Sukses

Senyum Arkana Sambut Kepulangan Atalia dan Ridwan Kamil Tanpa Eril

Ridwan Kamil dengan mengenakan topi biru tampak menggendong Arkana saat naik ke atas tangga.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarganya akhirnya mendarat di Indonesia pada Jumat, 3 Juni 2022. Ia mengumumkan pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di sungai Aare, Swiss, sejak 26 Mei 2022, belum membuahkan hasil.

Ridwan Kamil kembali ke Tanah Air untuk menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat, Saat tiba di Bandung, sosok putera angkat Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, Arkana jadi sorotan publik di tengah kondisi berduka yang dirasakan pasangan suami istri ini.

Video yang diunggah akun Instagram @humas_jabar pada Sabtu, 4 Juni 2022, menunjukkan saat keluarga Ridwan Kamil sampai di Gedung Pakuan Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 3 Juni 2022.

“Rasa rindu berkumpul bersama untuk saling menguatkan 🤍 Suasana ketika Gubernur Jabar @ridwankamil beserta keluarga tiba di Gedung Pakuan, Jum'at (4/6/2022) Pukul 18.40 WIB 😊,” tulis akun tersebut dalam keterangan unggahannya. Dalam video itu, istri Ridwan Kamil, Atalia terlihat lagsung menggendong Arkana.

Senyum manis ditujukkan Arka kepada sang ibu. Atalia pun tampak langsung memberi kecupan hangat ke pipi Arkana. Di video itu juga terekam momen saat Ridwan Kamil dengan mengenakan topi biru tampak menggendong Arka saat naik ke atas tangga.

Arka kembali melemparkan senyum dan terlihat senang saat digendong pria yang akrab disapa Kang Emil itu. Video ini pun membuat banyak warganet terharu dan terenyuh.

Mereka juga fokus dengan sosok Arka. Bagi mereka senyum Arkana menjadi penawar luka bagi keluarga Ridwan Kamil yang kehilangan Eril.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melepas Kepergian Eril

"Dik Arka, senyummu semoga membasuh luka kedua orangtuamu dan Kakakmu meski mungkin rasa pedihnya takkan bisa benar-benar hilang," komentar salah satu warganet. "Do'a terbaik untuk seluruh keluarga dan kerabat yang ditinggalkan, semoga dilapangkan kesabaran serta diberikan kekuatan," komentar warganet lainnya.

Sebelumnya, keluarga Ridwan Kamil secara resmi mengumumkan bahwa putera sulung mereka, Eril telah meninggal dunia dalam keadaan syahid.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun, Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tulis Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya.

Otoritas Bern, Swiss, dikabarkan sudah mengubah status pencarian Emmeril Kahn Mumtadz dari yang semula berstatus pencarian orang hilang menjadi orang yang tenggelam. Metode pencariannya pun disebut sudah spesifik mencari jenazah. Sebuah tag berbingkai biru yang bertuliskan 'In Loving Memory of Emmeril Kahn Mumtadz' dililitkan di sebuah pohon di tepi Sungai Aare.

Itu menjadi penanda bahwa Ridwan Kamil dan keluarga bersedia melepaskan kepergian Eril yang mendadak saat berenang di sungai terbesar di Swiss itu pada Kamis, 26 Mei 2022. Kang Emil mengatakan bahwa proses pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Namun, proses pencarian putra sulung Ridwan Kamil dan Atalia itu tak berjalan mulus. 

3 dari 4 halaman

Ruang Waktu dan Privasi

Kini setelah tiba di Bandung, dukungan bagi Kang Emil dan keluarganya semakin bertambah.  Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dan Cammilia Laetitia Azzahra tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat, 4 Juni 2022, pada pukul 18.35 WIB.

Keterangan disampaikan kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman.Erwin menerangkan Emil dan keluarga tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.30 WIB. Perjalanan dilanjutkan via darat ke Kota Bandung.

"Terima kasih atas kehadiran, atas kesediaannya menunggu. Alhamdulillah, Kang Emil, Teh Lia, Zara, sudah berada di Tanah Air, tadi mendarat sekitar setengah empat dan langsung ke sini. Alhamdulillah sudah tiba kembali di Pakuan," ujar Erwin. Dia menyebut keluarga inti sudah berkumpul di Gedung Pakuan. Ia meminta agar mereka diberi waktu untuk memberikan pernyataan kepada publik.

"Kami mohon maaf untuk sementara waktu, kami mohon diberikan ruang waktu dan privasi buat Kang Emil dan Teh Lia untuk penguatan bersama keluarga inti. Pada waktunya, Insya Allah Kang Emil bisa beraktivitas kembali, tapi untuk sementara ini kami mohon ruang waktu dan ruang privasi," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Gelar Pengajian

Masa izin Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan berakhir pada 4 Juni 2022. Ia akan kembali bekerja pada Senin, 6 Juni 2022.Sebelum kembali bertugas, keluarga besar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menggelar pengajian untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Gedung Pakuan Kota Bandung, Sabtu dan Minggu (4-5/6/2022).

Melansir kanal Regional Liputan6.com, pengajian keluarga Eril dilakukan terbatas sesuai undangan yang telah disebar ke beberapa pejabat di lingkungan pemprov maupun kabupaten/kota di Jabar. Terlihat beberapa pejabat sudah hadir di Gedung Pakuan.

Salah satunya adalah Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum hingga Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja. Selain itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, dan Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang dijadwalkan akan ikut dalam agenda pengajian ini.

Tanda belasungkawa terlihat dari sejumlah karangan bunga berjejer di pagar tepatnya di depan Gedung Pakuan. Karangan bunga tersebut mewakili sejumlah tokoh, pimpinan partai politik dan dari organisasi masyarakat (ormas), komunitas, dan individu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.