Sukses

Libas Gerah Seketika, Yuk PO Asinan Buah Khas Kota Medan Pertemuan Manis

Liputan6.com, Bekasi Cuaca yang gerah bikin ogah-ogahan beraktivitas. Biar lebih bersemangat, nggak ada salahnya break kali ini diisi dengan asinan buah. Jangan hanya sekadar membayangkan potongan buah dengan kuah manis-asam ini saja. Buruan pesan Asinan Buah Khas Kota Medan Pertemuan Manis yang ada di Bekasi.

Dirintis oleh Elfira Diana, usaha kuliner ini dibuka mulai pertengahan tahun 2019.

“Inspirasinya saat melihat kuliner asinan buah yang saat itu cukup popular di Medan. Sesampainya di Jakarta, saya mencoba meracik kuahnya sendiri dan berdirilah Pertemuan Manis,” kenangnya. Bukan hanya namanya yang unik dan terdengar romantis, citarasa asinan buah racikannya pun dijamin berbeda.

Menggunakan Buah Kweni

Tampilan Asinan Buah Khas Kota Medan Pertemuan Manis ini memang sedikit berbeda dibandingkan produk sejenis di pasaran. Kalau biasanya memiliki kuah kemerahan, menu andalan Elfira ini justru punya kuah berwarna kuning cerah. 

Bukan dari jeruk, tapi memakai sari buah kweni. “Asinan buah umumnya menggunakan kuah cuka pedas, sedangkan Pertemuan Manis menggunakan kuah dari jus kweni yang sudah dibumbui, jadi tidak plain rasa mangga saja,” jelasnya. 

Ingin Mengenalkan Asinan Buah Khas Medan

Sama-sama menggunakan buah dengan tekstur renyah sebagai isian asinan buah buatannya, Elfira menyebut keunggulan ada pada kuahnya. “Rasa kuahnya sebenarnya manis, gurih, dan sedikit pedas. Maka tidak jarang orang-orang di lingkungannya menyebutnya sebagai manisan. Sedangkan di Medan sendiri, orang menyebutnya asinan,” jelasnya. 

Meskipun berbeda nama, kesegaran dessert dengan kearifan lokal ini jangan sampai diabaikan. Asinan Buah Khas Kota Medan Pertemuan Manis ini pun hadir dengan beragam ukuran yang bisa dipilih sesuai keinginan pembeli.

Bahan Baku Jadi Tantangan

Tak lepas dari masalah, buah kweni yang dijadikan kuah asinan ini cukup sulit didapatkan. “Bahan baku utama saya adalah buah kweni, yang tidak selalu tersedia setiap saat, sehingga ketersediaan bahan baku menjadi kendala utama bagi saya,” jelas Elfira. Selain itu, sang owner pun kesulitan melebarkan pasar dan kini banyak melayani pemesanan dari orang-orang di sekitar tempat tinggalnya saja.

Asinan Buah Khas Kota Medan Pertemuan Manis nggak sendirian. Kini hadir ManisdanSedap.com untuk mendukung para pelaku UMKM, khususnya yang melayani pre-order produk kuliner. Platform ini bukan hanya memudahkan siapa saja untuk menemukan dan memesan beragam menu di berbagai daerah, tapi juga menjadi etalase bagi para penjual. 

merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network, ManisdanSedap.com memiliki fitur yang dapat menghubungkan pembeli langsung ke nomor WhatsApp seller. Makin mudah berinteraksi dengan pembeli, dapatkan beragam kemudahan dalam mengenalkan produk andalanmu tanpa dipungut biaya. Yuk, daftarkan usaha kulinermu sekarang juga!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!