Sukses

Contekan Tren Gaya Hidup 2022 Versi Pinterest, dari Kuliner, Traveling, hingga Mode

Liputan6.com, Jakarta - Tren gaya hidup umumnya selalu berubah setiap tahunnya. Tren ini biasanya menjadi acuan atau referensi untuk Anda yang ingin tampil beda dan kekinian pada 2022 nanti. Tak hanya di bidang mode dan kecantikan, tapi juga bidang kuliner/makanan dan traveling/perjalanan.

Baru-baru ini platform media sosial dan berbagi gambar, Pinterest, merilis prediksi tren yang akan populer dan diminati pada tahun depan. Prediksi tersebut dirilis dalam laporan bertajuk Pinterest Predicts 2022 yang diterima Liputan6.com, Rabu, 8 Desember 2021. 

Lalu, seperti apa prediksi tren fesyen, kecantikan, kuliner dan traveling yang akan populer di 2022 versi Pinterest?

Tren Mode/Fesyen

1. Serba Mutiara

Mutiara diyakini Pinterest akan menjadi tren pada 2022. Semua kalangan usia akan menyukai aksen penuh kilau di rumah, dalam kotak perhiasan, dan bahkan saat menghias kuku. Pesta bertema mutiara juga makin digemari karena orang memilih gaun berhias mutiara dan dekorasi mutiara untuk pernikahan.

2. Gaya Warna Mencolok

Baju yang mencolok akan menjadi sesuatu yang biasa. Pakaian yang membuat mood lebih baik dengan warna-warna cerah akan menjadi gaya 2022. Tren ini terlihat di berbagai usia dan jenis kelamin.

Tahun ini orang menggapai pelangi dengan pakaian semarak beraneka warna dan bernuansa gembira. Ada baju pelangi hingga setelan biru elektrik. Setelan gaun fuchsia juga akan banyak jadi pilihan, bahkan gaun ombre naik 95 persen di Pinterest. 

3. Serba Gotik

Selamat datang era gotik. Gaya gotik akan menjadi mainstream tahun ini untuk segala usia—dengan cara yag mungkin tak terpikirkan sebelumnya. Busana bisnis kasual gotik, pakaian bayi gaya gotik, dan bahkan sampai dekorasi dapur ala gotik semuanya akan menjadi tren. Yang menarik, piama gotik pencariannya naik 165 persen di Pinterest.

4. Motif Kotak-kotak

Motif kotak-kotak ala papan catur akan kembali populer di kehidupan sehari-hari. Ada motif kuku, karpet, sampai lantai. Para pria yang ingin semakin bergaya juga akan menggemari motif ini, termasuk memakai jas motif papan catur. Tren motif ala papan catur ini didominasi oleh generasi milenial dan boomer.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Tren Kecantikan

1. Perhiasan berkilau

Di 2022 nanti, aksesori bling-bling atau berkilau akan semakin diminati. Tren ini kabarnya berasal dari kebiasaan Gen Z yang kerap mengenakan aksesori lebih dari sekadar anting biasa, manset, sampai kalung tumpuk. Menurut Pinterest, Gen Z semakin kreatif dan menghiasi seluruh tubuhnya dengan aksesori, mulai dari permata gigi hingga hiasan kristal untuk mata.

Tak sekadar pada aksesori, riasan wajah yang lebih menonjol sepertinya juga akan semakin diminati pada 2022 nanti. Hal itu ditunjukkan dengan pencarian kata ‘makeup mata kristal’ yang naik hingga 110 persen di Pinterest. Sementara pencarian kata untuk ‘pertama gigi’ naik 85 persen, dan ‘pedikur dengan batu berkilau’ naik hingga 150 persen.

2. Cat kuku bergaya panorama

Pinterest juga memprediksi bahwa di 2022 nanti cat kuku bergaya panorama akan semakin diminati. Seni menghias kuku yang terinspirasi dari geode, gurun, dan rasi bintang sedang tren di kalangan generasi milenial saat ini.

Laporan Pinterest menyebutkan bahwa pencarian tentang ‘kuku galaksi’ naik hingga 115 persen, dan ‘kuku aurora’ naik empat kali lipat. Selain itu, data Pinterest juga menunjukkan bahwa pencarian kata kunci ‘kuku akrilik lautan’ naik lima kali lipat.

