Sukses

Meningkatkan Kemampuan Podcasters Generasi Muda Lewat Kolaborasi dengan Kemenkominfo

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, bermitra dengan Spotify meluncurkan Kelas Podcast Siberkreasi 2022. Program gratis ini dirancang untuk meningkatkan keahlian pembuatan podcast.

Mulai dari 26 Februari 2022, program ini terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang tertarik mempelajari lebih lanjut tentang dunia podcast. Sejak diinisiasi pada 2020, Kelas Podcast Siberkreasi telah menjangkau lebih dari 30.000 peserta dari seluruh penjuru tanah air. Dengan keikutsertaan Spotify, program ini menargetkan 50.000 peserta tambahan di tahun 2022.

Peserta akan mendapatkan tips dan trik terbaik tentang cara membuat saluran podcast. Mulai dari mengidentifikasi sasaran pendengar, mengatur transkrip, memanfaatkan media sosial untuk promosi serta mengembangkan podcast dan pelatihan suar.

Mereka akan dipandu dengan berbagai materi podcast dan ide konten dari para ahlinya. Sebagai bagian dari program ini, peserta juga mendapatkan informasi dari Spotify tentang cara terbaik untuk memanfaatkan Anchor, perangkat gratis dari Spotify untuk membuat dan mendistribusikan podcast mereka.

Sesi pelatihan pertama berjudul, "Suara dari Perempuan untuk Perempuan" akan dilaksanakan pada 26 Februari 2022 dan dipimpin oleh para perempuan terbaik di bidangnya. Dipandu oleh Natalie Indry, Penyiar TV dan Radio, peserta dapat belajar dari pembimbing inspiratif seperti Host dan Kepala Penyiaran Kelas Broadcasting Indonesia (Voice Coaching),

Bintang Cahaya dan Ida Umamah, seorang mantan jurnalis dan Host "I Think I Wanna Date You." Kelas Podcast Siberkreasi 2022 juga akan menghadirkan sesi pelatihan dari para pakar di beragam bidang seperti olahraga, keagamaan, kelompok disabilitas dan lainnya.

Semuel A. Pangerapan selaku Direktur Jenderal Penerapan Informatika Republik Indonesia, sebagai bagian dari upaya percepatan agenda nasional transformasi digital, kita harus berpegang pada prinsip 'tidak ada yang tertinggal, atau tidak seorang pun akan ditinggalkan'. Program tahun ini dirancang lebih tersegmentasi karena semua lapisan masyarakat kita akan dapat menerima substansi dan materi yang lebih sesuai.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Komunitas Podcast

“Kerja sama dengan Spotify ini merupakan langkah nyata dari kami untuk membawa program ini ke lebih banyak anak muda di seluruh Indonesia," kata Semuel A. Pangerapan.Memulai Kelas Podcast Siberkreasi 2022, Kemenkominfo dan Siberkreasi menggelar webinar bertajuk Gelombang Baru Siniar Generasi "Halu"? pada 16 Februari 2022 lalu.

Dibuka oleh Rizki Ameliah, Koordinator Program Digital Literasi Kemenkominfo, kegiatan ini difasilitasi oleh Bobby Mandela inisiator "BKR Brothers". Lalu ada dua podcaster muda dalam Podcast Eksklusif Spotify, Vania Winola dari "little talks" dan Halo Bagas dari

"Kita dan Waktu". Selama sesi, mereka berbagi pengalaman, tips dan trik, serta konsistensi menjadi seorang podcasters. Alumni dari sesi tahun 2020/2021 juga ikut berbagi pengalaman mereka selama pelatihan, sekaligus harapan untuk mengembangkan potensi podcast dan literasi digital di Indonesia.

Carl Zuzarte, Head of Studio Spotify Southeast Asia mengatakan, podcast merupakan medium unik yang memungkinkan kreativitas dan personalisasi. “Karena itu, kami telah secara aktif bekerja sama dengan kreator di Indonesia untuk membangun program Eksklusif dan Original sejak tahun 2019 dan akan terus berinovasi untuk mendukung dan membangun komunitas podcast di Indonesia," terang Carl Zuzarte.

Melalui rangkaian Kelas Podcast Siberkreasi 2022, Kemenkominfo, Siberkreasi, serta Spotify berharap dapat menumbuhkan talenta digital di Indonesia yang mampu menciptakan konten podcast yang menarik, positif, dan berdampak besar terhadap masyarakat.Pelajari lebih jauh tentang Kelas Podcast Siberkreasi 2022 bersama Spotify dengan mendaftarkan diri di s.id/siniarperempuan.

3 dari 3 halaman

Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19