Sukses

Ini Perhiasan yang Cocok untuk Tunangan dan Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Menjalin asmara yang berujung pada janji untuk hidup semati dalam sebuah pernikahan adalah salah satu hal yang paling membahagiakan. Sebelum menapaki panggung pernikahan, mayoritas pasangan memutuskan untuk menggelar pertunangan lebih dulu. 

Baca: Perhiasan berlian wanita, definisi carat pada berlian

Nah, di momen tersebut, sejumlah persiapan pun dilakukan, salah satunya menyiapkan seserahan seperti perhiasan. Buat kamu yang akan menuju ke tahap ini, mungkin bingung, kira-kira perhiasan apa yang cocok untuk pertunangan dan pernikahan. 

Rekomendasi perhiasan yang cocok untuk merayakan dua momen spesial itu adalah perhiasan berlian. Biar kamu nggak bingung, yuk simak pembahasan seputar perhiasan berlian berikut ini:

2 dari 5 halaman

Sifat Berlian

Berlian adalah mineral langka yang terbentuk secara natural dari susunan zat alami selama ribuan tahun. Zat yang terdapat dalam berlian pun memiliki ketahanan yang luar biasa, sehingga menjadikannya memiliki sifat berlian yang spesial.

Baca: Perhiasan model terbaru Leona, mewakili keanggunan dan martabat yang kuat.

Sifat berlian seperti memiliki indeks bias yang tinggi, dispersi, dan kilau yang tinggi menjadikannya layak dijadikan perhiasan kalung berlian, gelang berlian, bros, liontin berlian, anting berlian dan cincin berlian. Sifat berlian itulah yang mampu menjadikan berlian sebagai batu permata paling populer di dunia. 

Nggak heran jika banyak orang memilih perhiasan berlian asli untuk merayakan momen spesial dalam hidup mereka. Itu karena berlian juga menjadi simbol keabadian.

3 dari 5 halaman

Kadar Berlian

Ketika berbicara tentang perhiasan berlian, nggak sedikit yang bingung dengan penyebutan kadar berlian. Sebelum kamu membeli cincin tunangan atau cincin kawin berlian, ada baiknya mengetahui bahwa berlian dinyatakan dalam carat (cts) sementara emas dalam karat (k). 

Carat merupakan salah satu kriteria 4C yaitu (Cut, Color, Clarity dan Carat) yang dapat djadikan patokan saat memilih perhiasan berlian. Dari keempatnya hanya satu yang ada campur tangan manusianya yaitu cut dan sedangkan lainya adalah proses alam. Jadi saat kamu mau membeli berlian, harus perhatikan 4C ini, ya!

Bicara tentang carat pada berlian, sederhananya, berat carat berlian adalah untuk mengukur berapa berat berlian itu sendiri dan satu carat berlian memiliki berat yang sama persis di setiap bagian dunia. Jika diukur dalam satuan berat, carat berlian sama dengan 0,2 gram. 

Dalam perdagangan berlian, pecahan carat disebut sebagai 'poin' atau hanya sebagai pecahan. Berlian 50 poin memiliki berat 0,5 carat, sedangkan berlian 1 carat memiliki berat 100 poin. Jadi, saat kamu ke toko berlian terdekat, pertanyaan yang tepat untuk menanyakan harga berlian bukan per gram, melainkan per carat.

4 dari 5 halaman

Toko Berlian Terpercaya

Berlian ini sudah dikenal lama sebagai salah satu batu permata bernilai tinggi. Itu karena berlian terbentuk pada suhu dan tekanan tinggi yang terjadi di mantel bumi sekitar 100 mil di bawah permukaan bumi. 

Nah, buat kamu yang ingin membeli perhiasan berlian asli, datanglah ke toko berlian terpercaya yang memiliki standar penilaian internasional berlian dari Gemological Institute of America (GIA), yaitu 4C.

5 dari 5 halaman

Ragam Koleksi Perhiasan Berlian

Kriteria tersebut biasa digunakan di dunia untuk menentukan perhiasan berlian asli dan berkualitas. Ada beberapa rekomendasi toko berlian terpercaya, seperti Frank & co. Kamu bisa memilih cincin berlian Frank & co. dari koleksi Frank Fire.

Ada lima desain cincin berlian terbaru yang dihadirkan dalam rangka anniversary nya ke 26 di tahun ini yang memiliki keunggulan 12 parameter (12 Degrees of Rarity) dengan standar penilaian terlengkap dan akurat, untuk menentukan kualitas berlian. Ditambah dengan keunggulan dari Light Performance Beyond 4C (Sparkle, Brilliance, Fire, dan Symmetry) yang dikeluarkan oleh Sarine Technologies. Lima desain Frank Fire yang bisa jadi rekomendasi pilihan untuk merayakan momen pertunangan atau pernikahanmu, salah satunya adalah Serendipity.

Serendipity menjadi cincin berlian wanita yang menyimbolkan kebahagiaan dan takdir sepanjang perjalanan kehidupan cinta. Selain perhiasan berlian wanita dari Frank & Co., kamu juga bisa memilih merek perhiasan nasional yang #Therlengkap, #Therjangkau, dan #Therjamin, seperti The Palace Jeweler dengan koleksi terbarunya, yaitu Moela. 

The Palace Jeweler pada salah satu koleksi perhiasan berlian Moela, seperti Bermoela menghadirkan perhiasan berlian wanita yang memiliki konsep solitaire, Kamoela yang merupakan perhiasan berlian wanita yang berkonsep solitaire dengan twist yang modern.

Ada lagi Trimoela, perhiasan berlian yang memiliki konsep trilogi, di mana ada tiga berlian dalam satu desain. Ada juga Lovela, perhiasan berlian wanita yang mengusung konsep design love dan yang gak ketinggalan, Modela, perhiasan berlian dengan konsep yang fancy. 

Terakhir adalah perhiasan berlian istimewa dalam koleksi Gala terinspirasi dari desain bentuk kipas dari MONDIAL. Koleksi ini menggunakan fancy shape diamond yang terdiri dari pear, marquise, hingga baguette. Gala Collection bisa menjadi representasi kecantikan, kegembiraan, kepercayaan diri, kemewahan, dan status sosial.

Gala Collection terdiri dari cincin berlian wanita, necklace, pendant, bangle dan earrings yang dibuat dari emas 18K, dengan finishing-nya warna akhir adalah white gold, dan rose gold. Perhiasan berlian ini juga cocok dijadikan sebagai inspirasi hadiah untuk diri sendiri maupun orang tercinta.

Informasi lebih lanjut mengenai perhiasan berlian berkualitas lainnya kunjungi website MONDIAL, Frank & co., dan The Palace Jeweler. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @mondial, @franknco_id, dan @thepalace_id yah!

 

(*)