3. Model rambut tak biasa

Menurut prediksi Pinterest, di 2022 nanti model rambut yang halus dan rapi kemungkinan kurang diminati. Sebaliknya, potongan rambut yang menarik perhatian seperti mullet hingga oktopus akan sangat digandrungi oleh Gen Z. Tren itu dibuktikan lewat data yang dirilis oleh Pinterest.

Dalam data tersebut disebutkan bahwa pencarian kata untuk ‘gaya rambut mullet’ naik sampai 190 persen, kata kunci untuk ‘potongan rambut gurita’ serta ‘mohawk rambut pendek’ juga naik dua kali lipat.Sebagian orang juga ingin berinovasi lebih jauh dalam tampilan rambutnya. Faktanya, pencarian terhadap kata ‘wig model bob’ naik tiga kali lipat, dan ‘desain warna kepala plontos’ naik 12 kali lipat di Pinterest.

4. Rambut indah mengembang

Pada 2022, beberapa orang kabarnya akan merayakan rambut bertekstur alami dengan teknik tata rambut mengembang. Gaya rambut dua cepol dan high-puff juga akan semakin digandrungi oleh Gen Z.

Pencarian tentang ‘gaya rambut space buns alami’ naik sampai 100 persen dan ‘gaya rambut sanggul tinggi’ naik 165 persen. Masih dalam laporan yang sama, disebutkan bahwa pencarian kata ‘gaya rambut pom pom alami’ naik 65 persen, ‘gaya rambut pendek alami’ naik 185 persen, dan ‘gaya rambut cepol alami’ naik hingga 160 persen.

3 dari 4 halaman

Tren Traveling/Perjalanan

1. Wisata Malam

Menurut Pinterest, petualangan yang paling berkesan pada 2022 bakal berlangsung usai mentari terbenam. Orang akan beralih ke waktu senyap di malam hari untuk mewujudkan perjalanan impian dan jelajah alam. Gen Z mendorong tren ini. Beruntung, ponsel kini bisa mengambil foto malam yang jauh lebih bagus. Mari menjelajah dalam gelap.

2. Resor

Bersantai kini jadi peta petualangan baru. Pada 2022, orang ingin berlibur ke tempat indah tanpa perlu repot. Milenial, Gen X, dan boomer beralih ke resor dan paket serba lengkap untuk liburan mudah sambil menikmati berbagai fasilitas.

3. Wisata Danau

Danau dan perairan luas lainnya akan makin digemari pada 2022 karena orang lebih memilih berenang di air tawar daripada berlibur ke pantai. Gen X dan boomer menemukan kembali kecintaan akan air tawar yang makin populer tahun ini. Resor tepi danau, perahu ponton, rancangan rumah danau, semuanya akan menyemarakkan tahun 2022.

4 dari 4 halaman

Tren Kuliner

1. Minum Teh Sore Hari

Untuk tren makanan dan minuman, minum teh atau ngeteh sore akan menjadi momen spesial Tahun 2022. Tak hanya kopi, orang akan lebih memilih minum teh bersama teman daripada minum-minum sepulang kerja. Teh sore hari bukan sekadar makan-makan, melainkan sebuah momen, sebuah estetika, dan sebuah pose. Pencarian “pesta teh estetik” dan “pose minum teh” meningkat di semua kelompok usia.

2. Kreasi Kue

Tak ada lagi masa pie batangan dan cupcake yang sudah melewati eranya. Tahun 2022, saatnya untuk sesuatu yang baru. Orang akan membuat ku yang semakin rumit. Kue yang bisa menggambarkan perasaan mereka saat itu. Ada kue anti-gravitasi, desain gelembung, bahkan sampai tiga dimensi. Tren ini khususnya populer di kalangan milenial, Gen X, dan boomer.

3. Resep Warisan

Kuliner atau makanan di 2022 akan kembali ke selera asal. Koki yang suka bereksperimen bisa santai dulu, kali ini kita akan kembali ke selera asal. Pengalaman kuliner yang terlalu mewah akan mulai ditinggalkan dan Gen X serta generasi boomer akan mulai kembali ke resep-resep warisan (baik dari leluhur sendiri ataupun orang lain). Banyak yang akan memasak dan menikmati hidangan tradisional dari segala penjuru dunia.