Sukses

Aplikasi Proyekan Bantu Korban PHK dapat Pekerjaan di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19, hampir semua industri terkena dampak hingga berujung PHK dan mengakibatkan tingginya angka pengangguran di Indonesia.

Untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, Sultan Yuriski Azmi bersama timnya (Gazira Permata Garuda) membangun aplikasi Proyekan.

Mengutip situs web resminya, Senin (26/7/2021), Proyekan adalah aplikasi yang menghubungkan seluruh penyedia jasa atau produk dari segala bidang untuk kebutuhan setiap manusia, seperti hal yang membutuhkan keahlian khusus sampai dengan hal ringan yang dapat dikerjakan setiap orang, juga dapat membantu dalam situasi darurat.

"Salah satu tujuan utama kami adalah memberdayakan seluruh tenaga kerja Indonesia dan meningkatkan roda ekonomi Indonesia. Kami hadir dengan menyediakan akses mudah untuk 137 juta angkatan kerja Indonesia mendapatkan pekerjaan," kata Sultan selaku CEO Proyekan melalui keterangannya.

Ia menambahkan, aplikasi ini juga menyediakan akses kepada seluruh masyarakat Indonesia dari segi bisnis atau pun kebutuhan hariannya, yang mungkin sukar dicari ketika aplikasi Proyekan belum ada.

2 dari 4 halaman

Memangkas Budget Tenaga Kerja dan Marketing

"Proyekan membantu UMKM meminimalisir budget tenaga kerja dengan mempekerjakan pekerja lepas mengerjakan tugas dengan keahlian spesifik, membantu motor yang mogok di tengah jalan, hingga transaksi jual-beli barang atau jasa," ujar Sultan menambahkan.

Dari sisi pekerja, Proyekan ada untuk langsung menghubungkan dengan yang membutuhkan. Juga membantu pelaku usaha mengurangi biaya marketing yang tak efektif seperti iklan sedot WC atau badut yang sering ada di tiang-tiang listrik.

Proyekan tidak hanya mempermudah klien mendapatkan kebutuhan tapi juga mempermudah tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

 

3 dari 4 halaman

Keunggulan Aplikasi Proyekan

Berikut ini sejumlah keunggulan yang dimiliki aplikasi Proyekan:

1. Hanya butuh KTP dan swafoto

Cukup membutuhkan KTP dan swafoto, seluruh masyarakat yang memiliki KTP mampu mengoptimalkan tenaga dan skill yang mereka miliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Proses simpel

Setelah mendaftar, siapa pun bisa langsung membuka proyek. Tidak ada batasan untuk jumlah proyek yang dibuat oleh klien dan biaya proyek juga bisa diatur sesuai kebutuhan.

3. Discussion room

Pekerja dan klien bisa langsung bernegosiasi harga atau pun menanyakan detail pekerjaan yang harus dijalani, bahkan sesama pekerja pun bisa saling berkompetisi harga dan portofolio.

4. Mencari pekerja dengan fitur GWorld

Klien bisa melihat seluruh profil pekerja yang sudah terdaftar dalam fitur GWorld. Dalam fitur tersebut klien bisa melihat harga, spesialisasi dan portofolio pekerja sehingga klien bisa memilih atau mengundang pekerja yang mereka pilih untuk mengerjakan proyek yang mereka buat dalam fitur undangan GPRO.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Lainnya

5. Project Display Ads

Klien dapat mempromosikan proyeknya agar bisa menarik perhatian pekerja lebih luas.

6. Find Projects & GPro

Sistem akan otomatis mencocokkan keahlian pekerja dengan proyek yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Dan juga sebaliknya, klien akan otomatis mendapatkan daftar pekerja yang keahliannya sesuai dengan proyek.

7. Fitur Rating & Review

Fitur Review dan Rating & Point menjadikan mereka harus berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, agar nama mereka mampu masuk ke dalam fitur 'Best of the Best Leaderboard'.

8. GWallet

Aplikasi mewajibkan klien untuk top up dana sebesar nominal proyek yang mereka buat untuk dapat menyetujui pekerja mengerjakan proyek tersebut. Para pekerja pun dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran proyek dengan mudah.