Sukses

Deretan Inovasi Fesyen Ramah Lingkungan di Koleksi Fall/Winter 2022 UNIQLO

Liputan6.com, Jakarta - Menambah daftar panjang inisiatif fesyen ramah lingkungan, UNIQLO merilis koleksi Fall/Winter 2022-nya. Bertajuk "Today’s Classics," koleksi ini memadukan produk-produk klasik yang sudah lama ada dengan perkembangan teknologi keberlanjutan merek tersebut.

Jadi, selain mempertahankan tampilan autentik, mereka juga menciptakan busana klasik yang dapat terus dipakai di masa mendatang dengan setiap helai pakaian mengandung nilai-nilai keberlanjutan. "Karena itu, produknya dibuat durable," kata Marketing Director and EC Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia, Daniel Pieter Sumual, saat peluncuran koleksi tersebut di bilangan Jakarta Selatan, Kamis, 4 Agustus 2022.

Artikelnya termasuk jaket yang lebih hangat, namun diformulasi lebih ringan; mantel anti air; serta busana rajut yang diproduksi menggunakan teknologi WHOLEGARMENT,  merek dagang terdaftar dari SHIMA SEIKI MFG., LTD. Ada juga produk denim yang membutuhkan lebih sedikit air.

"Teknologi laser yang dipakai untuk menciptakan visual washed jeans yang membuat produk denim jadi membutuhkan lebih sedikit air (dalam proses produksi)," PR UNIQLO Indonesia, Yulia Rachmawati, menyebutkan. Penghematan air, yang bisa mencapai 99 persen, disebut bisa berbeda antar produk.

Mereka juga merilis jaket terbuat dari bulu angsa menggunakan teknologi daur ulang. Juga, fleece yang dipintal dari botol plastik. Rasio penggunaan bahan poliester daur ulang yang sebelumnya 30 persen di koleksi Fall/Winter 2021 telah ditingkatkan jadi 100 persen dalam koleksi teranyar.

Mulai musim ini, UNIQLO juga mengumpulkan bahan akhir yang tersisa dari proses produksi di pabrik, serta memanfaatkan jaring ikan bekas untuk membuat bahan nylon daur ulang yang digunakan sebagai bahan baku pada bagian luar dan lining produk bulu angsa. Lalu, sekitar 20 produk dalam lini wanita kini terbuat dari viscose yang bersumber dari hutan konservasi bersertifikat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dirilis Secara Berkala

Daniel mengatakan, "Ketika mendengar kata klasik, yang muncul di benak adalah barang-barang kesayangan yang sudah lama dimiliki, tapi masih cocok digunakan sampai kapan pun, dan itulah yang mendasari UNIQLO untuk merilis koleksi Fall/Winter kali ini."

Tidak kurang dari 450 busana akan dirilis secara berkala sampai akhir tahun dalam koleksi ini. Mode berpalet earth tone memang masih mendominasi, namun Anda juga akan mendapati item berwarna lebih cerah, seperti hijau. Ini salah satunya hadir dalam koleksi bawahan.

Sementara itu, mereka juga memperluas koleksi pakaian luar untuk mencakup beragam gaya hidup dan suasana berbeda, dari shirt jacket praktis hingga mantel wol yang chic. Selain, busana berbahan bulu angsa hangat hingga katun lembut juga bisa dipilih sesuai gaya pribadi.

Di koleksi pakaian wanita, Blocktech Parka dengan fungsionalitas penahan hujan dan angin masih jadi salah satu jagoan. Ada pula Ultra Light Down Shiny Puffer Jacket. Ini merupakan jaket pendek berbahan mengilap yang memberi visual nan modis. Siluet boxy pada jaket ini sangat cocok dipadukan dengan bawahan high-waisted.

Lalu, Utility Jacket di koleksi pria ini memiliki finishing washed work-style. Sementara Blouson Jaket hadir sebagai standar kasual Amerika yang didesain dengan gaya puffy yang sedang tren. Selain sangat ringan, jaket ini memiliki fungsionalitas anti-air.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Teknologi Rajutan Terbaru

Musim ini, teknologi rajutan terbaru juga telah digunakan, baik untuk menyempurnakan siluet maupun meningkatkan kenyamanan. Variasi kain rajutan dan ragam pilihan warna disebut akan memberi tampilan unik.

Souffle yarn yang populer karena teksturnya yang lembut dan halus kini dapat ditemukan dalam lini mantel dan kardigan dalam koleksi musim ini. Sweater dengan desain Fair Isle juga ditampilkan dalam lini MENS.

Sejumlah busana baru meramaikan lini wanita untuk musim ini, seperti cardigan ribbed short. Tekstur halus terlihat menonjol dalam desain sederhana ini dapat dikenakan dalam berbagai kombinasi.

Tidak ketinggalan, ada Gauge Knit dengan desain dan pola tradisional dalam seri ini, seperti cable crew sweater dan Fair Isle sweater, sangat cocok saat dipadukan dengan tekstur yang sederhana.

Musim ini, UNIQLO berfokus pada celana panjang lebar yang modis. Terdapat berbagai variasi dan gaya yang bisa dipilih, dari celana panjang lipit, hingga baggy jeans longgar yang kasual.

4 dari 4 halaman

SPORT UTILITY WEAR sampai Instalasi

Terdapat pula SPORT UTILITY WEAR. Ini merupakan lini pakaian olahraga untuk gaya hidup masa kini yang bervariasi dan terus berubah. Desainnya dibuat dengan dukungan fungsionalitas yang diperlukan untuk berbagai situasi, seperti olahraga, aktivitas luar ruangan, maupun kegiatan sehari-hari.

Sederhana dan fungsional, lini pakaian kasual ini sangat ideal untuk melengkapi gaya atau sebagai aksen layering. Pilihannya terdiri dari DRY Sweat Cropped Full Zip Parka & Pleated Tapered Pants, DRY Sweat Relax Crew Neck Shirt Sweatshir, dan HEATTECH Warm Easy Pants untuk koleksi busana wanita.

Sementara dalam kategori MENS, ada Windproof Outer Fleece Parka, yakni parka berdesain rapi dengan garis pinggang di bagian luar dan jahitan di bagian dalam. Juga, Jacket dan Stretch DRY Sweat Pull Parka & Pants. Dengan tekstur halus, dan siluet elegan, kedua item ini dapat dipadukan untuk beraneka ragam situasi, dari berolahraga hingga aktivitas sehari-hari.

Anda bisa melihat preview koleksi lengkap Fall/Winter 2022 UNIQLO melalui instalasi di UNIQLO Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, sampai akhir tahun nanti, selain juga bisa mengakses situs web mereka.