Sukses

Cari Perhatian, Calon Karyawan Cetak Resume di Kue untuk Melamar Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja cara calon karyawan menarik perhatian perusahaan yang diincarnya. Seorang perempuan menjadi viral di jagat maya karena menghadirkan cara manis nan menarik untuk melamar kerja.

Dikutip dari People, Selasa, 27 September 2022, perempuan bernama Karly Pavlinac Blackburn baru-baru ini mengirim resume lamaran kerjanya ke Nike dalam bentuk kue. Cerita ini dibagikannya melalui unggahan di akun LinkedIn pribadinya.

Perempuan asal North Carolina tersebut menyampaikan di halaman LinkedIn bahwa ia tengah mencari pekerjaan di bidang pemasaran produk, pengelolaan merek, atau pemasaran pertumbuhan. Setelah mengetahui bahwa Nike mengadakan perayaan untuk Hari JDI (Just Do It), ia mulai bertukar pikiran tentang cara mendapatkan kue yang dapat dimakan dengan resumenya.

Kue tersebut lalu dikirim dari North Carolina ke markas Nike di Beaverton, Oregon. Blackburn akhirnya mendapatkan bantuan dari sopir pengiriman Instacart, Denise Baldwin. "Saya berbicara dengan Denise di telepon dan dia berkata kepada saya, 'Karly, saya tahu ini penting bagi Anda, dan saya akan melakukan apa pun untuk membawa kue ini ke tempat yang seharusnya,'" tulis Blackburn dalam unggahannya.

"Ketika Denise diminta untuk meninggalkan kue di atas meja di front desk, dia berkata, 'tidak, saya perlu melihat kue ini ada di tangan mereka. Saya berjanji kepada Karly bahwa saya akan memberikan kue ini kepada orang yang tepat,'" kata Blackburn. "Denise menjelajahi Nike, sambil menggendong anak yang sedang tidur di satu tangan dan kue di tangan lainnya."

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Menginspirasi

Setelah tugas selesai, Blackburn mengetahui bahwa tekad dan kreativitasnya memotivasi perempuan yang membantunya. "Terlepas dari apakah saya mendapatkan pekerjaan di Nike, hal terbaik untuk didengar hari itu adalah Denise berkata, 'Kamu telah menginspirasi saya. Ini memang seharusnya. Saya tahu saya memiliki lebih banyak kemampuan dan kualifikasi untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik.' Saya sangat senang ini berhasil untuk kita berdua," kata Blackburn.

Perempuan berusia 27 tahun itu melanjutkan kue hari itu menginspirasi satu orang dan mungkin unggahan tersebut akan lebih menginspirasi. "Membantu orang menyadari potensi mereka adalah apa yang saya suka lakukan. Pada akhirnya ini bukan tentang kue sama sekali. Ini tentang membuat sesuatu terjadi dan mengambil kesempatan di kebiasaan. Denise melakukannya," tambah Blackburn.

"Dia melakukan apa pun untuk membantuku membawakan kue itu ke Nike. Dan itulah yang saya lakukan. Inilah mengapa saya berbeda dari lainnya," lanjut Karly Pavlinac Blackburn.

 

3 dari 4 halaman

Tuai Pujian

Unggahannya itu sukses curi perhatian dengan dikomentari lebih dari 4.400 kali dan dibagikan lebih dari 3.000 kali. Beragam tanggapan positif pun membanjiri kolom komentar.

"Unggahan ini membuat saya berkaca-kaca. Ini adalah kisah inspiratif tentang tekad yang kuat, kolaborasi, dan kekuatan semangat manusia," tulis seorang warganet. "Ketika Anda memegang visi dan Anda terus melakukannya, apa pun yang terjadi, potongan-potongan itu jatuh ke tempatnya sebagaimana mestinya."

"Aku suka ini!" lanjut warganet lainnya. "Terima kasih telah berbagi dan ide yang sangat kreatif!"

Upaya Blackburn telah membuahkan hasil. Ia telah terhubung dengan seorang pihak di Nike, menurut Today.

"Saya ada beberapa pertemuan minggu depan, jadi itu menarik," katanya. "Sekarang ini telah terjadi, ada banyak perusahaan yang terlibat dalam prosesnya. Jadi saya hanya mencoba mencari tahu di mana saya cocok, dan perusahaan yang memiliki misi yang baik dan melakukan sesuatu yang hebat tidak hanya dalam produk mereka, tetapi untuk orang lain."

4 dari 4 halaman

Cerita Baldwin

Blackburn menjelaskan kepada Today, mengenai  Baldwin memutuskan untuk membawa kue ke tangan yang tepat. Ibu tunggal dari tiga anak berjalan melalui properti seluas 300 hektare milik Nike Headquarter.

Baldwin hanya memiliki nama orang yang Blackburn butuhkan untuk mencapai pengiriman, tetapi tidak ada yang tahu lokasi pasti orang itu. Menurut Complex, kampus ini memiliki lebih dari 75 gedung.

Dengan bantuan keamanan, Baldwin akhirnya memusatkan perhatian pada tujuan yang tepat dan harus melakukan pengantaran terakhir. Baldwin mengatakan kepada Today bahwa memastikan pengiriman dilakukan dengan hati-hati dan perhatian sangat penting.

Lagi pula, dia tahu bagaimana rasanya menjadi perempuan dengan ambisi karier. Dia bangga dengan pekerjaannya tetapi telah memutuskan untuk memasuki karier baru.

"Begitulah cara saya bekerja Instacart saya. Seperti setiap pesanan yang saya ambil, saya menerimanya seolah-olah saya sedang meletakkan bahan makanan di rumah saya atau membawa barang ke tempat saya atau anggota keluarga yang membutuhkan bantuan," jelasnya. "Saya mempertimbangkan setiap pesanan dan memastikan saya melakukan yang terbaik dengan setiap pesanan. Jadi saya memiliki hampir lima bintang anggota Gold, jadi saya bangga akan hal itu, mengetahui bahwa pelanggan saya senang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.