Sukses

9 Pola Makan yang Membantu Berat Badan Via Vallen Stabil dan Ideal

Liputan6.com, Jakarta Via Vallen masih jadi salah seorang penyanyi dangdut terkenal di Indonesia. Perempuan asal Sidoarjo, Jawa Timur tersebut punya karier yang cukup diperhitungkan hingga kini. Selain memiliki karier gemilang, pemilik nama lengkap Maulidia Octavia ini juga tengah berbahagia.

Pada Mei lalu, ia dilamar kekasihnya, Chevra Yolandi. Atas kabar bahagia tersebut, banyak yang mengucapkan selamat kepada kedua sejoli itu. Mereka mendoakan agar urusan Via Vallen dan Chevra lancar hingga hari pernikahan tiba.

Penampilan Via Vallen mengenakan kebaya berwarna silver di acara lamarannya pun berhasil mencuri perhatian dan mendapat banyak pujian. Sayangnya, jalan Via tidak selalu mulus dan penuh pujian.

Wanita berusia 30 tahun ini pernah mendapat komentar kurang menyenangkan dari warganet terkait bentuk tubuhnya. Via dinilai pernah memiliki bentuk tubuh berisi.

Kondisi itu sempat membuat Via melakukan diet. Bukan hanya karena penampilan semata, diet yang dilakukan Via juga agar tubuhnya jadi lebih sehat.

Dengan arahan seorang dokter gizi, Via menjalani program diet sehat dengan mengatur pola makan. Meski lagi diet, Via tetap bisa menyantap camilan maupun beberapa makanan kesukaannya.

"Ada gak disini yang kalo stress, banyak pikiran pelampiasannya ke makan??? Hmmm aku bangett, untung ada @drfeninugraha.spgk Kalo enggakkk, gak tau lagi deh bakal segede apa nii badann," ujar Via dalam unggahan di akun Instagramnya yang dikutip Kamis, 30 Juni 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pola Makan Via Vallen

Lalu, pola makan apa yang dilakukan oleh Via Vallen untuk menjaga bentuk tubuhnya agar tetap ideal dan berat badannya stabil? Dilansir dari akun Instagram miliknya dan beberapa sumber lain, berikut pola makan sehat yang dijalani Via.

1. Tidak makan nasi putih

Saat menjalani diet, ada yang memilih tetap mengonsumsi nasi putih, tapi ada juga yang melakukan sebaliknya. Via termasuk yang tidak menyantap nasi putih. Bukan hanya karena sedang diet, ia mengaku sudah lama tidak mengonsumsi nasi putih.

Ia sengaja mengganti asupan karbohidratnya dengan shirataki. Dilansir dari Healthline.com, shirataki tinggi akan serat dan rendah kalori yang baik dikonsumsi saat program menurunkan berat badan.

2. Mengurangi makanan olahan

Selama diet, Via menghindari makanan olahan dan junk food. Ia pun memilih mengonsumsi makanan utuh yang jelas mengandung nutrisi dan kaya akan gizi. Konsumsi makanan olahan secara berlebih bisa meningkatkan penumpukan lemak di dalam tubuh.

Makanan utuh, yakni makanan tanpa proses pemasakan yang berlebihan. Dengan begitu, makanan jadi bebas bahan kimia tambahan yang tidak diperlukan.

3 dari 4 halaman

3. Makan Sayuran

Sayuran tentu jadi menu wajib bagi mereka yang menjalani pola makan sehat maupun diet. Mengonsumsi berbagai macam sayuran seharusnya juga jadi menu makanan wajib bagi siapa saja.

Salah satu alasannya, sayuran rendah kalori dan tinggi serat yang bisa bikin kenyang lebih lama. Via Vallen pun rutin mengonsumsi berbagai jenis sayuran untuk memenuhi asupan hariannya.

4. Camilan sehat

Via mengaku, makanan adalah pelariannya saat sedang Stress. Ia pun tak bisa lepas dari camilan meski sedang diet. Meski begitu, ia memilih camilan yang mengandung serat dan nutrisi, seperti yogurt dan potongan buah-buahan.

5. Buah-buahan

Selain sayuran, Via juga rutin mengonsumsi buah-buahan setiap harinya. Ia biasanya menyantap buah-buahan secara langsung ataupun mengolahnya menjadi minuman menyegarkan. Buah-buahan sangat efektif untuk membantu membakar lemak dan membuat berat badan turun.

6. Makanan berprotein tinggi

Tak hanya mengurangi karbohidrat, Via memperbanyak asupan protein dengan rutin mengonsumsi daging, dada ayam, dan putih telur untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Ia sengaja memilih bahan tersebut karena mengandung protein tinggi, tapi kalorinya rendah.

4 dari 4 halaman

7. Menghindari Gula

Sama seperti orang diet pada umumnya, Via Vallen juga menghindari mengonsumsi gula secara berlebihan. Mengonsumsi gula secara berlebih bisa membuat penumpukan lemak pada tubuh.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari mengandung gula, seperti kue, donat, es krim, cokelat, jus, dan masih banyak lagi. Mungkin awalnya terasa berat, tapi usahakan kurangi konsumsi gula secara bertahap.

8. Makan tepat waktu

Tak hanya jenis dan porsi makanan, waktu makan juga harus diatur dengan tepat. Mengatur jadwal makan terbukti ampuh mendukung penderita obesitas (kelebihan berat badan) dalam berdiet. Oleh karenanya, Via selalu makan tepat waktu dengan porsi yang sudah diatur oleh dokter gizinya.

9. Rutin minum air putih

Selain makanan, Via juga rutin minum air putih. Tak hanya menyehatkan, air putih sangat baik dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet. Air putih bisa membakar 2--3 persen kalori di dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan berat badan. Tak salah jika Via memilih untuk rutin minum air putih agar berat tubuhnya tetap ideal.