Sukses

Sosok Sonia Alyssa, Pemeran Ivanna Hantu Tanpa Kepala

Sonia Alyssa memerankan karakter hantu Ivanna Van Dijk di salah satu film Danur Universe, Ivanna.

Liputan6.com, Jakarta - Film Ivanna dapat disaksikan di bioskop kesayangan mulai hari ini, Kamis (14/7/2022). Film ini adalah spin-off film Danur 2: Maddah yang disutradarai oleh Kimo Stamboel dan diproduseri oleh Manoj Punjabi.

Film Ivanna diadaptasi dari cerita Ivanna van Dijk yang ditulis oleh Risa Saraswati pada 2008 lalu. Ivanna digambarkan sebagai sosok hantu perempuan Belanda yang menurut Risa agresif dan tak menyenangkan.

Karakter hantu tanpa kepala ini diperankan oleh aktris bernama Sonia Alyssa. Risa Saraswati juga menjelaskan bahwa kehadiran Ivanna di dekatnya begitu menyiksa batinnya.

"Ivanna adalah salah satu sosok hantu yang lumayan galak yang pernah saya temui, dia juga agresif," kata Risa Saraswati di channel YouTube MD Pictures pada 8 Juli 2022 lalu.

Risa Saraswati melanjutkan kesan pertama bertemu Ivanna tak menyenangkan. "Sangat menyiksa, sih. Kalau buat aku, yang memang cukup penakut sih sebenarnya begitu," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa Ivanna juga membenci manusia dan sosok hantu lain. Salah satu hantu yang yang tak disukainya bernama Elizabeth.

"Jadi dia juga sangat benci sama manusia. Sebenarnya dia ada satu hal yang dia enggak tahu. Terus dia juga benci banget sosok Elizabeth," lanjut Risa soal karakter yang dimainkan oleh Sonia Alyssa tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sonia Alyssa

Pemeran Ivanna, Sonia Alyssa merupakan seorang aktris sekaligus model. Perempuan kelahiran Berlin, 5 Desember 1999 ini menjejakkan karier di dunia hiburan dimulai menjadi model dan finalis Gadis Sampul pada 2015 lalu.

Ivanna bukanlah tajuk film pertama yang ia mainkan. Sejak berkarier, ada sejumlah judul film yang telah ia perankan dan itu bermula dari 2017 saat bermain di film "A: Aku, Benci & Cinta".

Berlanjut Sonia memainkan film "Forever Holiday in Bali" pada 2018. Sedangkan di 2019, ada tiga film yang ia mainkan, yakni "Sunyi", "Malam Jumat The Movie", dan "Mahasiswi Baru". Sedangkan pada 2020, Sonia berperan dalam dua film, yakni "Rasuk 2" dan "Dignitate".

Ia juga membintangi sederet serial web, seperti "Malapataka", "My Lecturer My Husband", "Turn On", "Satu Amin Dua Iman", dan "My Lecturer My Husband Season 2". Begitu pula dengan serial televisi, Sonia ambil bagian dalam serial bertajuk "Nacita", "Gober", "Tukang Ojek Pengkolan", hingga "Ikatan Cinta".

3 dari 4 halaman

Kata Sonia tentang Ivanna

Sonia pertama kali membagikan official trailer Ivanna pada 28 April 2022 lalu melalui akun Instagram pribadinya. Video berdurasi dua menit dan 36 detik tersebut menampilkan cuplikan film produksi MD Pictures & Pichouse Films tersebut.

Sejak itu, beberapa kali dia tampak mengunggah poster film Ivanna yang menunjukkan ilustrasi hantu tanpa kepala. "Wanita Belanda yang cantik itu kembali lagi... membawa dendam. Dari DANUR Universe, IVANNA 14 Juli 2022 di bioskop!" tulisnya.

Sedangkan di unggahan pada 30 Juni 2022, Sonia sempat membagikan secuil mengenai karakter Ivanna. Ia menjelaskan bahwa perempuan Belanda itu mencintai Indonesia.

"Hai aku Sonia Alyssa dan aku berperan sebagai karakter Ivanna. Yang jelas karakter Ivanna itu adalah orang Belanda, full Belanda dan waktu Ivanna masih kecil, keluarga Ivanna pindah ke Indonesia dan menetap di Indonesia. Intinya memang Ivanna dan keluarganya sangat-sangat cinta dengan orang-orang Indonesia, budaya Indonesia," jelasnya dalam video.

4 dari 4 halaman

Film Ivanna

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, karakter Ivanna muncul sejenak dalam Danur 2: Maddah. Agar karakter tresebut memiliki latar yang terang saat dibuatkan film sendiri, Kimo Stamboel, Manoj Punjabi, dan tim penulis naskah berdiskusi intens.

"Kami berdiskusi dan memutuskan bikin sesuatu yang baru dalam arti, tidak terlalu disangkutpautkan dengan Danur jilid keduanya. Pemain Ivanna sudah berbeda, bukan dari Danur 2. Bukan berarti merendahkan standar justru kita naikkan agar lebih fresh," jelas Kimo.

Sang sutradara menerangkan syuting dilakukan di luar Jakarta. "Syutingnya hampir sebulan di Cirebon, Jawa Barat. Lokasinya sekitar 40 menit dari hotel tempat kami menginap," tambahnya.

Film Ivanna dibintangi Caitlin Halderman, Jovarel Callum, dan Junior Roberts. Sejumlah bintang senior juga memperkuat Ivanna, yakni Rina Hassim, Yati Surachman, dan Tanta Ginting.

Kimo menyebut Ivanna memiliki garis waktu berbeda dengan film Danur yang diperankan pemeran utama Prilly Latuconsina. "Secara cerita kita ambil di tahun 1990-an, bukan zaman sekarang kayak Danur," katanya.

"Semoga ini membawa sesuatu yang baru buat Danur Cinematic Universe. Cerita dari buku Ivanna mengambil titik sejarah yang menarik saat penjajah Jepang datang. Mulainya dari sana," terang Kimo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.