Sukses

Kafe Bernuansa Hijau nan Asri Sajikan Santapan Khas Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Santapan khas Thailand kini telah menjamur di berbagai daerah, termasuk ibu kota dengan ragam penyajian yang menarik. Salah satunya adalah memadukan cita rasa autentik dari Negeri Gajah Putih dengan sentuhan Barat, street food, hingga menu restoran.

Suguhan ini terasa kian spesial dengan memberi pengalaman menarik pada pengunjung lewat kafe bernuansa hijau. Cita rasa dan suasana ini berkolaborasi apik seperti yang dihadirkan oleh Greyhound Cafe yang membuka stand-alone terbaru mereka di Menteng, Jakarta Pusat.

"Cabang ini khususnya memang agak berbeda dari cabang lain karena di cabang ini kita menghadirkan tropical garden. Ini tempat di tengah terik Jakarta, pusat kota, susah mencari tempat yang teduh, adem, hijau-hijau. Nah, itu yang ingin kita munculkan," kata Brand Manager Greyhound Cafe Unggul Yudaningrat saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Sedangkan konsep bangunan kafe ini, dikatakan Unggul, pihaknya mengikuti pakem dari Bangkok, Thailand sebagai lokasi asal kafe tersebut. Unggul menjelaskan kafe ini dikenal dengan sentuhan yang "simple but, never boring".

"Sederhana tapi enggak bikin bosan, makanya kita banyakin mural, ini masih progres pembuatan mural-mural, ada di tangga sampai toilet ada muralnya. Kita ingin munculkan tempat mewah ditabrak dengan kesan 'kasual'" tambahnya.

Unggul mengungkapkan ada cukup banyak ruangan yang dapat menampung pengunjung. Setelah lantai satu dan dua, pihak kafe juga tengah mempersiapkan lantai tiga bangunan sebagai rooftop dining yang open air dan rencananya nanti akan dibuka sore hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sajian Signature

Kafe ini menyuguhkan deretan sajian dengan ciri khas, Thai Food with a Twist. Itu berarti sajian khas Thailand ini dipadu dengan ragam sentuhan dari sup, salad, snack, main course, hingga sajian pencuci mulut.

Untuk menjaga keauntentikan menu, Greyhound Cafe pada setiap cabangnya mendatangkan langsung chef dari Negeri Gajah Putih. Salah satunya adalah Chef Thanutchaya Bangriem atau akrab disapa Chef Dao, yang dipercaya untuk memasak di cabang Menteng ini.

"Tamu datang di Greyhound harus order Salmon Carpaccio (yang bercita rasa) asam, manis, pedas," kata Chef Dao.

Salmon Carpaccio in Spicy Hot Sauce merupakan sajian signature dari kafe ini. Menu appetizer tersebut merupakan irisan salmon segar yang dipadu dengan saus hijau pedas khas Thailand.

Selain itu, menu appetizer lainnya adalah Fried Seafood Spring Rolls yang berisi potongan udang, cumi, dan sayuran hijau. Balutan sajian sejenis lumpia ini lantas disantap dengan saus sambal.

3 dari 4 halaman

Ragam Opsi

Berlanjut ke menu main course, kafe ini menawarkan beragam sajian, salah satunya adalah Thai Beef Paradise. Santapan ini adalah daging sapi yang kaya rempah lalu digoreng renyah, namun lembut di bagian dalamnya.

Menu tersebut disajikan bersama irisan kentang dan disantap dengan dua pilihan saus, yakni sriracha tradisional dan saus jeaw. Chef Dao menyampaikan bahwa saus jeaw kreasinya ini memiliki rasa yang ciri khas Thailand.

"Bikin sendiri (saus jeaw), saus ini dibuat dari tamarind, bumbu, serai, bawang, daun jeruk. Di Thailand saus ini famous," lanjut Chef Dao.

Ada pula Ayutthaya Grilled King Prawn, yakni udang panggang yang disajikan dengan saus jeaw ala tradisi Thailand. Chef Dao mengungkapkan Kota Ayutthaya sangat dikenal dengan beragam sajian udang.

Pengunjung juga dapat mencoba Phad Phring King, yakni udang tumis Thailand dan kacang panjang yang renyah. Kemudian, sajian ini dibaluri dengan pasta kari merah bercita rasa gurih dan manis. Juga, menu Mango Tamarind Grouper, yakni kerapu goreng dengan saum asam manis khas Negeri Gajah Putih.

4 dari 4 halaman

Dessert hingga Live Music

Melengkapi sajian, Greyhound Cafe Menteng juga menyuguhkan aneka dessert dan salah satu rekomendasinya adalah No Bake Speculoos Cheesecake. Makanan pencuci mulut ini dibuat dengan dasar biskuit speculoos, isian kue keju speculoos yang lembut, serta dihiasi biskuit speculoos lainnya.

Suguhan dessert lainnya, seperti Walnut Choco Cake, kue cokelat tanpa tepung ini disajikan dengan walnut yang renyah di dalamnya. Untuk mempercantik sajian ini, ditambahkan pula bola cokelat di atasnya.

Pengunjung juga bisa memesan Fresh Coconut Crepe Cake, crepes tipis berlapis krim dan daging kelapa segar. Selain masakan Thailand dan dessert di atas, kafe ini juga menyajikan burger hingga steak.

Konsep tropical garden dengan "urban meets nature" di kafe ini turut dimeriahkan dengan suguhan live music yang bisa disaksikan setiap Jumat dan Sabtu mulai pukul 20.00 WIB. Harga minuman mulai dari Rp30 ribu dan harga makanan harganya sekitar Rp150 ribu--Rp300 ribu per pax.