Sukses

Bandara Soekarno Hatta Tambah Layanan Tes PCR bagi PPLN

Peningkatan jumlah Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) sempat membuat antrean panjang penumpang pesawat internasional di Bandara Soekarno Hatta yang ingin mengakses layanan tes PCR, akhir pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN yang tiba di Bandara Soekarno Hatta meningkat dalam beberapa hari ini. Guna memperlancar proses kedatangan internasional, stakeholder Soetta menambah lokasi layanan tes PCR.

Dikutip dari laman resmi Angkasa Pura II, Rabu (30/3/2022), telah menambahkan titik tes PCR di Bandara Soetta agar protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik. PPLN yang baru tiba di Indonesia sampai saat ini diwajibkan menjalani tes RT-PCR di pintu masuk kedatangan (entry point).

Kebijakan ini sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 15/2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 33/2022. Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menyebut stakeholder Bandara Soekarno Hatta sepakat mulai 28 Maret 2022, lokasi tes RT-PCR bagi PPLN ditambah.

Penambahan titik tes PCR ada di curbside (selasar) di area kedatangan internasional Terminal 3 setelah melalui area imigrasi dan Bea Cukai. Lokasi tes RT-PCR di curbside Terminal 3 ini untuk mendukung lokasi tes RT-PCR yang berada di dalam area kedatangan internasional Terminal 3.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mempersiapkan area tes RT-PCR di curbside ini dengan baik. Agus Haryadi menjelaskan stakeholder AP II dan Satgas Udara Penanganan COVID-19 telah berkoordinasi.

"Bahwa mulai 28 Maret, terdapat dua lokasi atau titik tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peningkatan Kedatangan PPLN

Agus Haryadi mengungkapkan, "Dengan penambahan lokasi RT-PCR di curbside, maka kami berharap proses kedatangan internasional dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN."

Khusus bagi PPLN dengan kategori Pelajar, ASN, dan PMI, pengambilan sampel tes RT-PCR dilakukan di Wisma Atlet atau lokasi yang ditetapkan Satgas COVID-19. Pada 27 Maret 2022, sempat terjadi antrean PPLN yang akan tes RT-PCR di area kedatangan internasional.

 
3 dari 5 halaman

Penambahan Titik Tes PCR

Antrean disebabkan karena peningkatan PPLN yang tiba khususnya pada pukul 14.00--17.00 WIB. Penanganan telah dilakukan sehingga PPLN dapat menjalani prosedur kedatangan internasional.

Tak hanya penambahan lokasi tes PCR di curbside, tenaga kesehatan untuk pengambilan sampel RT-PCR juga akan ditambah guna menghindari antrean panjang. Agus Haryadi menyebut kedatangan PPLN melalui Bandara Soekarno Hatta saat ini secara rata-rata berkisar 5.000 orang setiap harinya.

4 dari 5 halaman

Protokol Kesehatan

"AP II dan stakeholder antara lain Satgas Udara Penanganan COVID-19 dan maskapai selalu berkoordinasi untuk melakukan berbagai penyesuaian guna memastikan protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik," tutur Agus Haryadi.

Ia menambahkan AP II siap mendukung berbagai fasilitas dan personel guna menjaga penerapan petunjuk pelaksanaan PPLN sesuai regulasi dapat berjalan dengan baik. "Seluruh penumpang pesawat agar menerapkan protokol kesehatan dengan baik, khususnya menjaga jarak, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan," tutupnya.

5 dari 5 halaman

Infografis Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, Swab PCR Test

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.