Sukses

Boy Pablo Siap Gelar Konser Lagi di Jakarta, Ketenarannya Berawal dari Keisengan

Liputan6.com, Jakarta - Band asal Norwegia, Boy Pablo dikabarkan akan menggelar konser di Indonesia. Informasi itu diketahui dari sebuah unggahan di akun Instagram resminya.

Band ini membagikan foto personel utamanya, Nicolas Pablo Munoz saat manggung, sambil menyelipkan tulisan "Indonesia." Tak sedikit warganet yang berspekulasi bahwa ini adalah "teaser" dari pengumuman konsernya di Tanah Air.

Sehari kemudian, Rabu (27/4/2022), teaser ini terbukti benar adanya. Pada hari ini, muncul video baru yang menampilkan informasi lebih jauh mengenai unggahannya kemarin.

Pablo mengunggah gambar yang sama, tapi kini dengan tulisan yang berbeda. Pelantun "Everytime" tersebut menyelipkan keterangan tempat "Jakarta" dan Hall Basket Senayan sebagai tempat konser.

Sementara sebagai keterangan waktu, tertulis juga tanggal 3 Desember. Boy Pablo membagikan sejumlah unggahan mengenai hal ini di Instagram Story.

Salah satunya adalah dari Kulture, yang membagikan detail lebih lanjut mengenai konser Boy Pablo.

"Boy Pablo Live in Jakarta December 3rd, 2022. Hall Basket Senayan. Brought to You by Yours Truly @Kultvizion @Vizionvibe @Kulture.vol," begitu pernyataan mereka. Disebutkan pula bahwa tiket akan mulai dijual pada Jumat, 29 April besok pukul 13.00 WIB.  

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sekolah Musik

Sebelumnya, Boy Pablo pernah menggelar konser pertamanya di Indonesia pada 2018 dan yang kedua pada 2019 yang berlokasi di Basket Hall Senayan, Jakarta. Dibawah label 777music, saat ini Boy Pablo sedang menjalankan rangkaian tur di AS sejak 20 April hingga 8 Mei 2022. 

Melansir kanal Showbiz Liputan6.con, Munoz merupakan vokalis sekaligus gitaris utama Boy Pablo. Band beraliran musik indie pop dan indie rock ini mulai dibentuk pada 2015 dan masih berkarya hingga saat ini. Munoz yang mendirikan grup ini merupakan pria keturunan Chili yang tinggal di Bergen, Norwegia.

Ia bersekolah di Kongshaug Musikkgymnas, sebuah sekolah musik privat di dekat wilayah Os. Melansir berbagai sumber, Muñoz mendirikan proyek "Boy Pablo" pada Desember 2015, dan mulai mendapat atensi di Norwegia pada 2016, sehingga mendapatkan beasiswa Bergenfest.

Muñoz membuktikan diri dengan membawa Boy Pablo agar dikenal secara luas lewat video klip lagu mereka yang berjudul "Everytime", yang mereka unggah di YouTube pada Mei 2017. Video ini awalnya hanya memperoleh ribuan views. Tapi setelah viral viewnya mencapai jutaan.

3 dari 4 halaman

Bermodal Kamera dan Video

Boy Pablo merilis 6 lagu dalam album mini, Roy Pablo, pada Mei 2017. Di dalam album itu terdapat single "Everytime". Single selanjutnya, "Losing You" dirilis pada Maret 2018.

Setelah itu ia memulai penampilannya di luar Norwegia dengan tur Eropa pada Maret dan April 2018.  Meskipun musik dari Boy Pablo diproduksi dan direkam oleh Muñoz sendiri namun ia memiliki band untuk keperluan live yang terdiri dari Gabriel pada gitar, Henrik di bass, Eric di kibor, dan Sigmund di drum.

Mereka ini adalah mantan teman sekelas Muñoz semasa sekolah. Pablo dikenak dengan ciri khas hoodie dan celana pendeknya yang nyentrik. Ketenaran Boy Pablo ternyata berasal dari keisengannya semata. Bermodalkan kamera dan video yang direkam tanpa teknik mumpuni, Boy Pablo bisa dikenal hingga ujung dunia.

Semuanya berawal pada 2015, Boy Pablo dan teman-temannya menaiki mobil dan menuju sebuah pantai. "Kami tak punya banyak rencana, tapi kami membawa kamera, jadi dia berpikir mengapa tidak mencobanya?" kata Fabio, manajer Boy Pablo. Tanpa pikir panjang, lagu Everytime dimainkan. Dia memainkan instrumen dari hati pada lagu Everytime.

4 dari 4 halaman

Terapi Rasa Sakit

Bagi Boy Pablo, logaritma YouTube berhasil membuatnya terkenal. Setelah warganet mendengarkan lagu Rex Orange Country, video Everytime Boy Pablo mungkin saja muncul menjadi rekomendasi lagu yang didengarkan selanjutnya.

Semua ini bisa dibilang hanya keberuntungan belaka dari logaritma YouTube dan lagu 'Everytime', baru sisanya adalah bakat yang dimiliki Boy Pablo.  Pria dengan rambut belah tengah ini menganggap lagu adalah terapi dari rasa sakit yang dimilikinya.

"Waktu saya membuat musik, itu seperti terapi bagi saya, tapi saya tidak suka hal-hal menjadi terlalu serius. Saya tidak ingin terlihat seperti artis yang serius,” terangnya.''Cinta muda selalu merupakan hal yang mudah untuk ditulis dan sejujurnya saya tidak sebaik itu dengan kata-kata," lanjutnya.

Band ini juga telah melenggang ke berbagai festival musik besar dunia. Sebut saja festival sekaliber Coachella, Lollapalooza, Primavera, dan Lowlands telah disinggahi Boy Pablo.

Mereka setidaknya membuktikan bukan band sensasi semata. Terbaru, Boy Pablo telah menjadwalkan tur cukup panjang di kawasan Asia Tenggara. Jakarta juga tak ketinggalan sebagai salah satu kota yang menghelat konser tur Boy Pablo ini.