Sukses

Video Kocak Pria Beli Masker Gambar Wajah Raisa

Liputan6.com, Jakarta - Masker telah jadi barang esensial selama pandemi COVID-19. Karena itu, tidak mengherankan bahwa Anda sekarang bisa menemui beragam jenis masker, termasuk yang dicetak dengan wajah selebritas tertentu.

Salah satunya adalah masker bergambar wajah penyanyi Raisa yang dibeli seorang pengguna TikTok @bamzjsaputra93. "Masker ini cantik banget ya kayak Raisa," katanya mengawali klip di akun tersebut.

Kendati sekilas memang mirip wajah pelantun Kali Kedua tersebut, setelah dipakai, parasnya justru bikin warga jagat maya geregetan. "Setelah dipakai, mukaku lebih mirip siapa nih," ucapnya sambil tertawa.

Ia mengatakan, video tersebut sebenarnya direkam pada Agustus 2020. Tapi, karena baru viral di Twitter, ia memutuskan mengunggah ulang di akun TikTok-nya. Ragam komentar pun tertinggal di sana.

"Jangan sampai habis ini masker Raisa jadi mahal harganya," tulis seorang pengguna, sementara yang lain berkomentar, "Mirip King Nassar enggak sih? Pas dipake hidungnya Raisa megar."

Di sisi lain, beberapa warganet sibuk menandai akun TikTok Raisa, berharap istri Hamish Daud itu mengetahui cerita kocak ini. Sementara, ada juga yang menyindir pengunggah video karena memakai masker scuba.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Imbauan Tidak Pakai Masker Scuba

Sebagaimana diketahui, sejak tahun lalu, masker model scuba sudah tidak direkomendasikan penggunaannya. Mengutip kanal News Liputan6.com, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan standar masker layak pakai agar efektif mencegah penularan COVID-19. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes, Achmad Yurianto, menjelaskan terdapat tiga jenis masker yang dianjurkan, yakni masker N95, masker bedah, dan masker kain. "Masyarakat tidak boleh sembarangan menggunakan masker kain, terutama kain tipis seperti masker scuba dan buff. Penggunaan masker kain setidaknya dua lapis," katanya.

Menurut Yuri, masker dengan bahan lain tidak akan efektif mencegah penularan COVID-19. Pasalnya, material masker dianggap tidak cukup kecil untuk menahan droplet, salah satu medium penyebaran virus. Karenanya, si pengunggah video menjelaskan bahwa klip tersebut diambil pada Agustus tahun lalu.

3 dari 4 halaman

Pakai Masker Dobel

Setelah munculnya COVID-19 varian delta, masyarakat dianjurkan memakai masker dobel saat terpaksa harus beraktivitas di luar rumah.  Memakai masker dobel bisa memberikan proteksi terhadap virus hingga 90 persen, berdasarkan hasil studi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Jika memakai masker dobel membuat pemakainya tidak nyaman, CDC menyarankan agar mengenakan masker bedah dengan merapatkan tali masker di bagian pipi. Caranya, lipat masker bedah jadi dua bagian, sehingga bagian atas dan bawah bertemu. Kemudian, ikat tali pengait masker membentuk simpul dan lipat sudut-sudut masker ke bagian dalam.

Jangan lupa menekan kawat supaya mengikuti bentuk hidung sehingga tidak ada celah antara masker dengan wajah. Di samping, pihaknya menulis bahwa pengguna masker N95 tidak perlu pakai masker dobel karena material masker tersebut sudah menyaring 95 persen partikel.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.