Sukses

Agar Tidak Merusak Gizi Makanan, Perhatikan 6 Cara Memasak Sehat Ini!

Kesalahan memasak bukan hanya menyebabkan rasa makanan tak sesuai keinginan, tetapi juga bisa menghilangkan gizi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kesalahan memasak bukan hanya menyebabkan rasa makanan tak sesuai keinginan, tetapi juga bisa menghilangkan gizi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan makanan yang tadinya sehat, bisa menjadi sumber penyakit gara-gara salah memasaknya.

Misalnya saja sayur kol yang banyak mengandung gizi. Karena memasak dengan memakai banyak minyak, maka kandungan gizinya hilang dan malah menjadi senyawa berbahaya. 

Selain itu, mengolah makanan dengan menggunakan banyak minyak (deep frying) perlu dihindari karena dapat merusak kandungan gizi, sekaligus bisa memasok tambahan lemak dan kalori ke dalam makanan.

Agar makanan yang dikonsumsi tetap sehat dan bergizi, berikut ini beberapa cara memasak sehat yang bisa Anda terapkan di rumah seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Tumis: Sedikit minyak

Agar tidak menambah jumlah lemak dan kalori yang ada pada makanan, saat menumis gunakanlah sedikit minyak. Paling baik untuk masak adalah minyak zaitun murni. Minyak zaitun murni merupakan salah satu sumber lemak tidak jenuh tunggal.

2. Panggang: Tanpa Minyak

Pada proses memasak dengan cara dipanggang tidak memerlukan minyak. Saat memanggang, kelebihan lemak yang ada di makanan malah akan keluar. Tidak hanya sehat, rasa dan aroma makanan akan lebih terasa dan menggoda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Rebus: Perhatikan Waktunya

Asal waktu merebus tepat dan tidak terlalu lama, maka memasak dengan metode rebusan bisa menghasilkan kuah sup yang kaya rasa dan kandungan gizi makanan pun tidak hilang. Apabila merebus daging, maka lapisan lemak akan mengambang dan dapat mudah disingkirkan. Merebus tergolong sehat karena metode ini tidak memerlukan minyak. Pastikan air yang berkualitas dan bumbu-bumbu masakan sehat.

4. Kukus: Kematangan Lebih Merata

Sama seperti merebus, mengukus juga tidak memerlukan minyak sama sekali. Kematangan makanan akan lebih merata, namun tidak menghilangkan rasa dan nutrisi di dalamnya. Selain itu, untuk mempertahankan nilai gizi sayuran juga akan lebih lebaik dengan mengukur daripada merebus.

5. Memasak dengan Panci Tekan

Memasak dengan panci tekan sangat cocok untuk mengolah daging, buah, dan kacang-kacangan. Metode memasak dengan panci tekan bisa mempersingkat waktu memasak makanan dan tidak menghilangkan rasa khas yang dimiliki oleh bahan-bahan makanan tertentu.

6. Menggunakan Air Fryer

Di era modern saat ini, memasak menggunakan air fryer jadi metode baru, yakni memanfaatkan udara panas untuk memasak makanan tanpa minyak. 

Alat ini bisa menjaga kandungan gizi dalam makanan karena tidak memerlukan suhu yang terlalu tinggi. Namun, pastikan Anda tahu betul cara menggunakan air fryer. Salah-salah, makanan yang seharusnya nikmat malah bisa ‘hancur’ berantakan.

Itulah sederet cara memasak yang sehat dan tidak merusak kandungan gizi makanan. Satu hal yang perlu diingat, Anda tetap perlu membatasi porsi makanan yang dikonsumsi sekalipun telah diolah dengan cara sehat. Karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.