Sukses

6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat secara Alami dan Mudah, Tanpa Obat Lho!

Hidung tersumbat merupakan kondisi yang cukup mengganggu. Selain menyebabkan kesulitan bernapas, hidung tersumbat juga terkadang bisa menyebabkan sakit kepala.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah mengalami hidung tersumbat. Terlihat sepele, tapi kondisi ini cukup mengganggu karena membuat seseorang yang mengalaminya jadi kesulitan bernapas. Hidung tersebut juga kerap menyebabkan sakit kepala. Kalau sudah begitu, kerja jadi terganggu dan otak tidak bisa berpikir dengan jernih.

Penyebab hidung tersumbat bisa berbagai macam. Misalnya, iritasi karena menghirup polusi udara baik dari asap kendaraan atau paparan asap rokok. Selain itu, bisa juga karena adanya peradangan di saluran pernapasan sehingga bagian dalam hidup mengalami pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat flu, alergi, maupun infeksi sinus.

Untuk meredakan hidung tersumbat, seringkali orang akan mengonsumsi obat flu. Padahal, masih banyak cara-cara yang lebih alami untuk menyembuhkan hidung tersumbat dan membuat pernapasan menjadi lega kembali. Dilansir dari KlikDokter, berikut ini sejumlah cara alami untuk mengatasi masalah hidung tersumbat.

1. Perbanyak Air Putih

Cara alami pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Cairan akan membantu mengatasi peradangan serta mengencerkan dahak sehingga pernapasan akan terasa lebih lega. Kamu bisa minum air dengan suhu biasa, atau air hangat yang efeknya langsung terasa melegakan juga.

2. Konsumsi Makanan Hangat

Tidak hanya minum air hangat, atasi hidung tersumbat dengan mengonsumsi juga makanan hangat seperti sup dan sayuran berkuah lain, uap yang keluar dari sup bisa melegakan saluran pernapasan kamu. Hindari dulu makan gorengan dan berminyak ya.

3. Hirup Uap Air Panas

Cara berikutnya adalah dengan menghirup uap panas dari air rebusan. Kamu dapat menggunakan air biasa atau air yang sudah dicampurkan herbal, misalnya daun mint, atau diteteskan dekongestan alami, seperti minyak kayu putih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pakai Minyak Kayu Putih

Selain dicampurkan dengan air mendidih, kamu juga bisa langsung menggunakan minyak kayu putih. Hirup minyak kayu putih dari botolnya, atau oleskan sedikit saja di dekat atau bawah hidung.

5. Minum Air Jahe Hangat

Rempah-rempah yang ampuh untuk mengatasi masalah hidung tersumbat adalah jahe. Jahe memiliki sifat anti-bakteri yang menghangatkan, sehingga mengonsumsi jahe dapat melegakan hidung tersumbat dengan efektif.

Ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

6. Teh Herbal Hangat

Selain air putih dan air jahe hangat, kamu juga bisa mengonsumsi teh herbal untuk bisa menghilangkan hidung tersumbat. Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan.

Itulah sederet cara alami mengatasi hidung tersumbat. Bila sudah mencoba beberapa cara di atas dan tidak reda juga, kamu bisa konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selalu pakai masker dan jaga jarak saat bertemu orang lain maupun beraktivitas di luar rumah.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.