Sukses

Agenda Pekan Film V20 2022 yang Digelar Jelang G20

Pekan Film V20 2022 adalah agenda pertama CARNIVAL yang akan berlangsung pada 14--22 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pelaksanaan G20, Values 20 atau V20 meluncurkan CARNIVAL 20 2022. V20 merupakan komunitas global yang menyokong G20 di Bali pada 20--21 Oktober 2022. Acara CARNIVALV20 akan dibuka dengan pemutaran film pendek sarat nilai-nilai luhur.

"Berupa ide yang intangible, jadi sesuatu yang tangible, seperti film, perlu proses yang sangat panjang. Karena film itu sebuah media untuk mentransfer emosi atau hal yang menggelitik persaan kita," ujar Kurator untuk Pekan Film V20 2022, Mandy Marahimin, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (12/5/2022).

Karena itu, ketika ingin mentransfer sesuatu yang nyata, seperti nilai-nilai dalam film, butuh proses pembangunan yang sangat panjang. Kalau film fiksi, misalnya, kita harus menerjemahkan kembali nilai-nilai itu ke dalam cerita, karakter, plot, dan visual.

"Sementara untuk proyek-proyek dokumenter, kita harus menerjemahkannya lebih komprehensif lagi dan terus terang akan lebih sulit. Nilai tidak bisa dibicarakan, karena kalau nilai-nilai itu disampaikan lewat dialog atau wawancara, yang akan sampai pada penonton adalah otak mereka yang akan dirangsang, bukan emosi mereka. Itu bukan kekuatan film bagi saya," ujar Mandy.

Ia mengatakan, dalam mengkurasi V20, pihaknya banyak sekali menonton film yang semuanya mempunyai nilai-nilai positif. Ketika menonton, mereka sangat berhati-hati supaya jangan sampai film tersebut menyampaikan pesan tempelan belaka.

"Tapi, film ini harus menyampaikan suatu pesan yang mendalam, yang diinternalisasi dalam plot dan karakter dalam cerita. Jadi ketika orang menonton, mereka dapat merasakan sesuatu, bisa memahami sesuatu lebih dari sekadar mengetahuinya saja," imbuh Mandy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Media Komunikasi

Mandy mengungkap, ketika melakukan kurasi film untuk V20, pihaknya harus mencari nilai-nilai intrinsik yang membuat "penonton bisa berubah."

"Kalau kita memilih film yang menyampaikan semua secara gamblang, itu kita namanya memilih company profile. Dalam mengkurasi film-film untuk V20, kami berharap penonton dapat merasakan melalui plot, cerita, karakter, dan tema-tema yang tidak disampaikan secara gamblang, tapi sesuatu yang bisa kita resapi dan pahami secara emosi," tegas Mandy.

“Nilai, penting untuk terus dihidupkan pada diri maupun masyarakat agar tercipta suasana harmonis, tidak akan ada lagi isu SARA dan HAM di masyarakat kita. Kita harus mengembalikan semangat gotong royong, demokrasi, serta keberagaman, karena bangsa kita ini bangsa yang memiliki banyak keragaman suku dan budaya," ujar Alissa Wahid.

"Pesan penting apapun akan lebih mudah diserap melalui media film, karena film merupakan media komunikasi ampuh terhadap massa sasarannya. Karena sifatnya yang audio visual, film mampu bercerita banyak hal dalam waktu singkat," putri mantan presiden Gus Dur itu menambahkan.

3 dari 4 halaman

CARNIVAL

CARNIVAL singkatan dari CreAtivity and InspiRatioN In VALues. Program ini akan mengantarkan berbagai acara yang disiapkan dalam berbagai side events untuk menyongsong Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) V20 pada 20--21 Oktober 2022 di Bali.

CARNIVALV20 menyajikan pemutaran film pendek Indonesia maupun internasional, pertunjukan seni, serta sejumlah webinar. Melalui webinar-webinar ini, keunggulan nilai-nilai masyarakat, ekonomi, alam dan lingkungan, serta kesejahteraan akan ditonjolkan.

Agenda pertama CARNIVAL adalah Pekan Film V20 2022 pada 14--21 Mei 2022. Ini sekaligus menjadi salah satu agenda Nenilai sebagai tuan rumah V20 tahun 2022 Indonesia. Dimulai secara virtual dengan akses terbatas pada 14 Mei 2022, Pekan Film V20 mengangkat tema "Watch Party Short Movie Compilation," yang memutar dua film pendek dari Indonesia dan dua film pendek internasional.

4 dari 4 halaman

Pentingnya Nilai-Nilai

Talk Show Film bertema "Film As A Tools to Expressing Values" kemudian akan digelar pada 21 Mei 2022. Kegiatan ini mencerminkan salah satu komitmen V20 dalam meluaskan nilai-nilai, serta budaya Indonesia. Masyarakat maupun individu didorong menyerap nilai-nilai ini demi mendukung Indonesia jadi bangsa yang kuat, maju, dan kian membanggakan di tataran global.

Salah satu tujuan pemutaran film-film pendek adalah menyadarkan kembali masyarakat akan pentingnya memegang teguh nilai-nilai dan budaya Indonesia. Pemahaman atas nilai-nilai ini terasa kian penting bila kita merujuk pada fakta masih tingginya ketidakpedulian pada warga masyarakat yang terpinggirkan secara ekonomi, sosial, keadilan, dan kemanusiaan.

CARNIVAL V20 berlangsung sepanjang Mei-–Agustus 2022. Masyarakat dapat mengakses Pekan Film V20 2022 melalui laman v20filmweek.rsvpify.com/ atau dapat menghubungisecretariate.office@v20indonesia.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.