Sukses

Unggah Foto Makanan, Jin BTS Bikin Heboh ARMY India

Liputan6.com, Jakarta - Tingkah polah para personel BTS selalu sukses menarik perhatian ARMY, sebutan penggemar mereka. Seperti baru-baru ini saat Jin BTS bikin heboh, terutama ARMY India, melalui unggahan foto terbaru di media sosial.

Anggota tertua BTS ini mengunggah foto makanan menyerupai makanan khas India. Selama ini, Jin memang punya ketertarikan yang besar di dunia kuliner.

Tak hanya pandai memasak, Jin juga dulunya kedap membagikan kegiatannya bersantap kuliner melalui program Eat Jin. Melansir Food NDTV, Kamis (30/6/2022), saat ini para member BTS sedang fokus dengan kegiatan individual mereka.

Periode ini tampaknya dimanfaatkan Jin untuk berlibur ke salah satu destinasi populer di Korea Selatan: Pulau Jeju. Hal tersebut terlihat dari foto yang diunggah melalui Instagram pribadi miliknya, baru-baru ini.

Terlihat bahwa pemilik nama asli Kim Seokjin ini sedang menikmati musim panas sambil berburu kuliner. Dalam foto tersebut, pria yang terkenal dengan julukan World Wide Handsome ini terlihat memegang sepiring penuh makanan. Foto ini mengundang spekulasi dari penggemar, khususnya dari India.

Mereka menduga Jin sedang memakan dosa, makanan khas India berupa roti pipih menyerupai pancake yang memiliki isian gurih. Dalam foto terbaru Jin, bentuk makanan panjang itu membuat banyak penggemar berspekulasi bahwa ia sedang menyantap kuliner tradisional India.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hidangan India

Namun, tidak sedikit yang berbeda pendapat bahwa hidangan yang disantap Jin bukanlah dosa. Sejumlah penggemar menunjukkan bahwa hidangannya cukup datar dan karenanya tidak bisa disebut sebagai dosa.

Foto makanan yang dipegang Jin akhirnya diketahui merupakan ikan spesial khas Jeju-do yang disebut galchi atau ikan layur. Ikan ini berbentuk panjang dan umumnya dibuat hidangan galchi jorim yang merupakan makanan tradisional Korea.

Foto Jin BTS ini telah mendapatkan lebih dari 9 juta likes. Foto ini pun mengundang berbagai reaksi warganet. "Mengapa saya pikir itu dosa?" tanya seorang warganet.  "Ikan yang sama yang ditangkap kook (Jungkook BTS) dengan tangan kosong di salah satu variety show itu?" komentar warganet lainnya.

Pada 2021, anggota BTS lainnya: Jungkook dan Jimin, dilaporkan pernah mencoba naan dan paneer. Ini merupakan makanan tradisional khas India. Hal ini yang tentunya membuat senang para ARMY India. Beberapa hari lalu juga beredar kabar Jin BTS yang masih berkaitan dengan makanan.

3 dari 4 halaman

Roti Maple

Jin sempat berbagi cerita lucu di Instagram Story-nya tentang membeli banyak "roti Maple Story." Ia mengaku mengunjungi 15 toko serba ada (toserba) di Korea Selatan untuk membeli 16 buah produk tersebut.

Jin mengatakan, ia hanya mengambil 1--2 potong proti dari setiap toko dan meninggalkan sisanya untuk pelanggan lain. Impian Jin tentu saja mendapatkan stiker "Wonky the Fairy" yang langka.

Maple Bread pun langsung jadi trending di Korea Selatan setelah Jin berbagi cerita, melansir allkpop. Setelah itu, banyak media ekonomi Korea yang melaporkan penjualan roti tersebut melonjak sangat tinggi. Walau Jin sudah dengan baik hati menyisakannya dari setiap toserba yang didatangi, faktanya roti Maple Story sempat jadi "barang langka."

Tidak sedikit penggemar yang meminta pada mereka yang beruntung bisa membeli roti tersebut untuk "mengirim stiker 'Wonky the Fairy' ke Jin!" Selama enam bulan terakhir, media ekonomi dan keuangan Korea telah membuat banyak laporan tentang dampak Jin terhadap penjualan produk tertentu.

4 dari 4 halaman

Buah Stroberi

Ini termasuk saat Jin BTS memberikan stroberi berkualitas tinggi pada teman-temannya. Ini memberikan peningkatan tingkat penetrasi yang besar ke stroberi Durihyang, dari satu persen jadi 96 persen, menjadikannya buah paling laris pada Januari 2022 di Korea Selatan.

Masih karena memberikan stroberi tersebut, awal tahun ini, pelantun lagu Abyss tersebut sampai disebut sebagai "Worldwide Strawberry Captain." Stroberi Durihyang yang diberikan Jin pada teman-temannya merupakan varian stroberi yang tumbuh di sekitar lahan pertanian paman idol tersebut dengan ciri buah berukuran jauh lebih besar dan lebih manis daripada stroberi biasa.

"Durihyang, varietas stroberi domestik dengan tingkat penetrasi kurang dari satu persen (per tahun lalu), baru-baru ini kehabisan stok. Ini adalah hasil dari mulut ke mulut fandom BTS, ARMY," lapor Hankyung Economy News. "Dikabarkan bahwa anggota BTS, Jin, yang mengunjungi kebun stroberi paman dari pihak ibu, memberikan hadiah pada Chef Lee Yeon Bok dan banyak orang lain."

Seiring permintaan yang sangat tinggi, harga sekotak stroberi durihyang pun naik. Dilaporkan bahwa harga buah ini jadi 70 persen lebih tinggi dari tahun lalu.