Sukses

Atasi Masalah Tenggorokan Kering Secara Alami, Konsumsi 6 Bahan Makanan Ini!

Tenggorokan kering dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja kekurangan asupan cairan, perubahan cuaca, terlalu banyak konsumsi makanan berminyak.

Liputan6.com, Jakarta Di situasi saat ini, masalah tenggorokan kering disertai rasa gatal dan nyeri yang tak kunjung hilang tidak bisa dianggap sepele. Sebab tenggorokan kering merupakan salah satu gejala virus Covid-19. Bila Anda memutuskan untuk swab dan ternyata hasilnya negatif, berarti bisa dikatakan terhindar dari Covid-19.

Tenggorokan kering sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja kekurangan asupan cairan, perubahan cuaca, terlalu banyak konsumsi makanan berminyak. Tak hanya menyerang orang dewasa tapi juga anak-anak. 

Langkah pertama tentu saja penuhi kebutuhan cairan tubuh dan hindari mengonsumsi makanan berminyak. Sebagai gantinya kamu bisa mengonsumsi beberapa bahan makanan ini untuk mengatasi masalah tenggorokan kering.

1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dapat meredakan radang tenggorokan. Sebab, madu punya sifat anti radang dan antibakteri. Di samping itu, madu juga bisa memberikan hidrasi pada tenggorokan. 

Untuk mengonsumsi madu, Anda dapat mencampurkannya dengan air atau teh hangat, atau lebih memilih untuk langsung mengonsumsinya dengan ukuran satu sendok makan.

2. Teh hangat

Melawan tenggorokan kering dan perih bukan dengan air ding melainkan air hangat, salah satunya adalah teh. Teh mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit, seperti pilek dan infeksi virus lainnya.

Meningkatnya sistem kekebalan tubuh membantu Anda segera pulih dari sakit tenggorokan. Teh yang dapat digunakan untuk mengatasi tenggorokan kering adalah chamomile dan hijau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sayuran hijau

Sayuran dengan daun berwarna hijau juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi tenggorokan kering. Nutrisi yang ada pada sayuran tersebut dapat membantu mengatasi tenggorokan kering.

4. Pisang

Di antara buah yang bagus untuk mengatasi tenggorokan kering adalah pisang. Teksturnya yang lembut membuatnya mudah ditelan dan melewati tenggorokan dengan mulus. Nutrisi buah pisang tak hanya membantu mengatasi masalah tenggorokan tapi juga membantu pencernaan dan memberikan energi.

3 dari 3 halaman

5. Lada Hitam

Lada hitam mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, dan vtamin K serta mineral penting. Karena memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat, Lada hitam disebut dapat menjaga tenggorokan tetap lembap. Caranya, kunyah lada hitam utuh kemudian cuci mulut dengan satu sendok teh hangat.

6. Bubuk kunyit 

Bahan alami selanjutnya yang dapat mengatasi tenggorokan kering adalah bubuk kunyit. Kunyit terbukti meningkatkan kekebalan dan membuat tubuh terlindungi dari penyakit. Caranya, tambahkan dan campur satu sendok bubuk kunyit dengan satu gelas susu.

Selain mengonsumsi sejumlah makanan dan bahan-bahan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan essential oil atau humidifier untuk membantu melembapkan udara. Sebab, udara yang kering dapat menyebabkan hidup dan tenggorokan teriritasi.

Jika masalah tenggorokan kering tidak kunjung mereda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih tepat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini