Sukses

Spektakulernya Pembukaan PON XX Papua 2021 Banjir Pujian dari Warganet

Pembukaan PON XX Papua 2021 berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Gegap gempita pembukaan PON XX Papua 2021 sukses membuat banyak pihak terkagum-kagum. Upacara pembukaan pesta olahraga ini berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Pembukaan PON XX Papua 2021 disemarakkan dengan puluhan penari dibarengi tulisan "Selamat Datang Papua". Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih.

Video mengabadikan keindahan dan pesona alam Papua, tak terkecuali Danau Sentani, Tugu Arthur, situs Megalitik. Ada pula kerajinan tangan dan santapan khas Papua, seperti papeda dengan kuah kuning.

Stadion Lukas Enembe menjadi saksi sejarah perhelatan akbar ini. Acara di lokasi turut disemarakkan dengan tampilan para pesohor negeri dan iringan kembang api yang spektakuler.

Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku menjadi pemandu acara sebelum upacara pembukaan berlangsung. Ada pula penampilan dari sederet penyanyi ternama Tanah Air, seperti Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay dan Lea Simanjuntak.

Artis Papua turut memeriahkan pembukaan PON XX Papua 2021. Mereka tampil pada malam pembukaan antara lain Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Pujian Warganet

Kemeriahan pembukaan PON XX Papua 2021 menuai banyak respons positif, termasuk dari warganet. Mereka membanjiri kolom komentar unggahan di akun Instagram resmi PON Papua dengan sederet pujian dan menuangkan pesan antusiasme.

"keren saya nonton langsung loh min di stadion sesuai Prokes yg ketat. next optimis Indonesia bisa tuan rumah kejuraan di kompetisi dunia dan Papua salah satu perwakilan dari Indonesia," tulis akun toval.sinaga.

"Tadi sangat kerenn, sampai terharu," tulis akun wulandarisw.

"Merinding asli nonton pembukaan PON, sekeren itu!!" puji akun titania9988.

"Memang Malam ini Opening Ceremony sangat keren sekali, Luar Biasa (Sangat Bertaraf internasional)sangat keren Mulai dari Opening nya Tra skip" sampe tra sadar sa nonton dari awal - akhir mata serius sekali. Bikin Merinding+bangga+Sedih kebahagiaan," tulis akun bengekaesyu.

3 dari 4 halaman

PON Papua

PON XX Papua 2021 berlangsung 2--15 Oktober 2021. Pesta olahraga ini diikuti 34 kontingen dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Jumlah atlet sebanyak 6.116 tamu dan 923 atlet tuan rumah, yakni dari Provinsi Papua. Terdapat 37 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON XX Papua.

Ke-37 pertandingan cabang olahraga terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan. Para atlet akan memperbutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu.

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali 2 Maskot dan Slogan PON XX Papua 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.