Sukses

Susah Tidur, Mungkin Kamu Harus Ubah Kebiasaan Ini

Ini beberapa kebiasaan yang membuat kamu sulit tidur. .

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa kurang tidur? rasa lelah dan mengantuk timbul saat siang hari. Ternyata hal itu tidak melulu karena kamu insomnia. Ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat kamu sulit tidur. Dilansir Liputan6, berikut penjelasannya.

Kerap olahraga malam

Olahraga menstimulasi sistem saraf, itulah sebabnya mengapa tidur segera setelah berolahraga bisa menimbulkan masalah. Maka dari itu, alangkah baiknya berolahraga tidak kurang dari 3 jam sebelum tidur.

Masalah Pencahayaan

Dengan cahaya terkecil dari lampu atau lampu LED dari peralatan listrik berpotensi mengacaukan tidur kamu. Semakin gelap ruangan tidur kamu, semakin baik kualitas tidur kamu. Kamu bisa singkirkan semua sumber cahaya, atau kenakan penutup mata.

Sering konsumsi kafein

Mengonsumsi kafein berlebih bisa mencegah kamu untuk mudah tertidur. Jangan lupa bahwa itu ditemukan tidak hanya dalam kopi tetapi dalam teh, coklat, dan beberapa produk lainnya juga. Alangkah baiknya, kamu konsumsi lebih sedikit makanan yang mengandung kafein di malam hari.

Lapar

Meski dianjurkan jangan makan terlalu malam, kamu sebaiknya juga jangan tidur dengan perut kosong atau perut kenyang. Tidur dalam keadaan lapar akan membuat tidur kurang nyenyak dan badan terasa lemas.

Makan terlalu banyak saat makan malam juga tidak akan membuat kamu tidur nyenyak. Tunggulah sampai dua atau tiga jam setelah makan malam untuk tidur.

Bermain ponsel 

Cahaya yang keluar dari gawai atau ponsel kamu bisa memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Hal ini bisa membuat kamu susah tidur atau terjaga lebih lama sepanjang malam.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini