Sukses

Gunakan 7 Bahan Ini untuk Mengusir Bau Tak Sedap di Rumah, WFH Jadi Lebih Nyaman

Karena bau tak sedap bisa menjadi sesuatu yang menyebalkan dan mengganggu mood seseorang, maka gunakan beberapa bahan ini untuk mengusir bau tak sedap.

Liputan6.com, Jakarta Situasi pandemi membuat banyak masyarakat yang harus bekerja dan belajar dari rumah. Dengan begitu banyaknya aktivitas yang dilakukan di rumah, penting sekali untuk menjaga kebersihan rumah agar nyaman untuk bekerja maupun belajar.

Tak hanya kebersihan saja, perlu juga memastikan agar ruangan yang dipakai tidak menimbulkan bau tak sedap. Karena bau yang tak sedap bisa menjadi sesuatu yang menyebalkan dan mengganggu mood seseorang.

Ada berbagai sumber yang mungkin menyebabkan bau tak sedap, seperti makanan yang dikonsumsi serta adanya tempat sampah di beberapa sudut ruangan. Tidak perlu khawatir, ada cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan dengan bahan yang aman dan tidak menguras kantong.

1. Kamper

Penggunaan kamper atau kapur barus ini sangat efektif dalam mencegah aroma tak sedap di dalam ruangan. Selain itu, kapur barus juga berguna mencegah lembap berlebih di beberapa sudut ruangan. Hati-hati bila kamu memiliki anak kecil atau balita, jangan letakkan sembarang tempat.

2. Cuka

Jika bau tak sedap berasal dari asap rokok, kamu bisa atasi dengan cuka. Caranya cukup sederhana yaitu dengan meletakkan wadah kecil berisi cuka makanan di sudut ruang. Diamkan semalaman hingga bau rokok benar-benar hilang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rempah-Rempah

Rempah-rempah bisa menjadi cara efektif untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan  Cukup campurkan rempah-rempah seperti cengkeh dan beberapa iris jeruk, bubuk kayu manis, serta aneka bumbu lainnya ke dalam panci.

Panaskan di atas api kecil, jika sudah panas angkat dan letakkan di ruangan yang aromanya kurang sedap. Maka aroma khas dari rempah akan dengan cepat memenuhi ruangan tersebut dan mengusir bau tak sedap.

4. Kopi

Kopi adalah salah satu bahan alami yang ampuh menyerap bau tak sedap. Kopi tersebut bisa berupa biji atau bubuk. Cukup siapkan kopi dalam wadah-wadah kecil tapi tidak perlu ditutup, dan letakkan di sudut-sudut ruangan.

5. Aromaterapi

Ingin yang lebih praktis ketimbang rempah-rempah dan kopi, kamu bisa menggunakan aromaterapi baik itu berupa cairan maupun lilin aromaterpai. Selain ampuh untuk mengusir bau tak sedap, aromaterapi tersebut juga mampu memberi efek-efek positif bagi tubuh, seperti wangi lavender yang menenangkan, wangi citrus lemon yang menyegarkan, maupun wangi melati yang ampuh membuat suasana jadi lebih baik.

3 dari 3 halaman

6. Tanaman Hias

Tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya mempercantik rumah, tetapi juga membawa nuansa positif dan kegembiraan. Selain itu, tanaman hias indoor bermanfaat untuk memurnikan udara dan menghilangkan bahan kimia berbahaya yang masuk ke rumah. Letakkan lidah mertua, lidah buaya, peace lily, rosemary, lavender hingga serai di ruang kerja, keluarga maupun di sudut-sudut rumah.

7. Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan tidak hanya dapat meningkatkan mood, tetapi juga bisa membantu kamu mencegah stres bahkan depresi yang berlebih. Aroma yang dikeluarkan dapat membuat pikiran terasa nyaman sehingga tidak memicu munculnya hal-hal negatif yang membuat kamu stres.

Memilih pengharum ruangan yang juga bisa melindungi diri dari kuman tentu menjadi pilihan terbaik. Sekarang ini sudah ada disinfektan yang juga bisa menghadirkan keharuman. Kehadiran disinfektan baru ini bermanfaat untuk bunuh kuman di udara dan permukaan benda keras, sekaligus memberikan keharuman di dalam dan juga saat kamu di luar rumah. Aktivitas selama di rumah pun dapat dilakukan dengan aman dan lebih nyaman.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.