Sukses

9 Makanan Pengganti Nasi ala Cynthia Lamusu, Berat Badan Turun Sampai 40 Kg

Liputan6.com, Jakarta - Tiap orang punya cara tersendiri dalam menurunkan berat badan, begitu pula dengan Cynthia Lamusu.  Pemilik nama lengkap Prilliany Cynthia Lamusu ini diketahui sukses menurunkan berat badan hingga puluhan kilogram.

Cynthia awalnya berhasil menurunkan berat badan sampai 20 kg sejak April 2021 sampai Januari 2022. Kini, bobotnya kembali turun 22 kg lagi. Anggota grup vokal B3 ini berkonsultasi dengan seorang dokter ahli gizi untuk mendapat arahan seputar diet sehat.

Cynthia sekarang terlihat makin tampil percaya diri dengan busana ukuran XS. Penampilan wanita berusia 44 tahun itu juga disebut-sebut jadi lebih awet muda karena tubuhnya sudah jauh lebih langsing.

"Di balik XS ini ada banyak pengorbanan, kerja keras, kedisiplinan dan konsistensi. Bagaimana kita bisa "Eling" menjaga pola hidup sehat kita," tulis wanita yang akrab disapa Tia ini di akun Instagramnya.

"Ya jaga mulut dari semua makanan yang enak tapi jahat, ya jaga semangat nya biar tetap bisa #kalahinmager dan hal hal positif lain nya yang memang harus di niatin dan di kerjakan. yaaa... kaaan... ," lanjutnya.

Selama menjalani diet, istri dari Surya Saputra ini punya sejumlah pantangan makanan agar dietnya sukses, salah satunya nasi putih. Namun, ia tetap mengonsumsi karbohidrat. Lalu, apa saja yang kerap dikonsumsi Cynthia untuk asupan karbohidrat selain dari nasi putih? 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Quinoa

Dilansir dari akun Instagram miliknya dan beberapa sumber lainnya, berikut beberapa makanan pengganti nasi versi Cynthia Lamusu.

1. Quinoa

Quinoa biasa diolah jadi nasi goreng oleh Cynthia sebagai pengganti nasi putih. Quinoa tinggi serat dan rendah kalori yang bisa bikin kenyang lebih lama, meningkatkan metabolisme, serta menurunkan berat badan.

Quinoa merupakan sejenis tanaman biji-bijian yang teksturnya menyerupai kacang, berbentuk pipih dan sedikit lonjong, serta biasanya berwarna kuning pucat. Rasanya pun bervariasi, mulai dari pahit hingga manis.

2. Jagung

Cynthia sesekali memilih jagung sebagai pengganti nasi ketika sedang diet. Jagung bisa menggantikan nasi karena kalorinya lebih rendah dan seratnya lebih tinggi, cocok untuk mereka yang butuh defisit kalori.

3. Nasi merah

Nasi merah jadi andalan ibu dua anak ini sebagai pengganti nasi putih, karena rasanya cocok dengan berbagai jenis lauk. Nasi merah termasuk yang direkomendasikan untuk diet karena kandungan nutrisinya lebih tinggi dibanding nasi putih, seperti serat dan proteinnya. Mengonsumsi nasi merah cukup ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

4. Nasi Hitam

Selain nasi merah, ada pula nasi hitam yang sesekali jadi pengganti nasi putih Cynthia Lamusu. Nasi hitam ampuh mencegah nafsu makan berlebih muncul dan bisa membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini karena nutrisi protein dan seratnya yang cukup tinggi.

5. Mangga

Cynthia terkadang ingin mengonsumsi yang manis-manis. Biar tetap sehat, ia memilih mangga. Di sisi lain, mangga bisa dijadikan pengganti nasi supaya kalori yang masuk ke tubuhnya tidak berlebih.

Dilansir dari ndtv.com, mangga juga bermanfaat buat menurunkan berat badan karena kandungan seratnya tinggi. Mangga memiliki tingkat vitamin C, pektin, dan serat tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Mangga juga kaya kalium, yang menjadi komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Ini membantu dalam mengendalikan detak jantung serta tekanan darah.

6. Talas

Cynthia Lamusu juga biasa mengonsumsi umbi-umbian, salah satunya talas. Talas tak hanya punya karbohidrat, tetapi juga serat dan vitamin yang tinggi buat mendukung penurunan berat badan. Talas juga ampuh melancarkan pencernaan.

4 dari 4 halaman

7. Kentang

Kentang kerap digunakan sebagai pengganti nasi oleh Cynthia Lamusu. Dilansir dari ndtv.com, kentang punya sejumlah nutrisi seperti serat dan vitamin buat membantu tubuh jadi lebih langsing. Selain itu, kentang juga aman buat kesehatan, terutama karena tidak mudah membuat kadar gula darah melonjak naik.

Kentang yang mengandung serat pangan ini juga berfungsi sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Ketentuannya, kentang yang direbus tersebut tidak ditambahkan garam, keju, maupun mayonais.

8. Wortel dan labu siam

Cynthia suka memilih ayuran buat menggantikan karbohidrat dari nasi. Contohnya, ia mengonsumsi wortel dan labu siam yang direbus. Kedua bahan makanan ini sangat tinggi serat yang ampuh mendukung turunnya berat badan secara cepat dan alami.

9. Kacang hijau

Ada pula kacang hijau yang diolah jadi bubur buat menggantikan nasi. Dilansir dari healthline.com, kacang hijau termasuk salah satu makanan terbaik buat diet karena serat dan proteinnya bisa bantu turunkan berat badan.

Selain itu, kacang hijau juga bisa menekan nafsu makan berlebih. Ditambah lagi kandungan kalorinya yang sedikit membuat kacang hijau sangat baik untuk dikonsumsi siapa saja meski tidak sedang menjalani diet.