Sukses

Persiapan Matthew Gilbert Wibowo Mewakili Indonesia di Ajang The 6th Mister Supranational di Polandia

Liputan6.com, Jakarta - Saat pandemi Covid-19 sudah mulai mereda di berbagai negara, sejumlah kontes internasional kembali terlaksana, termasuk ajang Mister Supranational. Matthew Gilbert Wibowo yang meraih 1st Runner-up The New L-Men of The Year 2021, terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Mister Supranational 2022..

Memasuki tahun ke-6, ajang Mister Supranational akan digelar pada 4-16 Juli 2022 di kota Nowy Sącz, Malopolska, Polandia. Matthew Gilbert Wibowo, yang akan mewakili Indonesia bakal bersaing dengan 35 kontestan dari berbagai negara lainnya.

Mister Supranational adalah sebuah ajang bergengsi dunia, kontes pria yang berdiri di bawah naungan World Beauty Association S.A., organisasi yang sama dengan Miss Supranational. Matthew sendiri merasa senang sekaligus tertantang bisa jadi wakil Indonesia di kontes internasional.

Menurut Matthew, ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi dirinya karena bisa mewakili Indonesia di ajang the 6th Mister Supranational 2022. Sejalan dengan prinsipnya, 'I’ll never be too young to do something' (saya tak pernah terlalu tua untuk melakukan sesuatu), momen ini akan jadi pembuktian dan pengingat bahwa anak muda bisa bermimpi dan mewujudkannya.

Saat ini, mimpi dan kecintaan Matthew adalah dunia kewirausahaan dan kegiatan sosial yang tertuang dalam gerakan pendampingan dan empowerment Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Berkat L-Men jugalah, semakin terbuka jalan saya untuk mewujudkan mimpi-mimpi lainnya termasuk berperan pada kancah internasional. Momentum Mister Supranational sangat tepat untuk saya bisa menjadi role model dan menginspirasi masyarakat Indonesia bahkan dunia, khususnya anak muda, untuk mau bermimpi dan memberikan dampak positif," tutur Matthew dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Hal ini sejalan dengan kriteria pemenang Mister Supranational, yaitu ‘Aspirational, Inspirational’, saya ingin menginspirasi masyarakat dunia akan pentingnya passion dan ketulusan hati didukung dengan gaya hidup sehat," lanjutnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gaya Hidup Sehat

Pria kelahiran Tangerang ini sudah menyelesaikan studi di Jurusan Bisnis. Dengan kemandirian, integritas dan juga kerja keras yang diajarkan keluarganya sejak kecil, kini Matthew terus mengembangkan minat dalam bidang entrepreneurship dan modelling serta memiliki sertifikasi International Fitness Association sebagai sports nutritionist.

Berbagai kegiatan positif dilakukan bersama L-Men dan mitra lainnya, seperti edukasi UMKM dan generasi muda dalam bidang digital marketing dan branding. Matthew juga terus berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat, untuk mengampanyekan inisiatif #KerenTanpaRokok bersama Komnas Pengendalian Tembakau.

Pandemi menurut Matthew, secara nyata memberikan dampak bagi pengusaha di seluruh Indonesia, terlebih pengusaha kecil menengah. Adanya isu ini, menggerakan hati Matthew untuk berkontribusi melakukan sesuatu.

Mengutip Journal of Developing Economies, 96 persen pengusaha kecil menegah di Indonesia terdampak dan 75 persen mengalami penurunan penjualan. Hal ini akan akan berujung pada diskontinuitas berbagai usaha di Indonesia.

"Untuk itu, saya ingin memberikan semangat serta motivasi kepada para UMKM untuk bisa bangkit dan terus bergerak, seperti melalui gerakan pendampingan dan edukasi bisnis, ditambah publikasi melalui sosial media," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Kemampuan Komunikasi

"Matthew adalah kandidat yang tepat mewakili pria L-Men. Sosok yang inspiratif, berprestasi dan berdampak secara positif diimbangi gaya hidup sehat melekat dalam dirinya. Matthew pun antusias menjadi perpanjangan tangan L-Men untuk kembali mengharumkan Indonesia di panggung dunia, The 6th Mister Supranational 2022," kata Jesaya Christian, Brand Manager L-Men.

Mister Supranational mencari sosok pria yang percaya diri, karismatik, rendah hati, serta memiliki aspirasi dan visi yang besar. Di tahun ini, Indonesia juga membawa bros yang bernama “The Enchanting Honai - The Emerald of Eastern Indonesia” sebagai cinderamata charity auction.

Bros tersebut berbentuk 7 buah honai yang merupakan rumah tradisional masyarakat Papua. Selain itu ada 2 pohon palem dan 5 tetesan ombak yang menggambarkan makna postif, keberuntungan, keseimbangan dan keindahan Indonesia yang tiada habisnya.

"Gaya hidup sehat dan gerakan empowerment di bidang entrepreneurship yang Matthew inisiasikan didukung kemampuan komunikasinya yang sangat baik akan dapat menginspirasi banyak orang. L-Men sangat yakin, Matthew mampu bersaing di ajang The 6th Mister Supranational," tukas Jesaya.

 

4 dari 4 halaman

Kompetisi Pria Tertampan

Sebelum mengikuti ajang Mister Supranational, Matthew pun melakukan banyak persiapan. Dari yang berkaitan dengan fisik, maupun pengetahuan umum. Untuk urusan penampilan, Matthew mendapat dukungan dari Klinik Youthology.

Klinik ini akan memberikan treatment perawatan wajah agar Matthew tampil maksimal nantinya. Persiapan lainnya meliputi sesi coaching public speaking, photoshoot, dan videoshoot bersama caldare champ (@caldarechamp) serta catwalk bersama aderio (@aderio). Latihan fisik intensif juga dilakukan dengan dukungan fasilitas gym dan personal trainer Paradigm Fitness (@paradigmfitnessindonesia).

Untuk mendukung performa yang optimal di kompetisi Mister Supranational, Matthew juga melakukan perawatan gigi oleh drg. Devya Linda SpBM, FISID (@drgdevya). Selama di Polandia Matthew akan didukung berbagai wardrobe dari para desainer lokal terkemuka Indonesia, yakni Rusli Hadiwinata (@ruslihadiwinata), Danjyo Hiyoji (@danjyohiyoji), Rory Wardana (@rory_wardana), Atham Tailor (@athamtailor), Temma Prasetio (@temmaprasetio), serta Nushantara (@nushantara.id).

Menurut laman resminya, Mr. Supranational merupakan kompetisi pencarian pria tertampan dari seluruh dunia. Nantinya mereka akan menjadi talenta baru di industri pertelevisian, hiburan, dan modeling.

Indonesia pertama kali mengikuti ajang Mister Supranational pada 2017 yang diwakili Gilbert Pangalila. Saat itu, Gilbert Pangalila berhasil menyabet urutan suara terbanyak di kategori swimwear dari hasil voting yang terkumpul melalui Vodi dan disusul oleh India di urutan ke dua serta Filipina pada urutan tiga.