Sukses

Ridwan Kamil Undang Warga Ikuti Doa Bersama untuk Eril di Gedung Pakuan Bandung

Ridwan Kamil mengundang warga untuk hadir dalam acara doa bersama mendoakan almarhum Eril yang tenggelam di Sungai Aare, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tag berbingkai biru yang bertuliskan 'In Loving Memory of Emmeril Kahn Mumtadz' dililitkan di sebuah pohon di tepi Sungai Aare. Itu menjadi penanda bahwa Ridwan Kamil dan keluarga bersedia melepaskan kepergian Eril yang mendadak saat berenang di sungai terbesar di Swiss itu pada Kamis, 26 Mei 2022.

Menyertai video yang diunggah pada Jumat malam, 3 Juni 2022, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mencurahkan perasaan terdalamnya sebagai orangtua. Kalimat-kalimat sederhana tetapi mengena jiwa terlantun untuk Sungai Aare dan sang putra.

"Wahai Sungai Aare,

Sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu.

Sudah kukumandangkan adzan terbaikku di tepi batasmu. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu. Sucikan dia dalam kejernihanmu. Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu.

Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik dan pelindung sejatinya, Allah SWT.

Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare.

***

Innalilahi wainna illaihi rajiun,

Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz.

Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan."

Emil menutup unggahan itu dengan mengabari bahwa ia dan keluarga sudah kembali ke Tanah Air. Keluarga Gubernur Jawa Barat itu juga mengundang warga untuk ikut dalam doa bersama pada hari ini, Sabtu (4/6/2022). Waktunya setelah zuhur dan ashar.

"Besok Sabtu bagi yang berkenan di kediaman Gedung Pakuan Bandung," kata Emil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencarian Dilanjutkan

Emil juga mengatakan bahwa proses pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Namun, proses pencarian putra sulung Ridwan Kamil dan Atalia itu tak berjalan mulus.

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, dalam siaran pers di situs kemlu.go.id, Jumat, 3 Juni 2022, pencarian Eril sepanjang Kamis dilanjutkan dengan mengerahkan patroli darat, patroli perahu, dan penerbangan drone. Namun, tim penyelam yang semula hendak dikerahkan untuk melacak keberadaan Eril batal beraksi karena arus Sungai Aare kelewat deras pada hari itu. 

 

"Penyelam tidak dapat dikerahkan karena pertimbangan derasnya arus Sungai Aare hari ini," kata pihak KBRI di Bern. Setelahnya, KBRI di Bern membeberkan fokus pencarian.

"Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlensee," demikian dikutip Showbiz Liputan6.com pada hari yang sama.

Emil juga sempat  menyusuri tepian Sungai Aare untuk memeriksa tempat-tempat potensial untuk mencari Eril, jelang kepulangannya ke Indonesia. Ia lalu meninggalkan tempat itu setelah melaksanakan Shalat Gaib bersama keluarga dan kerabat.

 

 

3 dari 4 halaman

Minta Privasi

Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dan anak perempuannya, Cammilia Laetitia Azzahra tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat, 4 Juni 2022, pada pukul 18.35 WIB. Keterangan disampaikan kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman.

Erwin menerangkan Emil dan keluarga tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.30 WIB. Perjalanan dilanjutkan via darat ke Kota Bandung.

"Terima kasih atas kehadiran, atas kesediaannya menunggu. Alhamdulillah, Kang Emil, Teh Lia, Zara, sudah berada di Tanah Air, tadi mendarat sekitar setengah empat dan langsung ke sini. Alhamdulillah sudah tiba kembali di Pakuan," ujar Erwin.

Dia menyebut keluarga inti sudah berkumpul di Gedung Pakuan. Ia meminta agar mereka diberi waktu untuk memberikan pernyataan kepada publik.

"Kami mohon maaf untuk sementara waktu, kami mohon diberikan ruang waktu dan privasi buat Kang Emil dan Teh Lia untuk penguatan bersama keluarga inti. Pada waktunya, Insya Allah Kang Emil bisa beraktivitas kembali, tapi untuk sementara ini kami mohon ruang waktu dan ruang privasi," ungkapnya.

Masa izin Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan berakhir pada 4 Juni 2022. Ia akan kembali bekerja pada Senin, 6 Juni 2022.

 

4 dari 4 halaman

Pesan Kekasih

Duka juga turut dirasakan kekasih Eril, Nabila Ishma Nurhabibah. Lewat akun Instagramnya, ia mengunggah potret Eril yang berpose duduk menyamping ke kamera.

"You will always be my home. So, please come home ril😔," tulis mahasiswi Unpad itu.

Emmeril Kahn Mumtadz adalah putra pertama Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Kamil. Ia lahir di New York, 25 Juni 1999. Kala itu, Emil tengah menempuh pendidikan S2 di Negeri Paman Sam. Eril memiliki dua adik, Camillia Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach.

Eril merupakan alumnus Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB). Di salah satu unggahan di akun Instagram-nya, beberapa waktu lalu, ia terlihat berbagi foto memakai almamater kampusnya. Kepergiannya ke Swiss bertujuan untuk melanjutkan pendidikan S2-nya

Mmelalui akun Instagram pribadinya, Emil juga mengungkap ketertarikan dengan mobil antik. Mobil antik miliknya tampak berwarna merah dengan desain eksotis. Mobil itu merupakan merek Volkswagen Karmann Ghia dengan tipe 14 covertible. Dalam keterangan unggahan mobil antik tersebut, tertulis Eril membuka jasa penyewaan mobil antik untuk digunakan dalam acara tertentu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.