Sukses

Cerita Anies Baswedan Diajak Foto Bareng Anak-Anak di Danau Dekat Stadion JIS

Anies Baswedan sempat kaget seorang anak kecil di dekat stadion JIS mengenali dirinya meski ia memakai masker.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sering mengunggah berbagai kegiatannya di kaun Instagram resminya. Belakangan ini ia kerap membagikan unggahan tentang Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Anies, saat ini, realisasi proyek pembangunan JIS telah memasuki pekan ke-118 dan mencapai 87,85 persen. Anies juga menjabarkan bahwa proyek yang dikerjakan sejak 2019 tersebut melibatkan setidaknya 4.000 pekerja. Meski terhalang pandemi Covid-19, pembangunan JIS tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat karena seluruh pekerja tidak diperkenankan untuk keluar-masuk proyek.

JIS tercatat masuk dalam 10 stadion termegah di dunia, berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail pada 20 Februari 2021. Tak hanya itu, JIS merupakan satu-satunya bangunan stadion yang telah memperoleh sertifikat bangunan ramah lingkungan (green building) level platinum pada aspek pengakuan disain (design recognition).

Dalam unggahan terbarunya, mantan Menteri Penddikan dan Kebudayan ini kembali mengunggah tentang JIS, tapi ada cerita lain yang lebih menarik perhatiannya saat sedang meninjau pembangunan stadion tersebut. "Menjelang Ashar mampir ke tepi timur Danau Cincin. Duduk di tepi danau, menyaksikan dari kejauhan anak-anak setempat berlarian, dari main bola sampai kejar-kejaran," tulisnya dalam awal unggahannya pada Sabtu, 1 Januari 2021.

Ia terlihat berfoto bersama beberapa anak-anak di kawasan stadion JIS dan kemudia menyambangi beberapa warga yang berada di sana. Saat sedang duduk dengan latar stadion JIS, seorang anak perempuan berjalan sendirian dengan langkah yakin ke arah dirinya duduk.

Ia kembali menuliskan, ketika sudah dekat dia tanya sambil senyum, "'Pak Anies, ya?” Saya jawab, "iya. Kok tahu? Kan pake masker." “Dia malah ketawa, “keliatan aja.” Lalu dia melampaikan tangan ke teman2nya & teriak, “hei bener, ini Pak Anies.” Lalu mereka berhamburan lari menuju kami," lanjutnya.

Anies mengungkapkan nama anak perempuan itu Rachel, duduk di bangku kelas 7. Dia percaya diri, ceria dan tangkas. Ketika teman-temannya sudah berdatangan, dia keluarkan ponsek dari kantongnya.

"'Pak, kita foto bareng, ya'," pintanya. Bukannya berjejer tapi mereka malah saling dorong dan bergumul. Satu anak terjungkal jatuh ke danau. Tak ada yang marah, semua tertawa lepas. Rachel kemudian berdiri memotret Anies dan anak-anak lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memelihara Burung

Sedangkan anak kecil berkaus merah yang terjungkal itu bangkit dan kembali tertawa. Badannya lentur, ulet dan sigap. "Saya ajak duduk foto berdua, lalu sy tanya, kalau besar mau bikin apa. Dia jawab, “Mau jadi Pemadam Kebakaran”. Cocok! :)," tulis Anies.

Anak-anak itu tidak ada yang pakai masker, jadi dibagikan masker.  Kali ini mereka mengantre dengan tertib. Kata Anies, kebetulan di dalam mobilnya ada boks masker untuk diberikan ke warga yg tidak pakai masker.

Tak jauh dari tempat mereka berfoto, ada para penggemar burung merpati sedang berlatih kecepatan dan ketepatan. Anak-anak itu lalu mengantar Anies , berjalan kaki bareng ke lokasi penggemar burung itu.

Setiap sore tempat itu jadi lokasi latihan penggemar burung merpati. Anies yang mengaku suka memelihara burung, apalagi merpati, rasanya seperti kembali ke habitat.

"Sebuah sore cerah di tepi timur Danau Cincin yg berlatar belakang JIS & beratapkan langit. Kombinasi yg luar biasa: keindahan alam anugerah Allah swt & keindahan bangunan karya bangsa sendiri," tulisnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Masa Depan Anak-anak

Namun menurut Anies Baswedan, yang jauh lebih membahagiakan, bukanlah pemandangan alam dan bangunan itu, tapi anak-anak yg ceria, lincah dan guyub. "Melihat warga yg bahagia bermain dg burung merpati peliharaannya. Kebahagiaan bisa menyaksikan cerianya warga seperti ini melampaui kebahagiaan memandang keindahan bangunan apapun," tutur Anies.

"Semoga masa depan anak2 ini secerah suasana sore ini, 1 Januari 2022," pungkasnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 181 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 6.930 komentar.

Warganet banyak yang melontarkan pujian dan ada juga yang memberi usulan. "Masyallah Caption Bapak enak Banget dibacanya.. Kayak baca Novel 🙂 senang jg Melihat Pemandangan Ini😍 sehat² pak Anies👆," komentar seorang warganet.

"pak saran saya jalanan di pinggir danau cincin di benahi pak trs jg di kasi akses untuk bisa langsung ke jis🙏🏼," komentar warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.