Sukses

Positif Covid-19 Masih Tinggi, Taman Nasional Kelimutu Kembali Perpanjang Penutupan hingga 3 Agustus 2021

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nasional Kelimutu kembali mengumumkan memperpanjang masa penutupan sementara untuk wisatawan hingga 3 Agustus 2021. Perpanjangan penutupan tersebut dilakukan karena kasus Covid-19 masih tinggi di Kabupaten Ende.

"Sobat Kelimutu berdasarkan hasil evaluasi dan koordinasi terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Ende dimana kasus terkonfirmasi positif yang masih tinggi, maka TN Kelimutu melakukan PERPANJANGAN PENUTUPAN KEGIATAN WISATA DI TN Kelimutu selama 14 hari terhitung mulai tanggal 21 Juli - 3 Agustus 2021, untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19 dari aktivitas wisata di Kelimutu," tulis akun Instagram @btn_kelimutu, Senin (19/7/2021).

Pembukaan kembali akan dilakukan setelah dilakukan evaluasi lebih lanjut. Pihak Taman Nasional Kelimutu meminta maaf dan berharap memaklumi situasi yang terjadi saat ini.

"Ayo mari kita perketat penerapan protokol kesehatan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas), dan juga Menjaga Imunitas Tubuh serta jangan lupa berdoa ya agar wabah covid-19 segera mereda dan berakhir," lanjut akun tersebut.

Dalam unggahan itu juga disertakan bukti surat perpanjangan penutupan tersebut yang ditandatangani Ketua Balai Taman Nasional Kelimutu, Hendrikus Rani Siga, pada 19 Juli 2021. Surat tersebut bernomor: PG.9/T.40/TU/KSA.2/7/2021.

2 dari 5 halaman

Dari Penutupan ke Penutupan

Pada 9 Juli 2021 lalu, Taman Nasional Kelimutu juga sempat mengumumkan perpanjangan penutupan. Saat itu disebutkan bahwa penutupan akan berlangsing dari 10--20 Juli 2021.

"Keputusan ini di ambil berdasarkan hasil evaluasi dan koordinasi terkait penanganan Covid 19 di Kabupaten Ende dan untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19 dari aktivitas wisata di Kelimutu," tulis akun @btn_kelimutu.

Penutupan juga terjadi pada 26 Juni hingga 9 Juli 2021. Setelah itu penutupan diperpanjang kembali.

3 dari 5 halaman

3 Danau

Meski terjadi penutupan, tapi banyak warganet yang masih penasaran untuk berkunjung ke Kelimutu. Mereka jauh-jauh hari menyiapkan diri untuk ke sana.

"Kira" akhir agustus - awal september di tutup ga ya kelimutu?" tanya seorang warganet.

Kawasan Taman Nasional Kelimutu terletak di wilayah Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dilansir dari kelimutu.id, taman ini memiliki danau yang terkenal yang dinamakan Danau Kelimutu.

Danau ini terletak di puncak Gunung Kelimutu (1690 mdpl) dengan jumlah tiga danau yang terkenal akan warnanya yang dapat berubah-ubah dari hijau menjadi biru, hitam atau merah.

4 dari 5 halaman

Infografis Boleh dan Tidak Boleh Sebelum - Setelah Vaksinasi Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: