Sukses

Dibuka Kembali, Berikut Ketentuan Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira datang dari Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. Setelah tutup sejak 3 Juli 2021, lokasi wisata tersebut mengumumkan buka kembali pada Rabu, 25 Agustus 2021.

"Kebun Raya Cibodas dibuka kembali," demikian keterangan yang ditulis sebagai lewat akun Instagram @kebunrayacibodaslipi, 24 Agustus 2021.

Pembukaan tersebut mengacu pada Surat Edaran dari Bupati Cianjur Nomor 443.1/5960 tentang tempat wisata di Kabupaten Cianjur dapat beroperasi kembali dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "#SahabatKebunRayaCibodasLIPI sudah bisa berkunjung ke Kebun Raya Cibodas mulai tanggal 25 Agustus 2021," lanjut akun tersebut.

Meski dibuka kembali, ada beberapa ketentuan yang perlu dipatuhi selama kunjungan ke lokasi wisata tersebut. Ketentuan tersebut mulai dari soal vaksin hingga suhu tubuh.

Pertama, pengunjung wajib menunjukkan surat vaksin minimal dosis pertama atau swab antigen dengan hasil negatif. Kedua, pengunjung wajib menggunakan masker dan membawa hand sanitizer. Ketiga, bagi pengunjung yang memiliki suhu badan di atas 37,3 derajat, tidak diperkenankan masuk ke dalam Kebun Raya Cibodas.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sebagian Sakura Sudah Mekar

Warganet tentu sangat senang membaca pengumuman Kebun Raya Cibodas sudah buka kembali. Mereka bersyukur sudah bisa rekreasi di di kawasan berhawa sejuk ini.

"Alhamdulillah..kebunku sudah buka kembali, senangnya 😁," komentar seorang warganet. Sementara ada juga yang tampaknya ingin melihat bunga sakura yang sedang mekar.

"Yeayyy sakuranya udah mekar gak min?" tanya seorang warganet antusias. "Sebagian sedang mekar Kak...," jawab akun tersebut.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Sakura

Sakura tidak hanya bisa dilihat di Jepang, tapi juga di Indonesia, khususnya di Kebun Raya Cibodas. Di sana, sakura ternyata bisa berbunga dua kali dalam setahun, yaitu sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Bunga ini mekarnya bisa bertahan sekitar empat hari. Masa yang diperlukan sejak tumbuh kuncup hingga gugur bunga adalah sekitar satu minggu, seperti dilansir dari laman krcibodas.lipi.go.id.

Pengunjung bisa melihat bunga khas kawasan Himalaya ini menunjukkan kelopaknya. Bunganya sangat elok, cantik, berwarna merah muda dengan semburat warna putih.

Sakura bisa berbunga dua kali dalam setahun di Indonesia, karena Kebun Raya Cibodas memiliki ketinggian yang hampir sama dengan habitat asli dari sakura. Selain kontur tanah dan cara perawatan, iklim juga menyebabkan terjadinya pembungaan sakura bisa terjadi dua kali dalam setahun.

4 dari 4 halaman

4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan