Sukses

Aturan Berpakaian Wawancara Kerja Secara Online, Cek di Sini!

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kita memasuki era endemi, di mana banyak perusahaan menerapkan sistem kerja hybrid. Alasan itu pula yang membuat beberapa perusahaan melakukan proses wawancara kerja secara online atau daring. 

Buat kamu yang akan menjalankan proses wawancara kerja secara daring, baik lewat zoom atau google meet. Selain persiapan mental karena kamu akan menjawab pertanyaan dari perwakilan perusahaan, ada hal lain yang mesti diperhatikan. 

Brie Reynolds, Manajer Pengembangan Karir dan Pelatih di FlexJobs dan Remote.co seperti dikutip laman Thebalancecareers menjelaskan beberapa aturannya. 

Pertama, kamu harus mempertimbangkan latar belakang selama wawancara video. Pilihlah warna background seperti dinding dengan warna kontras yang lebih cerah atau lebih gelap. Hal ini akan menonjolkanmu agar terlihat lebih jelas. 

Kedua, kamu harus memerhatikan warna pakaian yang digunakan. Ada baiknya kamu menggunakan warna pakaian seperti biru tua, hita, abu-abu, cokelat, dan ungu. 

Kamu juga bisa menggunakan warna lain, seperti warna-warna pastel. Jangan lupa sesuaikan warna pakaianmu dengan background ya, agar saat proses wawancara, dirimu tetap terlihat menonjol. 

Ketiga, hindari pakaian dengan berpola yang terlalu besar, seperti garis atau polkadot. Aturan praktisnya adalah memilih pola yang cukup kecil, sehingga terlihat tetap solid dari pewawancara. 

Nah, jika saat proses wawancara kamu ingin memberikan hasil yang terbaik, kamu dapat memilih pakaian berwarna merah, seperti blazer merah. Itu karena warna merah menggambarkan kekuatan, keberanian, tekad, gairah. Tunjukkan bahwa kamu adalah pilihan terbaik untuk perusahaan tempatmu melamar. 

Jika kamu nggak punya blazer merah, kamu dapat mencarinya di e-commerce kesayanganmu. Belanja di e-commerce nyatanya memang Selalu Ada Selalu Bisa untuk memenuhi setiap kebutuhanmu dengan cepat. 

 

(*)