Sukses

7 Cara Mudah Ubah Tampilan Dapur Tanpa Renovasi

Liputan6.com, Jakarta - Dapur merupakan jantung rumah, tempat membuat makanan lezat. Untuk kesan lebih nyaman, desain interior dapur jadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan.

Ada beberapa cara membuat dapur terasa lebih segar. Tak perlu renovasi dan tanpa mengeluarkan biaya besar. 

Lantas, apa saja cara mudah mengubah tampilan dapur? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari laman AsiaOne, Kamis, 22 Juli 2021.

1. Ubah tampilan lemari

Cara pertama adalah mengubah tampilan lemari karena lemari dapur mengambil peran besar di area tersebut. Anda bisa mengubah warna atau tekstur kabinet lemari dengan sepenuhnya.

Mengubah tampilan lemari sangat terjangkau dan mudah dengan hanya menggunakan berupa film vinil berperekat yang fleksibel dari 3M, atau hanya memberi lapisan cat baru. Jika Anda memilih lapisan cat baru, ingatlah untuk menggosok permukaan dengan amplas sebelum mengecat. Hal tersebut untuk laminasi lemari yang membutuhkan primer khusus.

2. Ubah desain dinding

Cara termudah adalah mengubah desain dinding dapur dengan memperkenalkan warna atau wallpaper yang menarik. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan cat papan tulis untuk menuliskan resep terbaru Anda di dapur. Semakin banyak lapisan cat yang digunakan, semakin halus dinding papan tulis.

2 dari 5 halaman

3. Perhatikan Ubin

Untuk mendapatkan dapur masa kini, Anda perlu memperhatikan ubin meja dapur. Dengan menambahkan kaca tempered backsplash dapur Anda jadi mudah dibersihkan dan menambah nilai estetika.

Jika desain bukan pilihan Anda, backsplash kaca dapat dengan mudah dicat ulang dengan warna pilihan Anda. Kaca tempered mampu menahan suhu ekstrem karena itu cocok untuk dipasang di dekat kompor.

4. Ganti perlengkapan dapur

Anda bisa menggatikan perlengkapan dapur dengan warna-warni. Hal itu membuat dapur lebih terkesan menyegarkan dengan menggabungkan warna cerah.

Pilih warna yang disukai untuk dapat mengubah tampilan ikonik dan menyenangkan. Tapi ingatlah bahwa peralatan masak yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan dapur.

5. Pencahayaan

Pencahayaan pada dapur Anda bisa sebagai tujuan estetika. Bagian atas meja dapur dapat digunakan sebagai perlengkapan dapur yang cukup warna-warni.

Ada banyak jenis pencahayaan dapur yang unik mulai dari flush-mount hingga globe. Fungsi cahaya pada dapur untuk memudakan Anda ketika memasak, khususnya di malam hari. Ruang dapur harus mendapat pencahayaan yang baik.

 
 
3 dari 5 halaman

6. Tambahkan Rak Penyimpanan

Sebuah rak penyimpanan dapur portebel dapat menambahkan area terkesan modern. Cara ini kerap digunakan untuk dapur kecil, karena dapat dipindahkan sesuai keinginan Anda.

Anda bisa menyimpan peralatan dapur agar tertata rapi. Gunakan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda ketika memasak. Hal tersebut dapat mempermudahkan dan tampak dapur menjadi segar.

7. Tambahkan kebun herbal

Menambahkan kebun herbal, seperti bahan-bahan rempah segar tidak hanya membuat dapur Anda harum, tetapi juga sangat nyaman untuk memasak. Sebelum melakukan ini, dapur Anda perlu adanya akses cahaya matahari masuk ke dalam karena kebun herbal membutuhkan cahaya untuk dapat tumbuh dengan baik. (Muhammad Thoifur)

4 dari 5 halaman

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: