Kastil Windsdor, wilayah barat London.

Kapel King George VI Memorial Chapel, merupakan tempat yang bersejarah bagi keluarga Kerajaan Inggris.  Kapel itu kerap digunakan untuk kepentingan peribadahan seperti pernikahan hingga pembaptisan keluarga kerajaan Inggris. Pangeran Harry dan Meghan Markle juga melangsungkan pernikahnya di Kapel St George.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.