Sukses

6 Fakta Konser HUT ke-10 JKT48 dan Prosesi Kelulusan Gaby

Liputan6.com, Jakarta - JKT48 merayakan hari jadi dengan menyelenggarakan konser HUT ke-10 yang mengusung tajuk "Heaven" yang didukung Anteraja sebagai sponsor utama. Konser tersebut dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

Tak hanya memeriahkan HUT ke-10, konser JKT48 ini juga turut menjadi momentum upacara kelulusan salah seorang anggota, yakni Gaby. Ada beberapa fakta menarik terkait konser yang disebut sebagai salah satu konser termegah yang digelar JKT48 ini.

Apa saja faktanya? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (7/8/2022).

1. Tiket terjual

Sebanyak 4.000 tiket offline terjual dalam waktu kurang dari 20 menit. Sementara, tiket online konser HUT ke-10 JKT48 terjual lebih dari 8.000 tiket.

2. Makna dari tema

Bagian pertama konser menyuguhkan perayaan hari jadi ke-10 JKT48 bertema "Heaven". Tema tersebut dapat diartikan bahwa grup idola asal Indonesia ini berusaha menghadirkan situasi yang dapat membahagiaan seluruh penggemar yang menyaksikan secara langsung juga yang menonton melalui layanan live streaming.

3. Penampilan generasi 1--9

Pada bagian pertama konser, penggemar disuguhkan penampilan dari eks-anggota dari generasi pertama hingga sembilan JKT48 dengan total 122 anggota. Mereka mempersembahkan lagu bertajuk "Heavy Rotation" dan "Aitakatta". Selain itu, dibawakan pula lagu per generasi yang sukses memukau penggemar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

4. JKT48 New Era

Ada pula aksi panggung JKT48 New Era dalam konser HUT ke-10 sister group internasional pertama dari grup idola Jepang AKB48 tersebut. Pertunjukan ini menampilkan wajah baru yang belum pernah dihadirkan secara langsung sebelumnya pada para penggemar.

Aksi New Era tersebut turut membuktikan bahwa JKT48 serius dalam upaya menjadi lebih baik. Selain sebagai idol, JKT48 juga ingin menjadi entertainer sejati.

JKT48 juga menyampaikan setelah ini mereka ingin terus meraih mimpi yang lebih besar lagi. Salah satu impian itu adalah menggelar konser yang bertempat di Gelora Bung Karno, Jakarta hingga go internasional yang diperjelas dengan kehadiran lagu baru yang mendukung pernyataan mereka, yakni "Yume Wo Shinaseru Wake ni Ikanai" yang artinya "Kita Tak Akan Biarkan Mimpi itu Mati".

5. Audisi Generasi 11

JKT48 juga mengumumkan akan mengadakan audisi untuk anggota generasi 11. Adapun audisi tersebut akan dilakukan secepatnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

6. Kelulusan Gaby

Di bagian kedua konser HUT ke-10 JKT48 diselenggarakan prosesi kelulusan Gabriela Margareth atau yang akrab disapa Gaby. Ia merupakan anggota generasi pertama JKT48 yang telah ada di dalam grup lebih dari satu dekade.

Melalui konser ini, Gaby mengungkapkan perasaan hatu dan rasa syukurnya karena telah menjadi sosok yang ambil bagian dalam membangun JKT48. Gaby juga berharap bahwa JKT48 akan terus hadir dan bisa memberikan energi positif pada siapapun.

Sementara, dikutip dari laman resmi JKT48, Minggu (7/8/2022), selain prosesi kelulusan Gaby, pihak JKT48 juga mengumumkan mengenai pertunjukan terakhir untuk mengantarkan kelulusan Gaby di teater JKT48. Acara ini akan digelar pada Minggu, 14 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB.

Shownya yakni Aturan Anti Cinta (Renai Kinshi Jourei) dengan harga tiket Rp30 ribu (tiket.com live streaming) dan Rp200 ribu bagi yang menonton langsung di JKT48 Theater, khusus OFC. Mengenai graduation 2-shot akan diumumkan lebih lanjut.

"Mari saksikan dengan hangat momen-momen terakhir Gaby di JKT48. Mohon dukungannya selalu untuk Gaby dan JKT48. JKT48 Operation Team," tutup keterangan itu.

4 dari 4 halaman

Surat Kelulusan Gaby

Melalui unggahan di akun Twitter-nya, Gaby membagikan surat kelulusannya dari JKT48 pada Minggu (7/8/2022), di awal surat, ia mengajak untuk bertepuk tangan dengan tujuan mengungkapkan rasa bangga pada JKT48.

Gaby juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-10 untuk JKT48. Grup ini disebutnya sebagai tempat bertemu, belajar, mendapatkan energi positif terbaiknya hingga kini. Ia berterima kasih kepada JKT48 karena telah memberi energi positif itu ketika dunia luar begitu berat dan membuat sedih.

"Terima kasih telah datang ataupun menyaksikan konser perayaan ulang tahun JKT48 yang ke 10 dan upacara kelulusanku. Jujur kalau ditanya apa perasaanku sekarang, rasanya campur aduk. Aku sedih karena ini adalah konser terakhir aku di JKT48, tapi di sisi lain aku juga bahagia karena akhirnya penantianku untuk bisa konser offline setelah pandemi dan bisa bertemu dengan teman-teman se-generasiku semua terkabul di hari ini," tulisnya.

Gaby juga berbagi sepenggal momen yang dilalu selama satu dekade di grup ini. Ia menyebut tak menyesal menghabiskan masa mudanya sebagai Gaby JKT48.

"Dedikasi, ketulusan, kesabaran, kerja keras, tanggung jawab, cinta, pengorbanan dan kebersamaan adalah pelajaran berharga yang aku dapat dari JKT48 dan bisa aku jadikan bekal untuk aku bawa di luar JKT48," lanjutnya.

Ia pun menyatakan diri lulus dari JKT48 dengan perasaan lega karena grup ini mulai bangkit kembali. Gaby juga menuliskan deretan harapan terbaiknya bagu grup yang telah membesarkan namanya tersebut.

Tak lupa ia berterima kasih kepada banyak pihak yang telah mendukungnya selama ini. "Sekian dulu surat dariku, sebenarnya masih banyak yang ingin kusampaikan tapi tidak bisa semuanya di surat ini dan mungkin akan aku lanjutkan di pertunjukan teater terakhirku nanti. From last pioneer of first generation, Gaby," tutupnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS