Sukses

Mengolah Daging Jadi Camilan Lezat ala Chef Arnold

Liputan6.com, Jakarta - Masih menyimpan daging kurban di kulkas? Jika iya, Anda dapat mengolahnya menjadi sajian lezat. Chef Arnold membagikan resep masakan olahan daging kurban yang cocok jadi camilan anak-anak dan keluarga.

"Saya akan membagikan resep yang sangat mudah, sangat gampang, sangat fun selain daging kurban cuma dijadikan sate atau dijadikan rendang. Bisa jadi snack buat anak-anak dan juga keluarga bisa dinikmati, kata Chef Arnold dalam video di channel YouTube pribadinya pada 20 Juli 2021.

Dalam video berjudul "Bikin Snack Daging Idul Adha Next Level! Dengan Keju Meleleh", ia mempraktikkan cara masak olahan resep Muffin Baked Beef Bolognese. Beberapa bahan ia siapkan, mulai dari beef stock, pasta tomat, gula pasir, daun salam, hingga serai.

Bahan-bahan lainnya, yakni celery stalk, bawang bombai, wortel, bawang putih, oregano, dan lada bubuk. Bahan-bahan tersebut dipotong kecil-kecil ditumis hingga halus dan ditambahkan minced beef ke dalam masakan tersebut.

Ia lantas menambahkan tomato puree sampai warna sedikit gelap agar rasanya lebih manis dan gurih. Setelah diaduk hingga merata ditambahkan kaldu ayam dan oregano secukupnya.

Setelah jadi, Chef Arnold beralih ke tahap selanjutnya, yakni menggunakan muffin pen yang dilumuri minyak. Ia menaruh wonton yang dibentuk seperti pangsit ke wadah tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Proses Masak

Lalu, ia menaruh separuh daging bolognese ke atas wanton. "Kalau misalkan saya sih menaruh seperti cup steam jadi enggak dilayer karena kita mau generous dengan dagingnya, generous itu enggak pelit saling berbagi," katanya.

Usai semua ditata dengan rapih ia menambahkan keju MEG Slice Melt yang dibagi menjadi empat bagian dan ditaruh di atasnya. Setelah jadi, ia memasukkannya di oven dengan temperatur 180 derajat Celcius selama 10 menit.

Saat sudah matang, Chef Arnold berpesan bahwa sajian itu harus didiamkan terlebih dahulu sampai dingin. Setelah itu dapat dinikmati bersama keluarga.

3 dari 4 halaman

Tips Mengelolah Daging

Chef Arnold juga berbagi tips mengolah daging agar tetap gurih. Menurutnya daging yang tak diolah dengan tepat akan menghasilkan tekstur yang alot bahkan dapat menurunkan kualitas dari daging itu sendiri.

"Kunci untuk mendapatkan daging yang tetap gurih adalah pada saat memasukkan daging untuk dimasak maka pastikan ada seasoning sound dan warnanya kecoklatan bukan abu-abu," katanya.

"Kalau abu-abu itu artinya uap dari daging itu masih terperangkap sehingga menyebabkan rasa gurihnya akan berkurang. Sebelum uapnya hilang jangan dibolak-balik dagingnya dulu ya," tambahnya. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner