Sukses

Warung Seblak Murah Seporsi Hanya Rp3 Ribu dan Bebas Ambil Isian Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Seblak termasuk kuliner Jawa Barat yang populer dan disukai banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, penggemar seblak berasal dari berbagai kalangan dan usia.

Banyak penjual makanan menyajikan seblak sehingga termasuk jajanan yang mudah ditemui. Ada yang menjualnya dan ada juga di gerobak dorong.

Seorang wanita rupanya membuka warung seblak dengan harga murah meriah, yakni mulai dari Rp3 ribu saja. Hal ini ia bagikan melalui akun Tiktok @nurulrahmawati83.

Dalam unggahan itu, ia menunjukkan aneka isian seblak yang sangat beragam. Ada beragami kerupuk, makaroni, mi, dan aneka bahan lainnya. Pilihannya sangat lengkap.

Pembeli yang datang pun bisa memilih topping sesuka hati untuk dimasukkan ke dalam wadah yang diberikan. Soal harga, memang sengaja dipatok murah meriah karena sasaran konsumennya adalah anak-anak.

Wadah seblak yang digunakan adalah gelas plastik sekali pakai. Selain porsi Rp3 ribu, ia juga menjual ukuran lain dengan harga Rp5 ribu dan Rp10 ribu. Setelah pembeli memilih isian seblak, wanita ini akan langsung memasaknya.

Waktu yang dibutuhkan pun tak lama karena bumbu seblak sudah disiapkan. Usaha milik wanita ini dketahui bernama Warung Cemal Cemil dan berlokasi di Bekasi. Selain menjual seblak, warung ini juga menyediakan aneka jajanan serta minuman.Video ini berhasil menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tiap Hari Beli

"Ini jual semurah itu apa tetap untung? Cuma Rp3 ribu isiannya bisa pilih sendiri lagi," komentar seorang warganet.  "Ya, ampun mau banget coba. Itu isiannya macam-macam banget, jadi ngiler," timpal warganet lainnya.

"Kalau gue tinggal di situ, pasti udah tiap hari beli, deh. Isiannya bisa pilih sendiri, mantap betul," timpal warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang seblak murah itu sudah dilihat lebih dari 3,4 juta kali dan disukai lebih dari 214 ribu kali.

Tak hanya anak-anak, orang dewasa dan bahkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ternyata juga menyukai seblak. Dalam kunjungannya ke Bandung, Jawa Barat, beberapa tahun lalu, Retno Marsudi mendapat pengalaman yang baru pertama kali ia rasakan.

Dalam acara bincang santai di Museum KAA, ratusan mahasiswa Bandung mendengar bahwa Menlu Retno Marsudi baru pertama kali mencoba makanan khas setempat yaitu seblak.

3 dari 4 halaman

Menlu Retno Marsudi

"Percaya atau tidak adik-adik, ini adalah kali pertama saya makan seblak," ujar Menlu Retno Marsudi yang disambut tepuk tangan dan tawa mahasiswa,” dikutip dari kanal Global Liputan6.com. "Rasanya pedas sekali dan saya pesan yang sedang-sedang saja," tambahnya.

Pengalaman baru ini dialami oleh Menlu Retno saat sarapan di salah satu hotel di kawasan Dago Pakar Bandung.

Meski banyak disukai, Anda yang suka makan seblak tetap harus waspada dan sebaiknya jangan memakannya secara berlebihan. Menurut ahli gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah, walau bisa diproses di saluran pencernaan, tidak tepat juga bila mengonsumsi seblak setiap hari.

Mengutip kanal Health Liputan6.com,mengonsumsi segala sesuatu tak boleh berlebihan dan begitu pula dengan seblak.

4 dari 4 halaman

Porsi Seblak

"Ya kalau masih sekali seminggu itu wajar, enggak apa-apa," kata Hardinsyah. Ia menyarankan untuk mengonsumsi beragam makanan.

Walau amat doyan sekali dengan seblak, secukupnya saja saat makan. Jangan makan seblak semangkuk besar sekali.

Selain itu, kombinasikan dengan bahan pangan lain. Hardinsyah menyarankan untuk mengonsumsi beragam makanan. Jadi bila sudah makan seblak siang hari, nanti sore atau malam jangan lupa makan buah dan sayur. Atau bisa juga memesan seblak dengan varian sayuran.

"Mengonsumsi makanan secara beragam itu membantu untuk saling melengkapi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh," katanya. Jangan lupa juga minum air secukupya, bukan sekadarnya. Kehadiran cairan yang cukup membantu pencernaan jadi lebih lancar.