Sukses

Profil Emmeril Kahn Mumtadz, Anak Ridwan Kamil yang Terseret Arus Sungai di Swiss

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Emmeril Kahn Mumtadz, anak Ridwan Kamil yang dilaporkan terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Barn, Swiss, Kamis siang, 26 Mei 2022, waktu setempat. Perwakilan keluarga Emil, sapaan akrabnya, Elpi Nazmuzaman, mengungkap bahwa keluarga saat itu sedang berada di Swiss guna mencari sekolah untuk Eril, begitu ia biasa disapa, yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Ketika kejadian, mantan Wali Kota Bandung itu sedang berada di Inggris untuk kegiatan pemerintahan bersama delegasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Menurutnya, Emil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu keluarga di sana.

"Kronologinya, Eril berenang di Sungai Aare, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," ia memaparkan, sambil menyebut kondisi cuaca saat itu cerah.

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak Kedutaan Besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril Khan Mumtadz," katanya. "Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat."

Sebagaimana diketahui, Emmeril Kahn Mumtadz adalah putra pertama Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Kamil. Ia lahir di New York, 25 Juni 1999. Kala itu, Emil tengah menempuh pendidikan S2 di Negeri Paman Sam. Eril memiliki dua adik: Camillia Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Punya Mobil Antik

Sementara tengah menyiapkan diri menempuh pendidikan S2, Emmeril Kahn Mumtadz sudah lebih dulu berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB). Di salah satu unggahan di akun Instagram-nya, beberapa waktu lalu, ia terlihat berbagi foto memakai almamater kampusnya.

Unggahan yang dimaksud mengungkap Emil sebagai salah satu mahasiswa dari fakultas tersebut dan tengah jadi panitia di sebuah acara kampus. Masih melalui akun Instagram pribadinya, Emil juga mengungkap ketertarikan dengan mobil antik.

Mobil antik miliknya tampak berwarna merah dengan desain eksotis. Mobil itu merupakan merek Volkswagen Karmann Ghia dengan tipe 14 covertible. Dalam keterangan unggahan mobil antik tersebut, tertulis Eril membuka jasa penyewaan mobil antik untuk digunakan dalam acara tertentu.

"Jalan-jalan naik mobil antik milik Eril. Olehnya dijadikan bisnis sewa mobil pengantin untuk menambahi biaya kuliah. Jika tertarik, kontak @emmerilkahn .*Tips: Buat para gadis, pura-pura kontak mau sewa aja, siapa tau jodoh," begitu keterangan yang tetulis.

3 dari 4 halaman

Bermain Alat Musik

Juga terlihat di unggahan Instagram-nya, Emmeril Kahn Mumtadz memainkan alat musik saksofon di sebuah acara musik. Setelah berbagi momen tersebut, banyak warganet yang memuji kemampuan bermusik anak sulung dari tiga bersaudara itu.

Selain potret yang diunggah saat tampil di beberapa acara musik, Eril juga membagikan foto membawa saksofon saat berada di salah satu monumen di kota Bandung.

Di beberapa unggahan lain, Eril pun berbagi momen kedekatan dengan ayahnya. Hal ini sangat menyita perhatian penghuni jagat maya karena wajahnya dinilai sangat mirip dengan mantan Wali Kota Bandung tersebut. 

Di samping itu, Eril kerap memperlihatkan kedekatan dengan keluarga. Salah satunya saat mengunggah foto lebaran tahun 2019 mengenakan baju seragam.

Di hari-hari biasa, penampilan pria berusia 22 tahun tersebut terbilang sederhana. Di sederet foto yang dibagikan, Eril tampak lebih sering memakai kaus dan celana pendek. Terkadang, ia mengenakan kemeja, terutama saat hendak manggung dengan saksofonnya.

4 dari 4 halaman

Update Pencarian

Sejauh ini, pencarian Emmeril Kahn Mumtadz tengah dilakukan dengan kerja sama pihak Indonesia dan Swiss. "KBRI Bern telah berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk proses pencarian. Upaya pencarian langsung dilakukan pada 26 Mei (2022) dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan hari ini, 27 Mei 2022," jelas pihak KBRI, seperti dilaporkan kanal Global Liputan6.com.

Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad, telah mengonfirmasi insiden yang menimpa anak Gubernur Jawa Barat tersebut. "Betul. sejak kemarin dilakukan pencarian oleh Polisi dan tim SAR. Pencarian akan dilanjutkan. Mohon doanya," kata Muliaman.

Lokasi insiden adalah Sungai Aare yang berada di Bern. Dubes Muliaman berkata lokasi itu memang tujuan wisata yang populer. "Sungai itu ramai dikunjungi, terutama pada musim panas. Banyak orang berenang di sana," ia mengucapkan.

Hingga berita ini ditayangkan, Eril masih belum ditemukan tim SAR dan pihak berwenang di Swiss. Pada Kamis, 26 Mei 2022, setelah enam jam, pencarian dihentikan karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan Jumat pagi (27/5/2022), waktu setempat.