Sukses

Sepeda Menanjak BromoKOM Challenge 2022 Dapat Dukungan Kahf dari Paragon

Liputan6.com, Jakarta - Bersepeda jadi salah satu olahraga favorit di Indonesia dan semakin banyak penyelenggaraan event bersepeda dan disukai baik pria maupun wanita. Salah satunya adalah  BromoKOM Challenge 2022 yang diadakan oleh Azrul Ananda School of Suffering (AA SoS) dan DBL Indonesia pada 21 Mei 2022.

Kegiatan bersepeda menanjak paling bergengsi di Indonesia itu mendapat dukungan dari Kahf, personal care pria dari PT Paragon Technology and Innovation (Paragon). Kahf mendukung geliat olahraga nasional, khususnya di cabang sepeda yang akhir-akhir ini telah menjadi olahraga populer di masyarakat.

Adapun event sepeda BromoKOM Challenge 2022 diselenggarakan di Jawa Timur pada dua titik kota yakni Surabaya dan Pasuruan dan akan mencapai garis finish di Desa Wonokitri, Bromo, Kabupaten Pasuruan. Sekitar 1200 Pesepeda Indonesia dan Mancanegara ikut serta dalam BromoKOM Challenge 2022.

Sebagai official partner dalam BromoKOM Challenge 2022, Kahf turut memberikan edukasi mengenai kebersihan dan kesehatan kulit kepada para cycling enthusiast khususnya laki-laki. Kahf ingin mengajak setiap atlet, penggiat olahraga outdoor, dan pesepeda untuk menyadari kebutuhan perawatan wajah dan kulit yang sewaktu-waktu dapat terancam sinar UV dan ancaman bahaya lain, dengan penggunaan rutin face wash dan sunscreen.

“Lewat event BromoKOM Challenge 2022, Kahf ingin memperkenalkan pentingnya mencuci wajah dengan membersihkan wajah dan menggunakan sunscreen bagi pria untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari, polusi, dan radikal bebas," ujar Brand Manager Kahf, Billy Darmawan yang menginginkan semakin banyak atlet dan cycling enthusiast peduli terhadap kebersihan dan kesehatan kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kebersihan dan Kesehatan Kulit

Untuk memperluas kampanye kebersihan dan kesehatan kulit bagi pria, Kahf turut menggandeng figur publik dan penggemar bersepeda, Ricky Harun untuk ikut serta dalam race sepeda BromoKOM Challenge 2022. Ia menyebut acara tersebut pengalaman pertamanya mengikuti lomba bareng Kahf.

"Kita juga bareng-bareng belajar untuk lebih aware dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Terima kasih Kahf sudah mengajak saya untuk ikut dalam acara ini”, ujar Ricky Harun.

Dengan kehadiran Kahf sebagai official partner dalam BromoKOM Challenge 2022, Kahf berharap dapat memberikan manfaat kepada masyarakat lewat pemberian edukasi mengenai kebersihan dan kesehatan kulit pria, sekaligus dalam mendukung event olahraga nasional. Hal ini sejalan  dengan visi Paragon, perusahaan yang menaungi Kahf, untuk terus memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan.

“Semoga kehadiran Kahf sebagai official partner BromoKOM tahun ini dapat memberikan manfaat dan edukasi kepada para cycling enthusiast khususnya laki-laki untuk terus memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit. Bersama Kahf, siap hadapi #JalanYangKupilih" hara[ Billy Darmawan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bersepeda

Bersepeda dikenal sebagai salah satu jenis olahraga kardio. Aktivitas mengayuh sepeda akan membuat detak jantung berirama. Tak heran jika olahraga ini disebut mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut laman resmi Dinas Kesehatan Kalbar, aktivitas bersepeda sebaiknya tidak hanya dipraktikkan ketika berolahraga, tetapi juga saat ingin melakukan mobilisasi ke tempat kerja, sekolah, atau tujuan lain yang bisa dijangkau, dikutip dari kanal Bola Liputan6.com.

Kesehatan Paru-Paru

Berbagai jenis olahraga, termasuk bersepeda, dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Kegiatan mengayuh sepeda memang dapat membuat napas sedikit terengah-engah. Akan tetapi, hal itu justru akan berdampak pada kesehatan sistem pernapasan.

Dilansir dari situs resmi Dinas Kesehatan DIY, seseorang dianjurkan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan bersepeda. Hal ini penting untuk mengatur ritme saat berolahraga.

4 dari 4 halaman

Memperkuat Otot dan Kerangka Tubuh

Bersepeda dapat melatih tubuh bagian atas. Alasannya, melakukan olahraga ini, seseorang dituntut untuk menjaga sepeda tetap berada dalam posisi tepat. Hal itu membuat otot-otot tubuh bekerja lebih keras.

Bersepeda tiap hari juga dapat memperkuat kerangka tubuh. Walau posisi badan sedikit condong ke depan ketika mengayuh sepeda, hal ini tak membuat tubuh seseorang bungkuk. Sebaliknya, aktivitas bersepeda justru dapat memperkuat punggung dan membuat badan menjadi tegak.

Masih menurut laman resmi Dinas Kesehatan Kalbar, persepeda bisa membantu menurunkan tekanan darah selama periode waktu tertentu hingga 4,3 persen setelah 3 bulan, dan 11,8 persen setelah 6 bulan. Tekanan darah yang terkontrol pada gilirannya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Hal lain yang juga penting adalah penggunaan sepeda sebagai alat transportasi diketahui bisa membantu mengurangi polusi udara. Pasalnya, sepeda merupakan kendaraan yang tak membutuhkan bahan bakar mesin.