Sukses

Kantong Berisi Udara dari Konser Billie Eilish di Singapura Dijual Rp159 Juta

Kantong udara ini ditujukan pada penggemar berat atau penonton konser Billie Eilish yang kesal.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Amerika Serikat (AS), Billie Eilish, menyelesaikan rangkaian konser bertajuk "Happier than Ever, The World Tour" di Singapore National Stadium, Singapura, pada 21 Agustus 2022. Pada hari-hari setelahnya, acara tersebut disebut meninggalkan "banyak hal yang diinginkan."

Bagi beberapa penonton konser, tempat duduk mereka sangat jauh, sehingga hampir tidak bisa melihat apapun, apalagi mendapatkan foto pelantun Therefore I Am tersebut dengan bagus. Seorang peserta konser bahkan pingsan, mendorong Eilish untuk memanggil pertugas keamanan.

Kini, penonton konser dengan pengalaman kurang memuaskan punya kesempatan lain untuk "lebih dekat" dengan Eilish, melansir Mothership, Senin (29/8/2022). Pasalnya, seorang pengguna Carousell Singapura, sebuah pasar komunitas online, @rev1on, telah mendaftarkan "Billie Eilish's air" untuk dijual.

Dari foto-foto produk, "udara" itu tampaknya diambil dengan kantong plastik, jenis yang digunakan untuk menampung kopi atau teh.  Untuk setiap penggemar berat atau penonton konser yang kesal, pengguna memastikan bahwa produk "akan disimpan dalam wadah kedap udara untuk mencegah kebocoran saat pengiriman."

Alat yang digunakan untuk menjamin ini adalah wadah plastik silinder. Demi membuktikan keaslian produk, pengguna bahkan menyertakan foto close-up Billie Eilish di atas panggung. Kantong udara itu bisa dibawa pulang dengan membayar uang senilai 15 ribu dolar Singapura (sekitar Rp159 juta), 50 kali lebih mahal daripada tiket berdiri prioritas CAT 1 untuk konser Billie Eilish di Negeri Singa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kentut Billie Eilish

Sementara beberapa orang hampir tidak bisa melihat Billie Eilish, pengguna menulis dalam deskripsi produk, "Saya berdiri di paling depan dan berhasil memasukkan udara ke dalam plastik ketika ia berteriak sekencang-kencangnya selama konser! Bagi yang ketinggalan konser, Anda bisa membeli ini!! Udara yang sangat langka!!"

Daftar barang itu diunggah pada 23 Agustus 2022. Selain itu, Mothership juga menemukan "alternatif udara dari konser Eilish yang lebih murah." "Hanya saja ditangkap dari lubang berbeda," publikasi itu mencatat.

Pengguna Carousell Singapura @chriu6 mencantumkan kentut Eilish untuk dijual seharga 25 dolar Singapura (sekitar Rp266 ribu). Produk, yang terdaftar pada 24 Agustus 2022, dilengkapi dengan deskripsi, "Saya berdiri tepat di bawahnya ketika saya mendengar 'poot' saya segera meraih botol air dasani 600 ml saya (saya telah membawanya khusus untuk ini), membuka tutupnya, dan menghirup aroma lezat dengan lembut ke dalam botol."

"Aroma perut kembung Billie Eilish terlokalisasi dalam unit penahanan portabel," ia mengklaim. Pengguna juga memperingatkan pembeli untuk menangani produk dengan hati-hati karena "sekali dibuka dianggap terjual."

3 dari 4 halaman

Barang Lainnya

Ini bukan kali pertama barang tidak biasa dijual di Carousell Singapura. Tahun lalu, orang-orang di Carousell menjual kemasan dan saus dari set BTS Meal seharga sampai 500 dolar Singapura (Rp5,4 juta). Ini muncul di tengah fakta penggemar di Singapura mesti menunggu lebih lama karena peluncuran BTS Meal di sana ditunda akibat langkah-langkah pengetatan pencegahan COVID-19.

Seperti diketahui, menu kombo ini digambarkan terinspirasi "resep populer dari McDonald's Korea Selatan," dan hadir dengan kemasan edisi terbatas, serta saus Cajun dan Sweet Chilli yang membuatnya unik. Berbeda dengan warna merah dan kuning yang biasa digunakan McDonald's, BTS Meal hadir dalam kemasan ungu untuk kolaborasi spesial ini.

Satu penjual di situs jual-beli barang baru maupun bekas itu menawarkan satu set kemasan BTS Meal seharga 40 dolar Singapura (Rp431 ribu), dan dua set senilai 70 dolar Singapura (Rp755 ribu). Penjual ini juga mengklaim bahwa kemasannya langsung dari Korea, yang mana BTS Meal telah rilis di sana sejak 27 Mei 2021.

 

4 dari 4 halaman

Penolakan pada Harga yang Memeras

Sementara, penjual lain menjual kantong kertas BTS Meal seharga 20 dolar Singapura (Rp216 ribu). Kemudian, ada juga yang menjual menjual saus Cajun dan Sweet Chili dari kombo tersebut seharga 500 dolar Singapura (Rp5,4 juta).

Menanggapi penjualan item BTS Meal, Carousell mengimbau untuk tidak mematok "harga yang memeras" dalam sebuah unggahan Instagram. Pihaknya menuliskan, "Kami mendukung BTS dan harga yang wajar. PS: menghitung mundur sampai 21 Juni juga."

Pemandangan berbeda justru terlihat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Bungkus BTS Meal yang jadi barang buruan bagi ARMY, sebutan penggemar BTS, malah ditinggalkan dan dibuang ke kotak sampah setelah makan di tempat.

"Orang Dubai not fanboi BTS meal," tulis akun TikTok Surawongse di unggahan videonya, Juni tahun lalu. Di Dubai, pembeli memang bisa menikmati BTS Meal langsung di gerai McDonald's. Pengguna TikTok itu juga memperlihatkan bagaimana kemasan BTS Meal dibiarkan begitu saja di meja-meja gerai rantai makanan cepat saji itu setelah dimakan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.