Sukses

Insiden Langka, Seorang Wanita Digigit Hiu Biru Saat Snorkeling

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita dilaporkan digigit hiu saat snorkeling di lepas pantai Cornwall, Inggris. Snorkeler itu diketahui berada di perairan dekat pelabuhan di Penzance ketika hewan tersebut diduga menyerang pada 28 Juli 2022, lapor The Sun, seperti dilansir Rabu (3/8/2022).

Ia menderita cedera kaki dan dirawat petugas medis di tempat kejadian sekitar pukul 12.30, waktu setempat. Media lokal mencatat bahwa wanita itu sedang melakukan perjalanan wisata untuk melihat hiu biru saat insiden itu terjadi.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu telah berbicara tentang serangan tersebut melalui perusahaan eksplorasi hiu. Dia berkata, "Saya hanya ingin mengatakan bahwa, terlepas dari bagaimana perjalanan berakhir, sungguh menakjubkan untuk melihat makhluk agung seperti itu di alam liar dan saya tidak ingin kejadian aneh ini menodai reputasi spesies yang sudah teraniaya."

"Saya ingin berterima kasih pada semua orang atas tindakan mereka yang luar biasa," ia menambahkan. "Insiden yang sangat menakutkan ini jadi lebih mudah (dilalui) dengan kebaikan dan ketenangan orang-orang di sekitar saya."

"Terima kasih pada tim perjalanan karena telah membawa saya kembali ke pantai dengan cepat dan hati-hati dan membuat saya merasa seaman mungkin. Kita semua mengambil risiko ini ketika memasuki habitat pemangsa dan kita tidak pernah bisa sepenuhnya memprediksi tindakan hewan liar," tuturnya.

Perusahaan perjalanan, Blue Shark Snorkel Trips, mengatakan, "Kami ingin membuat semua orang sadar bahwa kami telah mengalami insiden. Kejadian ini sangat jarang dan dapat dengan mudah disalahpahami, sehingga kami ingin ini ditangani dengan bijaksana."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rencana Tanggap Darurat

Pihak perusahaan mengingatkan bahwa banyak yang tidak terprediksi bisa terjadi ketika berinteraksi dengan hewan liar di lingkungan mereka sendiri. "Hal terakhir yang kami inginkan adalah membiarkan spekulasi mendorong media ke pers yang buruk untuk hiu, bukan karena kesalahan mereka sendiri."

Pihaknya segera memberlakukan rencana tanggap darurat kami, dengan memberikan pertolongan pertama pada korban. Selanjutnya, mereka mengikuti saran dan penilaian dari penjaga pantai, dengan memberikan perawatan lebih lanjut di darat.

"Kami mencoba memahami mengapa hal itu terjadi dan sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan para ahli hiu," tandasnya.

Seorang juru bicara Badan Maritim dan Penjaga Pantai Inggris mengatakan, "HM Coastguard mengirim Tim Penyelamat Penjaga Pantai Penzance untuk menemui seorang perenang yang diduga menderita gigitan hiu. Penjaga pantai diberitahu sebelum pukul 12.30 pada 28 Juli. Diduga perenang itu mengalami cedera kaki."

"Tim penjaga pantai menemui korban di pelabuhan Penzance untuk membantu memindahkan mereka ke layanan ambulans," mereka menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sangat Jarang

Serangan hiu biru pada manusia "sangat jarang," dengan 25 kasus tercatat di seluruh dunia, menurut British Sea Fishing. Dari jumlah tersebut, hanya empat yang fatal. Spesies yang dapat tumbuh hingga sepanjang 3,9 meter dan berat 181 kilogram ini ditemukan di setiap laut dan samudra, kecuali Kutub Utara.

Mereka sering hadir di perairan Inggris selama musim panas, dan penampakan hiu biru di Ceredigion, Wales, pada 2012, membuat pantai New Quay ditutup untuk pengunjung selama beberapa jam. Mereka adalah hiu yang paling sering bermigrasi di Bumi, melakukan perjalanan lebih dari sembilan ribu setiap tahun, menurut Shark Trust UK.

Hiu jenis ini memiliki punggung biru metalik yang membuatnya menyatu sempurna dengan lingkungan sekitar, sementara bagian bawah putih terlihat mirip dengan cahaya yang masuk ke permukaan. Mereka juga merupakan hiu yang paling banyak ditangkap di planet ini dan dimakan untuk diambil dagingnya di seluruh dunia.

Hiu Biru dianggap "hampir terancam" karena penangkapan yang berlebihan. Mereka terutama memakan ikan dan cumi-cumi, tetapi akan memakan lobster, udang, dan burung laut.

4 dari 4 halaman

Dugaan Kasus Sebelumnya

Dugaan serangan itu menyusul sejumlah penampakan yang dilaporkan di sepanjang pantai selatan Inggris tahun ini. April lalu, gambar menakjubkan muncul dari apa yang diyakini penduduk setempat di Plymouth, Devon, sebagai hiu yang tidak biasa.

Spesies yang terlihat berenang di halaman marina dari tempat wisata yang sibuk adalah spesies air dangkal yang jarang terlihat di Inggris. Sementara itu foto-foto yang diyakini sebagai hiu putih besar ditangkap pria lokal James Venn, 42, saat berdiri di pantai dekat Goring, Sussex Barat, pada 4 Februari 2022.

Saat itu, Venn mengatakan pada The Brighton Argus, "Saya pergi ke pantai untuk memberi makan burung-burung ketika melihat sesuatu muncul tepat di belakang ombak. Awalnya, saya pikir itu adalah anjing laut, tapi ketika saya melihat foto-foto itu lagi, saya pikir itu tidak terlihat seperti anjing laut."

Venn kemudian mengirim fotonya ke nelayan hiu berpengalaman Graeme Pullen (70) yang mengklaim itu "jelas hiu." Pullen, yang telah menangkap hiu selama 45 tahun bahkan menyarankan bahwa sirip itu mungkin milik "hiu putih yang kecil dan belum dewasa" yang mendekati pantai untuk memakan anjing laut. Klaim itu dibantah para ahli pelabuhan dengan mengatakan "sirip" itu adalah bagian kapal yang lepas.